Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Bidan

Bidan Doula Pendamping Profesional Masa kehamilan, Persalinan dan Paska Kelahiran

Ibu muda seringkali perlu pendampingan dalam kehamilan dan persalinan terutama bila kehamilan dan persalinan itu adalah pertama kalinya. Dari penelitian pemberian dukungan persalinan umumnya adalah suami (73,47%), ibu kandung 14,29%), ibu mertua (4,08%), dan lain-lain (8,16%). Bidan Doula adalah pendamping profesional yang dapat membantu selama persalianan dan sesudah persalianan .

Persalinan merupakan masa yang cukup berat bagi ibu, dimana proses melahirkan layaknya sebuah pertaruhan hidup dan mati seorang ibu, terutama pada ibu primipara, dimana mereka belum memiliki pengalaman melahirkan. Rasa cemas dapat timbul akibat kekhawatiran akan proses kelahiran yang aman untuk dirinya dan bayinya. Pendampingan pada proses kehamilan, persalinan, dan setelah melahirkan sangatlah di anjurkan, bahkan oleh WHO untuk mendapatkan pengalaman yang melahirkan yang positif.

Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa pendamping pada ibu selama proses kehamilan, persalinan dan kelahiran bayi akan membuat para ibu merasa diperhatikan dan diberi dukungan serta menciptakan rasa aman bagi ibu yang baru melahirkan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian seorang Ibu membutuhkan seorang pendamping selama masa kehamilan dan persalinan hal ini bisa disebabkan selama masa kehamilan psikis ibu hamil cenderung lebih ingin diperhatikan,

Beberapa ibu hamil ada yang menyewa seorang pelatih persalinan, atau yang biasa disebut doula, untuk membantu mereka selama proses persalinan. Dalam proses kehamilan dan persalinan doula hadir sebagai sahabat terlatih, yang akan selalu memberi dukungan dalam hal edukasi, fisik, dan emosional seputar prenatal, proses persalinan normal, dan pengasuhan anak, kepada ibu hamil.

Doula berasal dari bahasa Yunani yang berarti pelayan wanita. Sekarang kata doula tersebut lebi di peruntukan untuk seorang profesional yang membantu Ibu pasca melahirkan dan memiliki gelar medis, tetapi mereka lebih dilatih atau memiliki pengalaman dalam merawat Ibu selama beberapa hari atau minggu pertama setelah kelahiran bayi.

Bidan Doula dapat melakukan semua hal untuk memudahkan seorang Ibu untuk melewati proses transisi sebagai orangtua baru, mulai dari merawat ibu dan bayi, memberikan saran tentang menyusui, hingga memasak, mengasuh anak, memenuhi permintaan Ibu, dan bahkan melakukan pekerjaan rumah yang sifatnya ringan.

Bidan doula memiliki tugas untuk membimbing dan mendampingi ibu selama proses kelahiran, dia bisa menjadi penyambung lidah antara dokter dengan ibu yang akan melahirkan. Doula ini membantu si ibu berkomunikasi dengan dokter atau bidan, mengenai keinginan sang ibu. Bidan doula akan menjadi orang terdekat ibu yang membimbing, memberikan informasi seputar kehamilan dan bayi. Berbeda dengan dokter, bidan doula tidak hanya memberikan pendampingan medis, namun juga memberikan pendampingan emosional sehingga ibu hamil siap menghadapi persalinan.

Sebagai seorang bidan profesional terlatih yang memberikan dukungan fisik, emosional dan informasi yang berkesinambungan kepada seorang ibu sebelum, selama atau sesuadah melahirkan untuk membantu mencapai pengalaman yang paling sehat dan memuaskan bagi ibu yang menghadapai persalinan.

Tugas Bidan Doula

  • Membangun hubungan yang baik dengan ibu hamil selama masa kehamilan,
  • Memberikan dukungan untuk melewati persalinan,
  • Memberikan informasi mengenai persalinan dan membantu mewujudkan rencana persalinan,
  • Memberikan bantuan untuk ibu hamil membuat keputusan berdasarkan informasi yang diberikan,
  • Memberikan informasi dan saran tentang posisi dan teknik selama persalinan,
  • Memberi dukungan agar merasa percaya diri saat berbicara dengan dokter tentang pilihan atau kecemasan medis,
  • Memberi dukungan setelah kelahiran sesuai kebutuhan.

Apa Beda Doula dan Bidan

Bidan memberi dukungan pada wanita yang melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin, atau di rumah. Bidan adalah profesional kesehatan dan bisa mengidentifikasi serta mengobati komplikasi atau mencari ahli medis, bila dibutuhkan.

Doula tidak akan memonitor Ibu dan bayi, memeriksa suhu tubuh atau tekanan darah, melakukan pemeriksaan vaginal, atau prosedur medis lainnya. Doula tidak akan membuat keputusan tentang perawatan untuk Ibu dan bayi, tapi akan memberi dukungan untuk Ibu.

Tugas Bidan:

  • Memberi rekomendasi atau melakukan tes selama kehamilan.
  • Memberi saran kesehatan selama kehamilan, kelahiran, dan pasca kelahiran.
  • Meresepkan obat atau vitamin ibu hamil untuk perawatan kehamilan.
  • Memonitor ibu dan bayi selama persalinan dan kelahiran.
  • Melakukan pemeriksaan fisik selama kehamilan dan persalinan serta setelah kelahiran bila dibutuhkan.
  • Berkonsultasi dengan dokter kandungan bila terjadi komplikasi kehamilan di luar lingkup praktik bidan.

Tipe Bidan Doula

Birth doula

Bidan doula ini mempunyai fungsi utama untuk selalu berada di sisi ibu hamil sebagai pendamping non medis selama masa persalinan. Birth doula akan membantu Ibu hamil untuk melakukan teknik pernafasan, memijat dan membantu Ibu untuk bergerak ke posisi tubuh yang berbeda selama proses persalinan.

Bidan doula juga dapat memberikan dukungan emosional dan bertindak sebagai penasihat untuk menenangkan ibu hamil selama persalinan. Apa pun jenis kelahiran yang sudah dipilih atau direkomendasikan oleh dokter, seorang doula biasanya akan berada di sana untuk membantu ibu hamil merasa aman dan kuat.

Postpartum doula

Postpartum doula akan membantu Ibu hamil setelah selesai melalui proses persalinan.Bidan doula biasanya akan membantu para ibu yang baru melahirkan untuk pulih dari proses persalinan. Peran bidan doula disini termasuk merawat bayi, memberikan informasi serta membimbing Ibu dalam proses menyusui, dan melakukan hal-hal lain terkait pascakelahiran.

Keuntungan menggunakan Bidan Doula

  • Mengurangi komplikasi dan mempercepat lahirnya bayi tanpa sakit yang berlebihan
  • Warna kulit, denyut jantung, respon refleks, keaktifan, dan pernafasan bayi memiliki kondisi normal
  • Waktu lahir singkat dan cenderung tidak melakukan caesar atau kelahiran normal
  • Melahirkan secara normal dan puas

Topik Menarik