Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Guna Teh Hitam Untuk Rambut Uban dan Rontok

Sering kita mencuci rambut dan mendapati banyak sekali rambut yang rontok?. Atau banyak kehilangan gumpalan rambut setiap kali menyisir  rambut. Keadaan ini sangat mengkuatirkan terutama pada wanita. Banyak wanita yang mengalami kerontokan rambut ketika habis melahirkan atau setelah menopause. Sementara para pria juga mendapati bahwa banyak rambut mereka yang rontok seiring dengan pertambahan usia. Bahan natural seperti teh hitam dapat mencegah rambut rontok dan uban.

Teh Hitam mempunyai manfaat besar dalam membantu mengurangi kerontokan rambut. Akan sangat mengejutkan ketika mengetahui betapa banyak manfaat teh hitam bagi rambut hanya dengan membilas teh hitam ke rambut kita. Ya, teh bukan hanya untuk minum! Bilasan teh digunakan selama berabad-abad untuk mengobati masalah kulit kepala, mewarnai rambut beruban, dan mencegah kerontokan rambut.

Alasan utama di balik kerontokan rambut adalah hormon yang disebut Dihydrotestosterone (DHT). Teh hitam mengandung kafein yang menghambat DHT, sehingga memungkinkan helaian rambut kita dapat tumbuh subur tanpa batas. Selain itu, teh hitam juga dikenal untuk penebalan dan penguatan rambut

Manfaat Teh Hitam Bagi  Rambut

Manfaat paling populer dari bilas teh hitam adalah mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Keuntungan bilas yang terlewatkan adalah rambut akan lebih gelap dan menutupi area rambut ubat putih kita

Kandungan kafein dalam teh hitam lebih besar dari secangkir kopi. Kafein mencegah rambut rontok dengan memblokir hormon (DHT) yang bertanggung jawab atas kerontokan rambut. Bila menegtahui efek dari teh hitam maka akan suka membilas teh hitam jika hanya memiliki beberapa uban dan mencari cara yang mudah dan alami untuk menutupinya tanpa melakukan pewarna penuh.

Teh Hitam Mencegah Rambut Rontok

Minum teh hitam bisa mencegah rambut rontok. Faktanya, teh hitam penuh dengan antioksidan yang mengurangi stres - alasan utama kerontokan rambut dini pada wanita saat ini. Jadi, minumlah teh hitam untuk menjalani kehidupan yang bebas stres dan mencegah rambut rontok.

Resep Teh Hitam Mencegah Rambut Rontok:

Seduh secangkir teh hitam berkafein dengan 3-4 kantong teh dan 2 gelas air mendidih. Biarkan dingin sampai hangat sebelum digunakan. Simpan dalam botol semprot.

Cara Pemakaian:

Bersihkan rambut dengan sampo atau kondisioner pembersih. Semprotkan teh ke kulit kepala dan pijat seluruh rambut. Tutupi rambut dengan topi plastik dan biarkan hingga 45 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Tindak lanjuti dengan kondisioner yang dalam.

Membuat Rambut Bersinar dan Halus

Teh hitam juga bisa membantu rambut kusam menjadi lebih bersinar. Setelah keramas dengan sampo ringan, gunakan minuman  teh hitam (suhu kamar) untuk membilas rambut. Lakukan selama beberapa minggu dan rambut akan menjadi lebih lembut dan lebih bersinar dari sebelumnya?

Teh Hitam Mencegah Rambut Uban

Tetapi jika sudah memiliki terlalu banyak helai rambut uban, kita bisa menggunakan teh hitam untuk menutupinya. Sebelum beralih ke warna rambut berbasis bahan kimia, lihat bahan yang ada di dapur. Bahan alami yang ada di rumah ini sangat membantu menanggulangi masalah rambut ber uban.

Teh hitam adalah bahan alami untuk mencegah rambut beruban karena membantu produksi melanin dan keratin yang mengembalikan warna rambut alami. Yang harus di lakukan hanyalah menyeduh teh hitam dan membiarkannya dingin. Oleskan larutan pada kulit kepala dan biarkan hingga kering selama setengah jam. Ini akan mencegah rambut memutih sebelum waktunya.

Resep Teh Hitam Untuk Rambut Ber uban:

  • Ambil 2 gelas air dan didihkan.
  • Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam ke dalam air mendidih. Bisa menambahkan satu sendok teh garam. Biarkan daun teh mendidih selama 5 menit
  • Aduk dan akan terlihat bahwa airnya menjadi hitam
  • Tuangkan larutan ke dalam mangkuk bermulut lebar agar bisa dingin
  • Saring dan pindahkan ke dalam botol
  • Gunakan larutan ini untuk membilas rambut
  • Biarkan larutan diserap oleh rambut selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.
  • Jangan keramas rambut sesudahnya karena akan membatalkan efek tanin pada rambut
  • Lakukan ini dua kali seminggu dan akan melihat hasil yang signifikan

Merawat Rambut Berminyak

Kesal dengan kulit kepala berminyak itu? Tidak peduli berapa kali mencuci rambut dalam seminggu, kita tetap merasakan rambut berminyak pada hari berikutnya.

Hilangkan masalah ini dengan bantuan teh hitam dan yang harus kita lakukan adalah menggunakan teh hitam diseduh sebagai masker untuk kulit kepala. Hal ini untuk memastikan bahwa rambut tetap segar dan bersih setidaknya selama beberapa hari. 

Bilas Teh untuk Rambut Berketombe dan Rusak

Menggunakan masker teh hitam juga dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal, karena mengandung sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang menenangkan kulit kepala dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Membilas rambut dengan teh hitam tidak hanya akan membuat rambut berkilau, tetapi juga akan membuat mereka lebih kuat sehingga mengurangi kerusakan.

Menggunakan teh hitam untuk membilas rambut dapat menambahkan kilau ke rambut kusam. Setelah selesai keramas, bilas rambut dengan teh diseduh untuk menambahkan kilau ke rambut kusam kita. Selain itu teh hitam akan mencegah terjadinya rambut uban

Topik Menarik