Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Kenali Krim Pemutih Kulit Wajah

Produk pemutih kulit atau lebih dikenal sebagai krim pemutih kulit adalah suatu produk kecantikan yang bekerja dengan mengurangi pigmen yang disebut melanin di kulit. Kebanyakan orang yang menggunakan krim pemutih kulit untuk mengatasi hiperpigmentasi di wajah bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, atau perubahan warna yang berkaitan dengan hormon. Tetapi banyak juga yang menggunakan krim pemutih kulit untuk mencerahkan kulit gelap menjadi lebih cerah secara merata. Penggunaan krim pemutih dengan cara yang salah atau bahan yang salah akan menimbulkan resiko bagi kesetan pemakainya.

Apa yang Menentukan Warna Kulit Kita?

Warna kulit ditentukan oleh jumlah melanin yang terdapat di kulit seseorang. Melanin adalah pigmen yang diproduksi oleh sel khusus yang disebut melanosit. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak melanin.
Jumlah melanin yang dimiliki kulit kita sudah di atur secara genetik. Seperti kulit orang Eropa mempunyai melanin yang lebih sedikit dibanding dengan jumlah melanin pada kulit orang Asia.

Melanin ini sendiri berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sehingga sebenarnya jumlah melanin dalam kulit manusia tergantung dari asal orang tersebut pada awalnya. Jadi pada umumnya krim pemutih kulit adalah untuk mengurangi melanin di kulit kita.

Selain genetik, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah melanin pada kulit manusia seperti paparan sinar matahari, hormon, kerusakan kulit, dan paparan bahan kimia tertentu juga dapat mempengaruhi produksi melanin. Perubahan warna kulit seringkali akan sembuh sendiri. Misalnya, warna cokelat memudar ketika jumlah paparan langsung ke sinar matahari berkurang.

Seperti juga bintik hiperpigmentasi yang disebabkan oleh hormonal. Bila hormonal sudah stabil maka dengan seiring waktu, perubahan warna menjadi kurang permanen dan biasanya warna kulit akan kembali seperti semula tanpa diperlukan krim pencarah wajah dan kulit

kembali keatas

Apa itu Pemutih Kulit?

Pemutihan kulit adalah perawatan kosmetik untuk mengurangi perubahan warna kulit dan bahkan mencerahkan warna kulit secara keseluruhan. Kita dapat membeli krim pemutih secara bebas atau dengan resep dokter.

Banyak juga yang menggunakan pencerah kulit ke seluruh tubuh mereka untuk mengubah kulitsecara keseluruhan, tetapi ini bisa sangat berisiko. Bahan aktif dalam beberapa produk pencerah kulit terkadang mengandung zat berbahaya sepeprti merkuri, sehingga pemutihan dapat menyebabkan keracunan merkuri.

Merkuri adalah agen toksik yang dapat menyebabkan masalah kejiwaan, neurologis, dan ginjal yang serius. Wanita hamil yang menggunakan pencerah kulit dengan merkuri dapat memberikan merkuri kepada anak mereka yang belum lahir. Penggunaan merkuri sebagai bahan pencerah kulit sudah dilarang termasuk di Indonesia

kembali keatas

Apa Risiko Potensial Lain Dari Pemutih Kulit

Penggunaan yang lama dapat berkontribusi pada penuaan dini pada kulit. Penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kulit dari paparan sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya spektrum luas saat menggunakan pencerah kulit dan pergi keluar.

Steroid pada beberapa pencerah kulit dapat meningkatkan risiko infeksi kulit, penipisan kulit, jerawat, dan penyembuhan luka yang buruk. Menerapkan steroid ke area kulit yang luas dapat menempatkan Anda pada risiko masalah kesehatan terkait dengan steroid yang diserap oleh tubuh.

Hydroquinone dapat menyebabkan perubahan warna kulit yang tidak diinginkan dan tidak dapat diobati (ochronosis). Berbagai zat pemutih, termasuk bahan-bahan alami, dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi.

kembali keatas

Bagaimana Cara Kerja Pemutih Kulit?

Pemutih kulit mengandung bahan aktif atau kombinasi dari beberapa bahan yang mengurangi jumlah melanin di kulit di mana itu diterapkan. Bahan yang paling banyak digunakan dalam pencerah kulit yang dijual di AS adalah hydroquinone.

FDA mengatur penggunaan hydroquinone di pemutih kulit yang dijual bebas dapat mengandung hingga 2% hydroquinone. Dokter kulit dapat menulis resep untuk pemutih kulit yang mengandung hidrokuinon 4% -6%.
Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan produk dengan hydroquinone dan untuk mengikuti petunjuk dokter dengan tepat.

Banyak krim pemutih kulit lainnya menggunakan obat-obatan seperti steroid dan asam retinoat, yang berasal dari vitamin A, sebagai bahan aktif. Dan beberapa pencerah kulit menggunakan bahan-bahan alami seperti asam kojic - senyawa yang berasal dari jamur - dan arbutin, senyawa yang ditemukan di berbagai tanaman.
Risiko Pencerah Kulit

Salah satu risiko paling signifikan menggunakan beberapa pencerah kulit adalah potensi paparan merkuri. Satu studi menemukan bahwa hampir 1 dari setiap 4 lightener kulit yang dibuat di Asia dan dijual di luar AS mengandung merkuri.

kembali keatas

Apa Bedanya Mencerahkan Kulit vs Memutihkan Kulit?

Ketika kita tidak melindungi kulit kita dari matahari 365 hari setahun maka bintik-bintik cokelat, warna kulit tidak merata, dan penuaan dini pada kulit tidak bisa dihindari. Jika mulai melihat bintik-bintik gelap, pencerah kulit yang mengandung hidrokuinon 2% dianggap sebagai standar perawatan untuk menjadikannya warna lebih muda.

Untuk membuat warna kulit tidak rata menjadi lebih merata dan bercahaya, produk-produk pencerah kulit adalah pilihan yang sempurna.Baik pemutih digunakan untuk mencerahkan bintik-bintik atau menggunakan pencerah kulit keseluruhan kulit untuk membuat kulit berawrna lebih muda. Bila hal ini dilakukan maka setiap keluar rumah harus ditambah dengan aplikasi harian tabir surya dengan peringkat SPF 30 atau lebih besar.

kembali keatas

Apa yang Diharapkan dari Pemutih Kulit

Pertama, penting untuk membedakan antara pencerah kulit dan pemutih kulit. Produk pemutih kulit adalah produk bebas yang mengandung hidrokuinon sebagai bahan aktifnya. Bahan ini disetujui untuk mengurangi tampilan bintik-bintik cokelat, bintik-bintik gelap, dan bintik-bintik yang dihasilkan dari paparan sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya dan dari pemicu lainnya.

Pencerah kulit adalah kosmetik yang mengandung bahan-bahan seperti berbagai bentuk vitamin C, arbutin, ekstrak mulberry, berbagai bentuk licorice, dan niacinamide, juga dikenal sebagai vitamin B3. Keempat bahan ini menurut penelitian yang menunjukkan bahan-bahan itu dapat mencerahkan kulit dan membuatnya tampak lebih rata dan bahan ini cenderung bekerja lebih baik dalam kombinasi daripada penggunaan bahan tunggal.

Hasil yang jelas diharapkan dari menggunakan pemutih kulit adalah agar bintik-bintik coklat tampak lebih cerah; jika mereka memudar menjadi hampir tidak terlihat. Dengan penggunaan sekali atau dua kali sehari maka dapat diharapkan produk pemutih kulit dengan hydroquinone untuk menghasilkan hasil yang terlihat dalam 2-3 bulan, jika digunakan secara konsisten. Bagi sebagian orang, hasilnya muncul lebih cepat.

kembali keatas

Apa yang Diharapkan dari Skin Brightener atau Pencerah Kulit

Pencerah kulit secara bertahap (bagi sebagian orang akan lebih cepat, bagi yang lain lebih lambat) meminimalkan tanda-tanda kusam dan secara nyata meningkatkan warna kulit yang tidak rata, menjadikannya lebih halus dan tampak lebih muda.

Brighteners dapat digunakan sendiri jika bintik-bintik coklat atau area warna yang lebih gelap tidak menjadi masalah, tetapi jika ya, maka menambahkan produk pemutih kulit dengan hydroquinone akan menghasilkan efek yang lebih baik. Menggunakan kedua jenis produk ini bersama-sama (sekali lagi, dengan perlindungan matahari setiap hari) sering menghasilkan hasil terbaik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bagi sebagian orang, kombinasi hidrokuinon ditambah bahan-bahan yang mencerahkan, seperti vitamin C kekuatan tinggi atau serangkaian ekstrak tanaman yang mencerahkan, sangat membantu. Bonus: Sebagian besar bahan-bahan cerah juga memberikan manfaat antioksidan dan hidrasi sehingga mendapatkan manfaat ganda bagi kulit kita

kembali keatas

Bahan Apa Saja Yang Temasuk Pencerah Kulit

Banyak bahan yang berfungsi sebagai pencerah kulit. Hasil dari bahan pencerah kulit tidak seperti pemutih kulit. Bahan ini lebih alami dan mempunyai efek lebih ke arah meratakan warna kulit sehingga mengurangi hiperpigmentasi.

Bahan bahan dan kandungan zat aktif yang berguna sebagai pencerah dan pemutih kulit adalah sebagai berikut:

Asam Kojic

Biasanya dibuat sebagai produk sampingan dari beras malt - yang digunakan untuk membuat sake / anggur beras, asam Kojic adalah pencerah kulit alami dan pencerah kulit yang aktif. Asam Kojic bekerja untuk mencerahkan dan mencerahkan kulit Anda dengan membuat enzim yang diperlukan untuk produksi melanin tidak tersedia, yaitu pigmen yang mewarnai kulit Anda.

Vitamin C

Vitamin C adalah bahan perawatan kulit dengan kemampuan kerja multi fungsi. Vitamin C dikenal sebagai anti oksidan yang sangat poten dan membangun kolagen sehingga vitamin C sangat poten sebagai anti penuaan atau anti aging yang aktif. Vitamin C sebagai antioksidan aktif berfungsu juga melindungi kulit dari polusi.

Vitamin C juga bisa di gunakan sebagai bahan yang mencerahkan kulit. Banyak orang menganggap Vitamin C sebagai bahan pemutih kulit sehingga suntuk vitamin C menjadi sangat lazim di lakukan. Sebenarnya karena vitamin C sebagai anti oksidan aktif yang dapat melunturkan warna termasuk warna melanin, maka mengakibatkan kulit menjadi lebih cerah. Vitamin C adalah antioksidan perawatan kulit yang diperlukan. Karena kulit secara alami menghasilkan vitamin C, oleh karena itu salah satu dari aktivitas perawatan kulit teraman yang dapat digunakan.

kembali keatas

Alpha Arbutin

Alpha Arbutin dibuat adalah bahan natural yang ditemukan di daun tanaman bearberry. Digunakan dalam perawatan kulit dengan konsentrasi alpha-arbutin 1% hingga 2% dapat menyaingi pencerah kulit yang paling efektif sekalipun. Alfa-arbutin bekerja dengan menghambat enzim tyrosinase kulit.

kembali keatas

Niacinamide

Bila kita adalah pencinta skin care maka akan mengenal niacinamide yang menakjubkan. Dikenal juga sebagai pro-vitamin B3, niacinamide adalah antioksidan, penyeimbang sebum (minyak), penangkal jerawat, anti-inflamasi, penambah seramide dan juga pencerah kulit yang sangat efektif aktif. Niacinamide bekerja lebih efektif ketika dipasangkan dengan N-acetyl glucosamine.

kembali keatas

Glutathione

Antioksidan kuat yang bahkan bisa dikonsumsi sebagai suplemen makanan. Sementara ini penelitian menunjukkan glutathione aman untuk digunakan pada kulit. Tetapi tidak banyak yang diketahui tentang seberapa baik atau seberapa cepat glutathione dapat mencerahkan kulit. Untuk alasan ini, pastikan pilihan gutathone di gunakan bersama dengan pencerah kulit jenis lain agar efektif mencerahkan kulit hingga kulit lebih putih dengan warna yang merata.

kembali keatas

Asam Azelaic

Jangan biarkan asam membuat takut, asam azelaic memiliki tingkat pH yang sama dengan kulit kita yaitu 5,5pH yang juga sedikit asam. Asam azelaic paling umum dikenal karena kemampuannya membantu menenangkan rosacea - kemerahan kronis disertai iritasi dan kerak kulit.

Namun, asam azelaic juga merupakan bahan pencerah kulit yang efektif. Digunakan dalam perawatan kulit asam azelaic tidak hanya akan membantu mencerahkan kulit tetapi dengan pemakaian rutin akan membuat warna kulit lebih putih dan juga akan membantu menjaga kulit menjadi bersih.

kembali keatas

Asam Glikolat

Sebagian besar orang tahu asam glikolat bekerja sebagai bahan pengelupasan kulit, sebagian besar orang tidak tahu asam glikolat juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Sementara banyak bahan dalam daftar ini bekerja untuk menghambat sintesis melanin. Asam glikolat bekerja untuk mencerahkan kulit dengan menghilangkan pigmen melanin lebih cepat. Perawatan kulit asam glikolat mempercepat pergantian alami sel-sel kulit. Eksfoliasi yang tidak merata dapat menyebabkan warna kulit tidak merata, oleh karena itu asam glikolat dapat secara kuat meningkatkan hasil pencerah kulit secara langsung seperti asam Kojic.

kembali keatas

Asam Linoleat

Meskipun mungkin belum pernah mendengar tentang asam linoleat, tetapi pasti akan mendengar tentang minyak nabati alami yang mengandung asam linoleat - minyak rosehip, minyak biji anggur dan minyak evening primrose.

Asam linoleat dapat membantu mempercepat pergantian sel kulit Anda dengan cara yang sama seperti asam glikolat. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam linoleat juga dapat secara langsung menekan produksi melanin. Perawatan kulit alami lain yang aktif dengan kemampuan mencerahkan dan mencerahkan yang patut diperhatikan.

kembali keatas

Ekstrak Mulberry

Ekstrak mulberry adalah pencerah kulit yang aktif. Beberapa sumber bahkan menganggap bahwa ekstrak mulberry bahkan mungkin memiliki khasiat yang lebih baik daripada Hydroquinone yang sangat kontroversial.

Dinamakan sebagai penangkap superoksida, ekstrak kertas mulberry juga dapat membantu melindungi kulit terhadap radikal bebas yang merusak, misalnya polusi yang disebabkan oleh bintik-bintik penuaan.

kembali keatas

Ekstrak Liquorice

Sebagai campuran aktif, ekstrak akar manis mengandung banyak bahan yang mempunyai manfaat mencerahkan kulit.ekstrak Liquorice bekerja secara tradisional dengan menghambat aktivitas tirosinase dan juga mencerahkan kulit tetapi dengan mekanisme lain.

Hal ini membuat ekstrak akar manis menjadi bahan perawatan kulit yang menarik dan sangat efektif untuk mencerahkan kulit di antara pencerah kulit lainnya. Bahkan ada beberapa orang yang mengatakan hampir sama efektifitasnya dengan pemutih kulit seperti hidroquinon.

kembali keatas

Cara Menambahkan Skin Lightener atau Brightener ke dalam Rutinitas Perawatan Wajah

Menambahkan Skin Lightener atau Brightener untuk perawatan wajah pagi hari

  1. Bersihkan Wajah

    Lakukan rutinitas pembersihan wajah yang biasa dilakukan. Bila memungkinkan dengan memakai air hangat agar segala debu dan kotoran akibat aktivitas harian dapat terangkat dengan baik dan pori-pori kulit dapat terbuka sempurna hingga produk perawatan kulit dapat meresep seutuhnya

  2. Oleskan Toner

    Usapkan toner secukupnya pada seluruh bagian wajah. Jangan sampai masuk ke mata atau selaput lendir.

  3. Oleskan exfoliant AHA atau BHA

    Oleskan exfoliant AHA atau BHA secara perlahan dengan jari keseluruh wajah. Kedua zat aktif ini membantu memperbaiki kulit kusam dan kulit yang tidak rata. Jadi pastikan bahwa langkah ini tidak tertinggal.

  4. Oleskan produk pemutih kulit atau pencerah ke seluruh wajah

    Taruhlah produk pemutih kulit secukupnya pada telak tangan kemudian aduk sampai rata dan oleskan pada seluruh kulit wajah. Lakukan dengan gerakan memutar sambil melakukan pijatan ringan kearah belakang untuk mendapatkan kulit kencang.

  5. Oleskan pelembab siang hari dengan tabir surya dengan peringkat SPF 30 atau lebih

    Sebagai tahap akhir, jangan lupa untuk menggunakan pelembab daan tabir surya yang sesuai (dalam hal ini yang ber SPF 30+) untuk menghindari kerusakan akibat sinar ultraviolet matahari dan radikal bebas.

kembali keatas

Perawatan Wajah di Malam Hari

  • Bersihkan wajah
  • Oleskan toner
  • Oleskan exfoliant AHA atau BHA Anda (jika Anda lebih suka menggunakan exfoliant hanya di pagi hari, lanjutkan ke langkah 4)
  • Oleskan produk pemutih kulit ke area yang terkena, atau di seluruh wajah
  • Oleskan serum dan / atau produk solusi yang ditargetkan, seperti booster, di seluruh wajah
  • Oleskan pelembab malam hari dan / atau krim mata

Tidak perlu menunggu sampai exfoliant mengering sebelum mengaplikasikan pencerah kulit dengan hydroquinone, tetapi boleh saja melakukannya jika mau. Saran yang sama berlaku untuk produk lain dalam rutinitas perawatan kulit

Topik Menarik