Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Penyakit

Perawat Home Care Sangat Membantu Kesembuhan Luka Pasca Operasi

Anda mungkin tidak akan merasakan sakit beberapa saat setelah keluar dari ruang operasi. Hal ini disebabkan karena obat bius masih bekerja di dalam tubuh. Namun, tak perlu waktu yang lama, efek samping obat tersebut akan hilang dan proses pemulihan pasca operasi pun dimulai. Perawat homecare dapat membantu untuk merawat kesembuhan luca pasca operasi sehingga tidak terbuka kembali dan cepat pulih

Anda yang baru saja menjalani operasi pasti bertanya-tanya, kapan jahitan atau perban penutup luka operasi bisa dilepas. Hal ini berbeda-beda pada setiap orang. Namun, luka operasi akan semakin cepat sembuh jika dirawat dengan cara yang tepat. Mungkin Anda bingung bagaimana cara merawat luka jahitan operasi yang benar. Selain itu, takut jika luka operasi justru mengalami infeksi atau perdarahan. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan perawatan home care untuk pemulihan luka pasca operasi.

Cari Perawat Home Care Jika Merasakan Hal Ini Pasca Operasi

Meski sudah di rumah sehabis menjalankan operasi, namun tetap saja kondisi fisik Anda harus diperhatikan dan sebaiknya kontrol dengan dokter dilakukan secara teratur. Hindari berbagai hal yang mungkin akan menyebabkan Anda mengalami komplikasi pasca operasi. Berikut adalah hal-hal yang mungkin terjadi saat pemulihan pasca operasi di rumah :

  • Sulit bernapas
  • Demam tinggi, hingga mencapai lebih dari 39 derajat celcius
  • Kotoran berwarna hitam
  • Nyeri pada bagian tubuh yang dioperasi
  • Perdarahan atau pembengkakan pada luka operasi
  • Mengalami diare, sembelit, mual, atau muntah
  • Tidak nafsu makan dan sulit menelan

Bila Anda mengalami salah satu atau lebih dari hal tersebut, maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi Anda lebih lanjut. Untuk menghindari infeksi pada luka bekas operasi, Anda bisa memanggil perawat home care untuk merawat lukanya. Perawat home care mengerti secara medis bagaimana tahapan merawat luka dan takaran obat yang harus diberikan.

Tugas Perawat Home Care Untuk Luka Pasca Operasi

Perawat yang membantu merawat luka pasca operasi Anda di rumah mempunyai beberapa tugas untuk memastikan bahwa luka tersebut cepat pulih.

Menjaga kebersihan luka pasca operasi

Perawat home care akan menjaga dan merawat luka jahitan agar tidak terkena infeksi. Mereka akan memastikan area di sekitar luka operasi Anda selalu bersih. Luka operasi biasanya tidak boleh basah atau terkena air sedikit saja, hingga luka kering dan sembuh. Karena itu, ketika Anda mandi, pastikan bahwa luka jahitan Anda telah dilindungi agar tidak terkena air.

Kontrol luka pasca operasi setiap hari

Perawat home care akan menangganti perban pasca operasi secara berkala, hal ini bertujuan agar luka tidak menimbulkan pendarahan atau pun bernanah. Dengan penggantian perban, Anda tidak perlu khawatir lagi akan rusaknya perban yang dibawa untuk tidur atau mandi.

Selain Perawat Home Care, Perlu Upaya Dari Diri Anda Untuk Menjaga Luka Pasca Operasi

Hindari mengangkat beban yang berat

Biasanya, setelah Anda menjalani operasi, hal yang harus dihindari adalah mengangkat benda dengan beban berat. Untuk tahu sampai kapan dan seberapa berat maksimal yang diperbolehkan untuk diangkat, sebaiknya Anda tanyakan pada dokter yang menangani Anda. Namun, agar aman lebih baik Anda tidak mengangkat benda yang memiliki berat lebih dari dua kilogram selama dua minggu setelah operasi.

Kurangi paparan sinar matahari

Jika luka jahitan terlalu sering terpapar sinar matahari, bisa saja luka itu jadi terbakar matahari dan terasa semakin perih.

Tugas Perawat Luka pada Penderita Kanker Payudara

Luka basah sangat berbahaya apabila dibiarkan karena dapat menjadi tempat berkumpulnya kuman yang menghambat proses penyembuhan.

Untuk menghindari infeksi perawat luka pada penderita kanker payudara dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Teknik Swabbing

Teknik swabbing pada umumnya digunakan untuk mengobati luka kanker payudara yang kering.
Teknik ini dilakukan dengan menekan sembari menggosokkan secara perlahan luka payudara dengan kassa yang telah dibasahi NaCL 0,9 % atau air steril .

Teknik Irigasi

Teknik irigasi merupakan perawatan luka dengan menyemprotkan NaCl 0.9 % atau air steril pada payudara yang mengalami luka basah atau rentan berdarah.

Penggunaan Antibiotik

Penggunaan antibiotik mampu mengurangi atau menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap pada luka payudara.

Tidak hanya merawat serta menyembuhkan, perawat luka pada penderita kanker payudara juga bertugas untuk memastikan bahwa proses penyembuhan tidak akan menimbulkan luka baru lagi di kemudian hari.

Proses penyembuhan diharapkan mengurangi cairan berlebih, mengurangi rasa nyeri serta mencegah infeksi

Untuk faktor kesembuhan di luar tubuh penderita, antara lain radiasi, kemoterapi, dukungan dari keluarga, infeksi dan trauma.

Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan infeksi

Jangan melakukan aktivitas yang mengharuskan Anda kotor-kotoran, seperti berkebun. Karena hal itu bisa menjadikan luka Anda terinfeksi dengan virus atau kuman yang ada selama berkebun.

PerawatNers.com merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. 

Topik Menarik