Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Perawat

Apakah Peran dan Fungsi Perawat Vokasional

Pengertian Vokasional

Apa peran dan fungsi perawat vokasional sangat perlu kita ketahui karena merupakan bagian dari jenjang pendidikan keperawatan dan menentukan tingkat keahlian dari perawat tersebut.

Sebelum membahas peran dan fungsi perawat vokasional maka sebaiknya di ketahui apa pendidikan vokasional itu. Pendidikan vokasional itu adalh pendidikan kejuruan atau skill based.

Pendidikan vokasional merupakan penggabungan antara teori dan praktik secara seimbang dengan orientasi pada kesiapan kerja lulusannya. Kurikulum dalam pendidikan vokasional, terkonsentrasi pada sistem pembelajaran keahlian pada kejuruan-kejuruan khusus. Sehingga pada pendidikan vokasional aka lebih di titik beratkan pada kebutuhan paraktek di banding teori yang melatar belakangi prskterk tersebut.

Pengertian Perawat Vokasional

Perawat Vokasional dan Pasien

Perawat vokasional disebut juga sebagai perawat pelaksana adalah seseorang yang sudah lulus pendidikan keperawatan D3 (Diploma III) Keperawatan dan Sekolah tersebut terakreditasi dan diakui oleh pejabat yang berwenang.

Sebagai perawat pelaksana maka mempunyai tugas untuk melakukan perawatan pasien dasar. Perawat pelaksana ini merawat pasien dengan memantau data vital pasien dan mencatatnya, kebersihan dasar serta perawatan pribadi, termasuk mandi dan berpakaian pasien dan membantu pasien makan jika perlu.

Perawat pelaksana ini dapat memberikan suntikan, memantau kateter, mengganti perban dan membantu menurunkan demam dengan alkohol.. Mereka juga memberikan dukungan emosional untuk pasien mereka, membantu mereka mengatasi tekanan lingkungan klinis. Perawat pelaksana ini selalu bekerja di bawah pengawasan dokter atau perawat profesional terdaftar.

Fungsi Perawat Vokasional

  • Pelaksanaan Asuhan Keperawatan
  • Memberikan pendidikan kesehatan (dibawah supervisi Ners Generalis)
  • Memberikan Informasi tentang perkembangan kesehatan pasien kepada atasannya
  • Menjadi anggota pelaksana dalam riset keperawatan

Kompetensi Perawat Vokasional

  • Berkomunikasi
  • Melakukan Prosedur /Teknik keperawatan
  • Melaksananak instruksi/program keperawatan tertentu yang sederhana
  • Mengumpulkan data riset

Perbedaan Perawat Pelaksana dan Perawat Profesional

Perawat vokasional merupakan perawat yang hanya mengutamakan keterampilan semata, tanpa didasari pengetahuan yang cukup untuk melakukan tindakan asuahn keperawatan. Perawat jenis ini memeliki jenjang pendidikan D3.

Sementara perawat profesional adalah tenaga profesional mandiri dan telah menyelesaikan pendidikan profesi keperawatan, telah lulus uji kompetensi perawat profesional. Bekerja secara otonom dan melakukan kolaborasi dengan yang lain. Perawat Profesional yang telah memenuhi syarat, mempunyai hak untuk mendapatkan SIPP atau Surat Izin Praktek Perawat Profesional yang diberikan oleh Dinkes Kota/Kabupaten.

Baca Juga : Perbedaan Perawat S1 Vokasional dan Profesi Ners

Perbedaan tugas lainnya dari perawat pelaksana dan perawat profesional adalah perawat vokasional diharapkan untuk memberikan perawatan di samping tempat tidur, termasuk mandi dan berpakaian, dan bantuan dengan tugas-tugas harian lainnya sesuai kebutuhan.
Sementar perawat profesional di sisi lain, dapat membantu dalam pemberian anestesi, obat-obatan IV, dan kebutuhan perawatan kesehatan lainnya yang lebih khusus.

Topik Menarik