Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Fisioterapi

Jalani Fisioterapi di Rumah Untuk Masalah Nyeri Bahu Dan Stroke

Fisioterapi adalah perawatan yang dilakukan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan bagian tubuh seseorang akibat luka, sakit, atau hilangnya kemampuan tubuh. Menjalani fisioterapi di rumah karena stroke, nyeri bahu atau masalah lain akan menjadikan proses penyembuhan lebih nyaman.

Selain itu, terapi ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terluka atau sakit di kemudian hari. Perawatan ini berupa gerakan, latihan, terapi manual, edukasi dan saran. Semua kalangan dari berbagai usia muda hingga lansia bisa mengikuti terapi ini. Perawatan akan dipandu oleh seorang terapis yang membantu pasien untuk mengatasi rasa sakit.

Kini fisioterapi bisa dilakukan di rumah dengan bantuan ahli terapi yang bisa dateng sesuai kebutuhan Anda. Terapis yang bisa memberikan fisioterapi tentu sudah memiliki STR dan pengalaman yang mumpuni. Sebelum Anda memanggil fisioterapi ke rumah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis fisioterapi dan biaya yang harus dikeluarkan.

Fisioterapi Solusi Alami dan Mudah untuk Nyeri Bahu

Bahu memiliki jangkauan gerak yang luas dan serbaguna. Ketika ada sesuatu yang salah dengan bahu, maka itu menghambat kemampuan untuk bergerak bebas dan dapat menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Bahu adalah sambungan bola dan soket yang memiliki tiga tulang utama: humerus (tulang lengan panjang), klavikula (tulang selangka), dan tulang belikat (juga dikenal sebagai tulang belikat).

Tulang-tulang ini dilindungi oleh lapisan tulang rawan. Ada dua sendi utama. Sendi acromioclavicular adalah antara bagian tertinggi dari skapula dan klavikula.

Sendi glenohumeral terdiri dari bagian atas, berbentuk bola dari tulang humerus dan tepi luar skapula. Sendi ini juga dikenal sebagai sendi bahu.

Sendi bahu adalah sendi yang paling mudah bergerak dalam tubuh. Ini menggerakkan bahu maju dan mundur. Ini juga memungkinkan lengan bergerak dalam gerakan memutar dan bergerak ke atas dan menjauhi tubuh.

Bahu harus mendapatkan rentang gerak dari manset rotator. Rotator cuff terdiri dari empat tendon. Tendon adalah jaringan yang menghubungkan otot ke tulang. Mungkin terasa sakit atau sulit mengangkat lengan di atas kepala kita jika tendon atau tulang di sekitar rotator cuff rusak atau bengkak.

Bila cedera bahu maka kita akan kesulitan untuk melakukan kerja manual, bermain olahraga, atau bahkan kesulitan untuk melakukan gerakan dengan gerakan berulang. Penyakit tertentu dapat menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bahu. Ini termasuk penyakit tulang belakang leher (leher), serta penyakit hati, jantung, atau kandung empedu. Fisioterapi di rumah dapat memperbaiki rasa nyeri bahu yang menyertainya

Kita cenderung mengalami masalah dengan bahu seiring lanjuta usia, terutama setelah usia 60 tahun. Ini karena jaringan lunak di sekitar bahu cenderung memburuk seiring bertambahnya usia.

Dalam banyak kasus, nyeri bahu dapat di obati dengan melakukan fisioterapi di rumah. Namun, terapi obat-obatan atau bahkan pembedahan mungkin juga diperlukan.

Inilah yang perlu diketahui tentang nyeri bahu, termasuk penyebab, diagnosis, perawatan, dan pencegahan.

Apa yang menyebabkan nyeri bahu?

Beberapa faktor dan kondisi dapat menyebabkan nyeri bahu. Penyebab paling umum adalah rotator cuff tendinitis.

Nyeri bahu pada lanjut usia ini adalah kondisi yang ditandai dengan tendon yang bengkak. Penyebab umum lain dari nyeri bahu adalah sindrom pelampiasan di mana rotator cuff terperangkap di antara acromium (bagian dari skapula yang menutupi bola) dan kepala humerus (bagian bola humerus).

Kadang-kadang nyeri bahu adalah akibat dari cedera pada lokasi lain di tubuh. Sehingga tumbuh melakukan aktivitas nya dengan mengkompesasikan kerja bagian yang lemah itu ke bahu sehingga kerja bahu menjadi tidak natural. Biasanya hal ini terjadi pada cedera atau pasien paska stroke. Bagian yang diambil alih kerjanya oleh bahu biasanya leher atau bisep. Ini dikenal sebagai nyeri yang dirujuk. Nyeri yang dirujuk pada umumnya tidak bertambah buruk saat bila menggerakkan bahu.

Kenapa saya mengalami sakit bahu?

Ada beberapa penyebab mendasar yang dapat menyebabkan nyeri bahu. Misalnya, cedera tiba-tiba atau trauma pada bahu dapat menyebabkan mereka menjadi sakit. Gerakan berulang juga dapat menyebabkan nyeri bahu, karena otot, persendian, dan tendon bekerja secara over drive. Fisioterapi dapat mengobati beberapa kondisi spesifik yang mungkin berkontribusi terhadap rasa sakit atau ketidak nyamanan yang rasakan di bahu Anda. Beberapa kondisi yang paling umum yang menyebabkan nyeri bahu antara lain:

Tulang rawan yang robek

Ketika tulang rawan robek,kita mungkin mengalami sejumlah gejala menyakitkan seperti mungkin mengalami penurunan kekuatan dan gerakan terbatas di bahu yang terkena, juga mungkin mengalami rasa sakit saat menggerakkan lengan dengan cara tertentu.
Jika menderita tulang rawan yang robek, fisioterapi dapat memberikan bantuan.

Tendonitis. Tendonitis terjadi ketika tendon menjadi teriritasi atau meradang. Ini dapat muncul di beberapa bagian tubuh, dan istilah sehari-hari seperti "tennis elbow," "swimmer's shoulder," dan "jumper's knee" biasanya digunakan untuk menggambarkannya. Seorang fisioterapis dapat mengobati berbagai jenis tendonitis dan meredakan daerah yang meradang.

Strain dan keseleo

Strain terjadi ketika otot atau tendon diregangkan terlalu jauh atau sobek. Keseleo terjadi ketika ligamen diregangkan terlalu jauh atau sobek. Strain dan keseleo dapat menyebabkan nyeri bahu yang berkelanjutan yang mungkin membuat sulit untuk mengambil bagian dalam latihan atau bahkan tugas sehari-hari. Jika ketegangan atau keseleo ringan, kadang-kadang dapat dibekukan di rumah dan disembuhkan dengan istirahat. Strain dan keseleo yang lebih parah sering membutuhkan perawatan fisioterapi.

Radang kandung lendir

Bursitis adalah peradangan sendi, dan mempengaruhi kantung berisi cairan yang mengelilingi tulang, otot, dan tendon. Ini sering terjadi pada area tubuh yang digunakan untuk gerakan berulang. Jika menderita radang kandung lendir, mungkin merasa kaku atau pegal di daerah yang terkena, yang juga bisa menjadi merah atau bengkak. Fisioterapi dapat membantu meringankan peradangan, serta gejala yang menyakitkan Anda.

Bahu beku

Bahu beku adalah kondisi yang menyakitkan yang biasanya terjadi setelah periode tidak aktif yang lama, seperti terkandung dalam gendongan atau gips setelah cedera. Kondisi ini secara bertahap akan memburuk dari waktu ke waktu, menghasilkan rasa sakit dan kekakuan. Ini biasanya memperbaiki sendiri setelah beberapa tahun, tetapi fisioterapi dapat membantu memberikan bantuan saatkitasedang dalam pemulihan. Ini juga bisa membantu mempercepat proses pemulihan.

Radang sendi

Arhritis adalah penyakit sendi yang menyebabkan rasa sakit dan kaku. Ada beberapa jenis radang sendi, tetapi yang paling umum adalah osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Osteoartritis terjadi ketika tulang rawan di antara tulang-tulang mulai rusak, menyebabkan tulang-tulang tersebut saling bergesekan. Artritis reumatoid terjadi ketika persendian menjadi bengkak dan meradang. Untuk kedua kondisi ini, fisioterapi dapat memberikan penghilang rasa sakit dan peningkatan mobilitas.

Stroke

Pasien stroke terkadang mengalami keadaan kelemahan otot atau bahkan mengalami ketidak mampuan menggerakan anggota badan atau dismobilisasi. Keadaan ini memerlukan terapi pelatihan yang berpusat pada repetisi gerakan. Fisioterapi sangat berperan penting untuk membuat pasien pasca stroke kembali menjadi manusia yang mendiri. Bila fisioterapi dilakukan sesegera mungkin maka tingkat keberhasilan dari fisioterapi tersebut menjadi lebih tinggi.

Bagaimana penyebab nyeri bahu didiagnosis?

Dokter kita akan ingin mengetahui penyebab nyeri bahu Anda. Mereka akan meminta riwayat kesehatan kita dan melakukan pemeriksaan fisik.

Mereka akan merasakan kelembutan dan pembengkakan dan juga akan menilai jangkauan gerak dan stabilitas sendi Anda. Tes pencitraan, seperti X-ray atau MRI, dapat menghasilkan gambar rinci bahu untuk membantu diagnosis.

Dokter mungkin juga mengajukan pertanyaan untuk menentukan penyebabnya.

Pertanyaan dapat meliputi:

  • Apakah rasa sakit di satu bahu atau keduanya?
  • Apakah rasa sakit ini mulai tiba-tiba? Jika demikian, apa yang kamu lakukan?
  • Apakah rasa sakit itu berpindah ke area lain dari tubuh Anda?
  • Bisakahkitamenunjukkan area rasa sakit?
  • Apakah sakit ketikakitatidak bergerak?
  • Apakah lebih sakit ketikakitabergerak dengan cara tertentu?
  • Apakah itu sakit yang tajam atau sakit yang tumpul?
  • Apakah area nyeri sudah merah, panas, atau bengkak?
  • Apakah rasa sakit membuatkitatetap terjaga di malam hari?
  • Apa yang membuatnya lebih buruk dan apa yang membuatnya lebih baik?
  • Pernahkah kita membatasi aktivitas kita karena sakit bahu?
  • Kapan saya harus mencari bantuan medis?
  • Anda harus menghubungi dokter jika mengalami demam, ketidakmampuan untuk menggerakkan bahu, memar yang lama, panas, dan nyeri di sekitar persendian, atau rasa sakit yang bertahan hingga beberapa minggu setelah perawatan di rumah.

Jika sakit bahu datang secara tiba-tiba dan tidak terkait dengan cedera, segera ke periksakan ke dokter. Ini mungkin pertanda serangan jantung. Tanda-tanda lain dari serangan jantung termasuk:

  • kesulitan bernafas
  • sesak dada
  • pusing
  • keringat berlebih
  • sakit di leher atau rahang

Nyeri bahu dapat dialami karena banyak penyebab berbeda, dan ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meringankan ketidaknyamanan. Fisioterapi adalah cara alami, mudah, dan efektif untuk meredakan nyeri bahu.

Bagaimana mendapat manfaat dari fisioterapi?

Fisioterapi mengembalikan gerakan dan fungsi jika terjadi cedera, seperti olahraga atau cedera terkait pekerjaan, serta penyakit dan kecacatan. Seperti fisioterapi di rumah sakit maka fisioterapi di rumah juga akan membantu untuk mengurangi rasa sakit, meningkatkan pemulihan dan mengurangi kerusakan jangka panjang yang dapat mengakibatkan cedera sehingga kualitas hidup Anda meningkat pesat. Pasien dari segala usia dapat memperoleh manfaat dari fisioterapi.

Seorang fisioterapis bekerja keras untuk meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak Anda, selain menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang kita rasakan. Mereka dapat menerapkan kombinasi metode pengobatan apa saja, seperti terapi dingin dan panas untuk meringankan rasa sakit dan meningkatkan mobilitas; terapi pijat untuk mengurangi tekanan pada otot, persendian, dan tendon; atau sesi latihan untuk mempromosikan gerakan dan penyembuhan daerah yang terkena. Metode perawatan lain mungkin termasuk terapi akuatik, ultrasound, atau stimulasi saraf listrik.

Apa pun jenis rasa sakit yang di alami, fisioterapis yang terlatih dapat membuat program khusus untuk mengobati kondisi khusus Anda. Fisioterapi telah terbukti membantu dengan beberapa kondisi, dan dalam banyak kasus telah menghilangkan kebutuhan akan obat-obatan berbahaya dan operasi invasif sama sekali.

Manfaat Melakukan Fisioterapi di Rumah

Fisioterapi di rumah menawarkan perawatan di rumah Anda sendiri. Selama ini banyak yang menjalankan fisoterapi di rumah sakit. Manfaatnya akan dipertimbangkan di bawah ini.

Kemajuan Proses Penyembuhan Karena Kenyamanan Fisioterapi di Rumah

anfaat menerima perawatan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri tidak dapat diabaikan. Di rumah Anda sendiri, Anda berada di lingkungan yang akrab dan karenanya Anda paling nyaman dan santai. Kenyamanan tambahan ini yang dimungkinkan saat menerima fisioterapi di rumah akan meningkatkan kecepatan kesembuhan karena Anda berada dalam keadaan yang jauh lebih santai. Fisioterapi di rumah akan menghilangkan gangguan dan perawatan menjadi lebih fokus. sehingga tingkat penyembuhan menjadi lebih cepat

Menghilangkan Halangan

Meskipun banyak orang mengetahui akan mendapat manfaat kesembuhan bila melakukan fisioterapi, banyak keadaan yang berbeda yang dapat mencegah pasien untuk melakukan fisioterapi, atau yang akan menyebabkan mereka menunda perawatan, misalkan karena pasien tidak dapat melakukan perjalanan ke klinik.

Masalah-masalah ini bisa apa saja, mulai dari masalah transportasi hingga masalah mobilitas akibat cedera, cacat atau sakit. Layanan fisioterapi di rumah akan memungkinkan orang untuk mengakses dan mendapat manfaat dari fisioterapi, meskipun ada hambatan yang mungkin menghalangi penerimaan pengobatan.

Sangat Nyaman & Hemat Waktu

Layanan fisioterapi di rumah sangat nyaman. Fisioterapi di rumah dapat dilakukan dengan waktu yang fleksibel. Pasien dapat mengatur jadwalnya sendiri. Bahkan, dalam banyak kasus, ahli fisioterapi di rumah juga dapat menawarkan perawatan di tempat kerja atau di lokasi lain yang nyaman bagi Anda.

Jenis Fisioterapi di Rumah

Fisioterapi adalah jenis perawatan yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dari sekian banyak kondisi yang bisa diatasi dengan terapi fisik, berikut tiga di antaranya:

Fisioterapi neurologis

Terapi fisik neurologis dilakukan untuk orang-orang yang memiliki gangguan neurologis atau saraf. Misalnya penyakit alzheimer, parkinson, cedera tulang belakang, dan juga stroke. Salah satu penyakit yang banyak menggunakan terapi ini ialah stroke.

Neurofisioterapi adalah spesialisasi terapi fisik yang disebabkan oleh kerusakan pada otak dan sistem saraf seperti pada stroke. Terapis ahli akan membantu membuatkan program terapi yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Fisioterapi anak

Fisioterapi anak bertujuan untuk membantu mengobati anak dan remaja dengan berbagai masalah pada kesehatan fisiknya. Selain itu, terapi ini juga dilakukan untuk membantu memberikan dukungan pada keluarga dan orang tua yang memiliki anak dengan berbagai masalah fisik.

Biasanya, terapi ini dilakukan pada anak-anak yang memiliki kesulitan menggerakkan bagian tubuh, sehingga bisa memaksimalkan perkembangan fisik, aktivitas, dan kemampuan untuk bermain serta bersosialisasi.

Terapi fisik fisioterapi di rumah ini juga dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang menghambat gerak tubuh seperti:

  • cerebral palsy dengan kondisi yang memengaruhi otot dan juga saraf
  • global development delay (GDD) yaitu keterlambatan perkembangan anak dari segi emosional, mental, dan juga fisik
  • developmental co-ordination disorder (DCD) atau yang disebut juga dengan dyspraxia yaitu kondisi yang memengaruhi koordinasi fisik anak yang membuat gerakannya tidak seperti gerakan anak pada umumnya dan terkesan kaku, kelainan neuromuskular dengan ketidakmampuan saraf dan otot untuk bekerja sebagaimana mestinya yang memengaruhi otot rangka seperti di batang tubuh, lengan, dan kaki
  • acquired brain injuiry (ABI) dengan kondisi cedera sebagai akibat dari otak traumatis, benturan, tumor otak, hingga infeksi dan penyakit tertentu
  • down syndrome dengan kondisi genetik yang menyebabkan gangguan belajar pada anak dan kelainan fisik tertentu, seperti kepala berukuran kecil, berat dan tinggi badan yang lebih rendah dibanding rata-rata, otot kurang terbentuk dengan sempurna, dan fitur wajah yang datar

Fisioterapi ortopedi

Terapi fisik ortopedi membantu mendiagnosis, mengendalikan, dan mengobati gangguan serta cedera pada sistem muskuloskeletal. Selain itu, terapi fisik ini juga membantu proses penyembuhan setelah operasi ortopedi (tulang). Umumnya, ahli terapi ortopedi dilatih untuk melakukan pengobatan sendi pascaoperasi, cedera olahraga, radang sendi, dan cedera lainnya.

Umumnya cedera khas yang ditangani oleh ahli terapi ortopedi seperti fraktur, terkilir, dan peradangan pada tendon. Umumnya, ahli terapi fisik ortopedi akan merekomendasikan berbagai latihan yang tepat sesuai kondisi.

Biaya Fisioterapi di Rumah

Dengan mengetahui jenis fisioterapi yang bisa dilakukan di rumah, Anda perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan. Berbeda dengan fisioterapi di rumah sakit atau di klinik, Anda akan mendapatkan kenyamanan dan privacy jika memanggil fisioterapi ke rumah Anda. Harga fisioterapi di rumah yaitu mulai dari Rp 350.000 / sesi.

Dasaeon.com merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. 

Baca juga: Kapankah Fisioterapi Dibutuhkan

Topik Menarik