Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Fisioterapi

Kapankah Fisioterapi Dibutuhkan

Fisioterapi (terapi fisik) adalah terapi layanan rehabilitasi untuk memulihkan, mengembangkan dan merawat gerak fungsi tubuh dengan berbagai program latihan, teknik elektroterapi & fisioterapi manual. Fisioterapis mempelajari ilmu gerakan natural dari tubuh. Mereka belajar bagaimana menentukan akar penyebab cedera. Selain itu, terapi ini juga bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terluka atau sakit di kemudian hari. Perawatan ini berupa gerakan, latihan, terapi manual, edukasi dan saran. Semua kalangan dari berbagai umur bisa mengikuti terapi ini. Perawatan akan dipandu oleh seorang fisioterapis ahli dengan pendidikan minimal D3 yang memahami dengan sangat baik anatomi tubuh manusia yang sesuai untuk membantu pasien dalam mengatasi rasa sakit dan meninkatkan mobilitas dari pasien tersebut.

Dalam menjalani fisioterapi, pasien akan dibantu oleh fisioterapis, yaitu orang yang ahli menerapkan prinsip-prinsip dan praktik terapi fisik. Fisioterapi bisa dilakukan kepada pasien dalam segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Atlet merupakan salah satu kelompok yang umum memerlukan fisioterapi untuk memulihkan kondisi tubuh mereka.

Layanan Fisioterapi PerawatNers.com meliputi:

  • Pediatric service – Layanan fisioterapi rehabilitasi pada anak untuk membantu perkembangan anak
  • General Physiotherapy – Layanan fisioterapi secara umum, tergantung dengan kebutuhan pasien
  • Stroke service – Layanan fisioterapi pada pasien stroke untuk mendapatkan kembali kemampuan mobilitas dan kemandirian dari pasien paska stroke tersebut.

Layanan fisioterapi PerawatNers.com meliputi konsultasi, edukasi, penilaian kondisi penyakit, diagnosa, evaluasi & re-evaluasi. Metode fisioterapi yang di lakukan pada setiap sesi fisioterapi sangat praktis, lengkap dan spesifik, semua program tergantung dengan kebutuhan masing-masing pasien. Fisioterapi juga membutuhkan keterlibatan pasien untuk aktif dan tekun dalam menjalani latihan yang diberikan. Layanan fisioterapi PerawatNers.com tersedia di seluruh wilayah Indonesia.

Kapan saya harus pergi ke fisioterapis?

Pikirkan tentang mendapatkan fisioterapi jika Anda mengalami cedera, atau rasa sakit kronis yang memengaruhi cara Anda berfungsi setiap hari. Seorang dokter dapat merujuk Anda ke fisioterapi setelah operasi seperti penggantian pinggul, atau peristiwa seperti serangan jantung atau stroke.

Tujuan dari fisioterapi ini adalah untuk mempercepat penyembuhan dan pengembalian kemandirian dari pasien tersebut dengan program latihan fisik yang di awasi oleh fisioterapis ahli sehingga sesuai dengan diagnosa dari kondisi pasien tersebut.

Masalah apa yang ditangani oleh ahli fisioterapi?

Fisioterapis fokus pada pencegahan dan juga rehabilitasi. Perawatan bisa untuk masalah yang disebabkan oleh cedera, penyakit atau cacat. Berikut ini beberapa contoh dari gejala yang membutuhkan program latihan yang diawasi oleh fisioterapis:

  • Nyeri leher dan punggung yang disebabkan oleh masalah pada otot dan tulang
  • Masalah pada tulang, persendian, otot dan ligamen, seperti artritis dan bila terjadi amputasi maka juga perlu fisioterapi untuk mengatasi efek sesudahnya.
  • Masalah paru-paru seperti asma
  • Kecacatan akibat masalah jantung
  • Masalah panggul, seperti masalah kandung kemih dan usus yang berhubungan dengan melahirkan
  • Kehilangan mobilitas karena trauma pada otak atau tulang belakang, atau karena penyakit seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis
  • Kelelahan, rasa sakit, pembengkakan, kekakuan dan kehilangan kekuatan otot, misalnya selama perawatan kanker, atau perawatan paliatif

Apa yang bisa saya harapkan di fisioterapi?

Sesi Anda akan unik, karena ini semua tentang Anda dan kebutuhan khusus Anda sehingga setiap sesi membutuhkan perancangan yang khusus.

Secara umum, hal dibawah adalah urutan dari penanganan oleh fisioterais medis:

  • Fisioterapis mempelajari sejarah medis Anda
  • Fisioterapis menilai dan mendiagnosis kondisi Anda
  • Anda menerima rencana perawatan yang menetapkan tujuan untuk Anda
  • Anda diberi resep latihan dan alat bantu apa pun yang dibutuhkan
  • Anda akan berlatih di bantu serta diawasi oleh fisioterapis

Fisioterapi dapat menjadi bagian dari pengobatan yang efektif untuk kebanyakan kondisi dan salah satu dari perawatan ini dapat membantu mempersingkat waktu pemulihan setelah operasi atau setelah serangan penyakit yang menghambat pergerakan sebagian atau seluruh anggota tubuh

Topik Menarik