Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Cara Perawat Memulihkan Penyakit Kronis Pada Lansia

Generasi lansia membutuhkan banyak waktu untuk bersantai dan melakukan aktivitas menyenangkan. Mereka perlu rangsangan mental agar tidak pikun, selain itu lansia membutuhkan aktivitas sosial dan fisik yang bisa membangun kemandiriannya yang membuat perasaannya senang. Perawat yang mendampingi lansia bisa mengajak melakukan berbagai aktivitas permainan game dan mengerjakan kerajinan tangan untuk membangun kreativitasnya. Strategi ini juga efektif dalam mencegah depresi yang berhubungan dengan masalah yang mungkin timbul dari perasaan isolasi dan pemutusan dari masyarakat.

Tingkat kesehatan setiap orang pasti berbeda-beda. Ada orang yang tetap terlihat sehat sampai usia tua, namun ada juga orang yang sudah menderita penyakit kronis di usianya yang masih muda. Kesehatan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti pola hidup, lingkungan, dan genetik. Sehingga jika Anda ingin sehat sampai tua, Anda perlu mengontrol setiap faktor tersebut (kecuali faktor genetik yang memang tidak bisa dikontrol). Penyakit berbahaya yang sering dialami lansia seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, obesitas, dan stroke.

Jika sudah mengalami penyakit kronis, lansia dianjurkan memiliki pendampingan perawat yang bisa merawat secara medis di rumah Anda. Perawat home care ini bisa membantu lansia menjalani aktivitas agar tetap aktif, mengatur pola makan dan obat, serta membantu menggunakan alat kesehatan. Ketahui bagaimana cara perawat membuat lansia sehat kembali dan memulihkannya dari penyakit kronis.

Perawat : Lansia Berisiko Alami Penyakit Kronis

Banyak penyakit yang mulai bermunculan saat usia orang tua Anda semakin tua, usia merupakan salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit.

Menurut WHO, penuaan merupakan dampak penumpukan dari berbagai kerusakan molekuler dan seluler dari waktu ke waktu. Sehingga, hal ini menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan mental, meningkatkan risiko penyakit, dan kemudian berujung pada kematian. Namun, perubahan yang terjadi ini tidak bersifat tetap dan bisa bervariasi antar individu. Hal ini karena penuaan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah perilaku hidup sehat yang orang tua Anda terapkan sejak usia muda. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu memanggil perawat yang khusus merawat dan mendampingi lansia.

Penyakit kronis bisa terjadi di usia tua karena kebiasaan buruk yang dilakukan selama bertahun-tahun, karena pola makan yang buruk misalnya. Untuk itu, mulailah ubah pola hidup orang tua Anda dengan bantuan perawat agar menjadi lebih sehat. Beberapa hal yang bisa perawat lakukan untuk menjadikan lansia sehat kembali yaitu :

Mengatur pola makan sehat

Penyakit kronis biasanya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Misalnya saja, sering makan makanan manis yang dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes. Atau, sering makan makanan yang mengandung garam dan lemak tinggi dapat menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Untuk itu, perawat akan memberikan lansia dengan makanan yang kaya gizi untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan terhindar dari penyakit. Perawat bisa mengatur asupan sayur dan buah-buahan, makanan sumber protein, vitamin B12, asam folat, seng, dan kalsium. Selain itu, perawat akan mengganti asupan lemak jenuh pada lansia dengan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh dari alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan.

Mendampingi aktivitas fisik

Jika lansia aktif secara fisik dapat memberikan manfaat kesehatan untuk jantung dan metabolisme tubuh. Selain itu, aktif secara fisik juga dapat membantu mengontrol berat badan dan mencegah penyakit kronis. Aktivitas fisik yang melatih kekuatan, keseimbangan, dan kelenturan perlu dilakukan oleh lansia untuk mendukung kesehatan.

Aktivitas fisik yang melatih kekuatan dapat meningkatkan daya tahan otot serta menghambat penurunan kekuatan otot. Aktivitas fisik yang melatih kelenturan dapat memberi kelenturan pada persendian sehingga membuat lansia lebih bebas bergerak. Aktivitas fisik yang melatih keseimbangan dapat meningkatkan stabilitas sehingga bisa mengurangi risiko orang tua Anda terjatuh.

Dengan pendampingan perawat, aktivitas fisik yang bisa dilakukan lansia seperti berjalan kaki di pagi dan sore hari, bersepeda, senam, berenang, memasak, merawat tanaman dan lain sebagainya.

Bantu jaga berat badan

Menjaga berat badan termasuk salah satu yang penting bagi orang tua untuk dapat terhindar dari penyakit kronis. Berat badan sangat dipengaruhi oleh pola makan dan aktivitas fisik, untuk itu perawat bisa membantu orang tua Anda memerhatikan kedua hal tersebut.

Lansia tidak harus menurunkan berat badannya, namun sebaiknya lebih fokus untuk mencegah kenaikan berat badan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia sehingga bisa menjadi lansia sehat.

Berhadapan dengan rasa dengan rasa sakit dapat memiliki dampak besar pada keluarga terutapa bagi lansia dengan penyakit kronis.

Rasa sakit mempengaruhi hubungan, dan tantangan fisik serta tekanan emosional merawat orang yang dicintai yang kesakitan bahkan dapatjuga membuat anggota keluarga yang merawat lansia tersebut kecapaian dan jatuh sakit. Banyak lansia dengan penyakit kronis lebih suka tinggal di rumah, di mana secara keseluruhan mereka merasa lebih nyaman.

Perawat Temani Lansia Beraktivitas

Untuk menemani lansia bermain, Anda bisa memanggil jasa perawat untuk mendampinginya, berikut adalah beberapa ide kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan :

Melukis

Kegiatan melukis merupakan saluran untuk mengekspresikan pikiran dan emosi lansia. Hal ini juga membantu dalam meningkatkan mereka mengkoordinasikan tangan dengan mata dan meningkatkan kepercayaan mereka. Lansia dapat melakukan kegiatan melukis dengan cat minyak, cat air, dan akrilik.

Scrapbooking

Bagi lansia bernostalgia dan menyusuri jalan kenangan merupakan hal yang menyenangkan. Dengan begitu, kegiatan yang cocok untuk mereka yaitu mendokumentasikan kenangan yang bisa diabadikan dalam potongan-potongan foto dijadikan sebuah scrapbooks. Hal ini baik sebagai latihan pikiran lansia untuk mengingat peristiwa-peristiwa yang penting dalam kehidupan mereka.

Catur

Catur adalah permainan klasik yang terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir pemecahan masalah, logis dan strategis. Ini adalah kegiatan yang populer di antara lansia khususnya lansia pria. Permainan ini bisa dijadikan aktivitas menyenangkan untuk mengisi hari-hari mereka.

Menari

Menari adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk lansia. Biasanya lansia senang bersosialisasi dengan menari atau senam si suatu komunitas. Selain menari, mereka juga bisa bertukar cerita agar pikiran menjadi fresh. Anda bisa mendaftarkan orang tua di komunitas lansia yang memiliki pertemuan rutin dengan pendampingan perawat lansia.

Pendampingan Perawat Khusus

Saat menjalani aktivitas yang bisa menyenangkan dan mengurangi rasa stres para lansia, dibutuhkan pendampingan khusus agar mereka tetap terjaga dengan baik. Kegiatan itu tidak hanya dilakukan di rumah, namun juga di luar rumah. Dengan adanya jasa layanan home care PerawatNers.com Indonesia, orang tua Anda akan terjaga secara baik dan Anda pun tetap nyaman menjalani pekerjaan atau aktivitas lainnya. 

Aktivitas yang merangsang otak untuk penderita Alzheimer

  • Memasak kue sederhana bersama keluarga
  • Bersihkan di sekitar rumah. Sapu teras, usap meja, lipat handuk atau coba tugas-tugas rumah tangga lainnya yang membantu orang tersebut merasakan pencapaian.
  • Lakukan seni dan kerajinan, seperti merajut dan melukis. Buat pola menggunakan alat sederhana.
    membaca buku ringan dan bergambar
  • Atur barang-barang rumah tangga, terutama jika orang itu senang melakukan tugas-tugas mengorganisasi.
  • Membaca koran
  • Putar musik dan nyanyikan lagu.
  • Rawat kebun atau kunjungi kebun raya.
  • Tonton video keluarga.
  • Bermain puzzle.

Perawat profesional di rumah memberikan layanan dukungan untuk membantu lansia ini tetap aman dan aktif.
Homcare profesional ini merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. 

Topik Menarik