Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Pentingnya Pendampingan Jasa Perawat Pada Lansia

Sebagai seorang anak mungkin Anda tidak ingin orang tua Anda kelelahan karena aktivitas fisik. Padahal, terlalu memanjakan lansia dengan membiarkan mereka kebanyakan beristirahat justru bisa membuat kondisi kesehatannya memburuk. Lalu bagaimana caranya mencari dan menentukan jasa perawat agar lansia tetap aktif dan bisa mengurangi risiko dari kematian.

Kurangnya aktivitas fisik ditambah dengan kebiasaan memanjakan lansia secara berlebihan bisa menjadi penyebab kesehatan lansia menjadi cenderung lebih lemah. Penyakit berbahaya yang sering dialami lansia seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, obesitas, dan stroke.

Menurut penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, gaya hidup kurang gerak memang lebih sering dilakukan oleh orang yang berusia di atas 50 tahun. Hampir 80% lansia yang berumur 60 tahun menghabiskan waktunya hanya berbaring atau duduk. Bahkan aktivitas ini berlangsung selama 8 sampai 12 jam per hari.

Manjakan Lansia Berisiko Tinggi Kematian

Sebuah penelitian dari University of São Paulo School menemukan bahwa seseorang yang menghabiskan waktunya kurang dari 8 jam untuk duduk per hari bisa menurunkan risiko kematian dibandingkan mereka yang senang duduk berjam-jam. Aktif secara fisik juga menurunkan angka kematian pada seseorang dibandingkan mereka yang tidak aktif dan senang melakukan aktivitas berbaring dan duduk.

Jangan biarkan lansia mengalami penyakit berbahaya hanya karena Anda tidak mau repot mengajak mereka beraktivitas di luar. Anda juga sebaiknya tidak mencegah lansia untuk berolahraga atau beraktivitas fisik karena takut risiko cedera atau jatuh. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menemani orang tua, Anda bisa memesan jasa perawat khusus lansia untuk mendampinginya melakukan aktivitas di dalam dan luar rumah.

Aktivitas fisik dapat berupa memasak, memelihara taman rumah, berenang, bersepeda, atau berjalan santai di pagi dan sore hari. Pokoknya pastikan bahwa lansia tidak hanya duduk atau tiduran sepanjang hari seperti menonton TV di sofa atau membaca buku.

Di beberapa negara maju, jasa layanan perawatan di rumah atau bisa disebut home care bukan merupakan konsep yang baru, namun di Indonesia layanan ini baru mulai berkembang.

Home care adalah pelayanan kesehatan berbasis di rumah yang terdiri dari tenaga medis untuk individu dan keluarga (pasien) dengan tujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan risiko dari penyakit.

Sebagai layanan home care yang sudah berpengalaman  dengan kepedulian terhadap kesehatan dan kepuasan masyarakat, Dasaeon.com Indonesia memiliki lebih dari 4.000 tenaga medis yang siap melayani perawatan pasien di rumah atau home care.

Jenis Pelayanan Home Care

Beberapa jenis pelayanan keperawatan di rumah dari Dasaeon.com yaitu :

Perawat Lansia

Layanan ini meliputi pemeriksaan kondisi dan diagnosa oleh perawat, merawat pasien selama 12 atau 24 jam (sesuai dengan layanan yang dibutuhkan pasien), dan pencatatan laporan secara berkala terhadap pasien. Anda bisa memesan program penyembuhan di antaranya :

  • Program Perawatan Kanker
  • Program Travel Nurse
  • Program Medical Check Up

Fisioterapi / Terapi Fisik

Layanan ini meliputi terapi rehabilitasi pada anak untuk membantu perkembangan anak, fisioterapi secara umum tergantung dengan kebutuhan pasien, dan terapi pada pasien stroke. Selain itu, fisioterapi juga bisa memulihkan cedera ketika berolahraga, sakit pada bagian punggung pada pekerja yang biasa duduk terlalu lama, dan lansia dengan penyakit osteoarthritis.

Terapi Okupasi

Layanan ini meliputi terapi untuk menjalankan kebutuhan dasar fisik (makan, cara makan, kemampuan berpindah, merawat benda pribadi, tidur, buang air besar, mandi, dan menjaga kebersihan pribadi) dan fungsi kelangsungan hidup (memasak, berpakaian, berbelanja, dan menjaga lingkungan hidup seseorang agar tetap sehat)

Terapi Wicara

Layanan ini meliputi pemeriksaan kondisi dan diagnosa oleh terapis dan melatih keterampilan dan menstimulasi fungsi wicara.

Bidan

Layanan ini meliputi pemantauan aspek fisik, psikologi dan sosial dari seorang perempuan yang hamil, dan juga periode setelah melahirkan (post-partum). Selain itu bidan juga bertindak sebagai seorang pendidik dan konselor kesehatan ibu dan anak, serta bagi keluarga dan komunitas. Bidan memberikan edukasi, konseling, perawatan kehamilan, dengan terlibat membantu secara penuh hingga periode setelah melahirkan.

Mekanisme Perawatan Home Care

Pasien yang memperoleh pelayanan perawatan di rumah (home care) dapat merupakan rujukan dari klinik rawat jalan, unit rawat inap rumah sakit,  puskesmas, dokter praktek swasta maupun permintaan keluarga pasien.

Mekanisme yang harus dilakukan antara lain :

Pasien pasca rawat inap atau rawat jalan harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter untuk menentukan apakah secara medis layak untuk dirawat di rumah (home care) atau tidak. Selanjutnya apabila dokter telah menetapkan bahwa pasien layak dirawat di rumah, maka di lakukan pengkajian oleh tim home care bersama dengan pasien dan keluarga. Setelah itu, Dasaeon.com dan pasien serta keluarga membuat perencanaan, membuat keputusan, membuat kesepakatan mengenai pelayanan home care apa yang akan diterima oleh pasien. Kesepakatan mencakup jenis pelayanan, jenis peralatan, jangka waktu pelayanan, dan sistem pembayaran. Secara periodik, tim home care Dasaeon.com akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan apakah sudah sesuai ketentuan.

Dasaeon.com merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. 

Olahraga untuk Lansia sebaiknya dalam pengawasan perawat atau ahli fisioterapi

Banyak aktivitas olahraga yang bisa dilakukan para lansia yaitu :

Senam

Kegiatan ini bisa jadi pilihan aktivitas yang baik untuk lansia. Menggerakkan tubuh sambil diiringi musik bersama dengan teman sebayanya dapat memberikan hiburan sekaligus kebugaran bagi lansia.

Berjalan kaki

Berjalan kaki dengan jalur naik turun yang akan meningkatkan intensitas dan usaha orang tua Anda. Aktivitas ini membakar kalori, memperkuat jantung, dan memperlancar sistem pembuluh darah pada lansia.

Bersepeda

Aktivitas ini dapat memperkuat bagian bawah tubuh dan meningkatkan kinerja jantung bagi lansia. Perhatikan setelan sadel dan pegangan sepeda untuk menghindari cedera panggul.

Berenang

Olahraga ini melibatkan aktivitas hampir seluruh otot tubuh. Latihan pernapasan selama berenang juga bermanfaat untuk memperkuat jantung pada lansia.

Dasaeon.com merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional.

Topik Menarik