Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Peran Penting Perawat Homecare Bagi Orangtua Anda

Berbagai masalah kesehatan bisa terjadi di hari tua karena kebiasaan buruk yang orang tua Anda lakukan bertahun-tahun selama masa muda, misalnya pola makan tinggi lemak dan kalori. Perawatan lansia umumnya mengacu keperawatan berkaitan dengan orang tua yang didampingi oleh perawat lansia. Perawat lansia bekerja di rumah sakit, pusat rehabilitasi, dan jasa layanan home care.

Mereka menyediakan informasi tentang jasa layanan perawat lansia yang bisa membantu memulihkan kesehatan orang tua Anda serta mendampinginya selama di rumah maupun di luar rumah. Orang tua lansia memerlukan perhatian yang lebih dengan layanan perawatan kesehatan daripada orang dengan kategori usia muda atau produktif. Sangat penting bagi perawat lansia untuk memiliki pengetahuan seputar lansia dan diperlukan tingkat kesabaran yang tinggi.

Layanan perawatan homecare membantu memberikan lansia denganmenemani dan memberi bantuan penting dalam kegiatan sehari-hari. Layanan dapat diberikan selama beberapa jam sehari hingga perawatan 24/7.

Dengan  perawatan home care bagi lansia memungkinkan orang dewasa yang lebih tua untuk menikmati hari tua di rumah mereka sendiri sementara perawat profesional membantu mereka dengan tugas sehari-hari yang mereka butuhkan untuk menjaga independensi yang mereka inginkan.

Kapan Harus Mencari Layanan Perawat Home Care untuk Ayah Ibu yang  Lanjut Usia?

Anda mungkin bertindak sebagai anak bagi anggota keluarga yang sudah lanjut usia dan telah berjuang dengan keputusan untuk meminta bantuan profesional.

Sebuah panti jompo atau rumah jompo mungkin terlihat seperti pilihan yang logis, tetapi trauma emosional yang dialami oleh seorang lanjut usia atau lanjut usia ketika meninggalkan rumah yang disayangi dapat membuat banyak orang kewalahan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa manula berkembang ketika mereka tinggal di rumah mereka dengan lingkungan yang akrab.

Memutuskan perawatan di rumah adalah pilihan yang sulit dan menegangkan yang melibatkan banyak faktor, termasuk logistik, emosi dan apakah biaya perawatan di rumah terjangkau. Mendapatkan keahlian dan saran dari sumber yang memili

Cara Perawat Lansia Merawat Orang Tua

Penanganan berbagai masalah kesehatan pada penyakit yang dialami lansia akan tergantung dari penyebab masalahnya, seperti :

Mengompol (inkontinensia urin)

Lansia akan dianjurkan untuk mengurangi konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh, dan soda yang dapat meningkatkan produksi urin. Namun, pengecualian terhadap konsumsi air putih yang tetap harus diminum secara rutin untuk mencegah dehidrasi. Inkontinensia urin juga dapat ditangani dengan konsumsi obat, stimulasi saraf, atau operasi. Akan tetapi, tetap diperlukan konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat pada masing-masing lansia seperti pendampingan perawat lansia.

Berkurangnya kemampuan gerak

Penanganan gangguan kemampuan gerak pada lansia dapat dilakukan dengan terapi fisik secara perlahan menggunakan alat pendukung untuk berdiri. Dengan alat ini, pasien lansia terbantu untuk belajar berdiri dan berjalan secara perlahan sehingga dapat menopang tubuhnya dan bergerak secara perlahan.

Demensia

Bila Anda menemukan orang tua yang mengalami demensia, maka pihak keluarga perlu memberikan pendampingan perawat lansia untuk memonitor kemampuan pasien dan mempertimbangkan penggunaan alat bantu mengingat. Sebab, dukungan keluarga sangat bermanfaat untuk pasien demensia.

Jatuh dan patah tulang (instabilitas postural)

Konsultasi dengan dokter bila anggota keluarga Anda yang mengalami terjatuh atau tergelincir karena oleng. Penanganan yang diberikan biasanya berupa olahraga dan fisioterapi yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, cara berjalan, dan mencegah terjatuh. Lansia juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi kalsium dan vitamin D untuk menjaga kekuatan tulang.

Isolasi atau menarik diri

Penanganan yang tepat untuk pasien lansia yang mengisolasi dirinya adalah dengan menawarkan aktivitas sosial atau dukungan berkelompok dengan ditemani perawat lansia. Para lansia dapat berperan aktif dalam kegiatan tersebut sehingga kepercayaan dirinya dalam bersosialisasi bisa meningkat dan terhindar dari rasa kesepian.

Linglung (Delirium)

Penanganan delirium pada pasien lansia perlu pendampingan perawat lansia. Hal ini bermanfaat untuk membantu pasien mengurangi tingkat kebingungannya, misalnya dengan mengingatkan waktu dan tempat suatu kejadian tertentu atau meningkatkan kontak dengan orang yang terlibat pada kejadian tersebut.

Ketika merawat orang tua, ada sejumlah hal penting yang harus menjadi bahan pertimbangan pertimbangkan.
Lansia menaruh semua kepercayaan dan kemampuan mereka kepada perawat. Mereka ingin jalan jalan walaupun mereka memiliki masalah mobilitas. Mereka ingin mengunjungi dunia di luar pintu mereka. Sekarang adalah tugas perawat untuk membantu mereka mencapai semua itu.

Kadang kita berfikir bahwa orang tua sudah tidak mempunyai keinginan tetapi lansia ingin mendapatkan teman baru. Mereka ingin mengikuti serial TV menarik yang ada kita tonton juga

Mereka ingin menikmati hidup mereka sebanyak mungkin. Perawat dan keluarga bisa menjadi teman nomor satu yang mereka cari. Kesepian adalah masalah konstan bagi para lanjut usia. Perawat dapat membantu mereka menghindari depresi. Perawat membantu lansia untuk meningkatkan kualitas hidup , merekaketika merawat orang tua di rumah secara home care.

Dengan memberikan perawatan pribadi yang berkelanjutan, perawat profesional dapat membantu orang tua Anda untuk terus hidup dengan aman, nyaman, dan bersosialisasi di rumah. Sedikit dukungan ekstra dari perawat profesional akan membuat orang tua Anda mampu untuk hidup mandiri

Ini sangat membantu dalam meningkatkan pandangan mereka tentang hidup dan meningkatkan kepercayaan diri. Kebanyakan orang lanjut usia merasa nyaman dengan tetap berada di lingkungan yang mereka kenal di mana mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka. Perawatan di rumah dapat membantu mereka tinggal di sana lebih lama dan merasakan kehidupan yang biasa mereka jalani.

Topik Menarik