Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Wedang Uwuh, Minuman Rempah Yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Di sebut dengan nama Wedang uwuh karena minuman ini seperti sampah di rebus. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang.

Isi Wedang uwuh:

1. Jahe

Beberapa khasiat jahe bagi kesehatan

 Mengatasi masalah pencernaan

Jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapat diatasi dengan jahe.

Mengurangi mual

Manfaat jahe dapat meredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker.

Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yang dilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahraga hingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic sehingga dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat membantu proses detoksifikasi, berkeringat dan dapat melindungi dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Melindungi dari kanker

Salah satu kandungan dalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasa pada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. University of Minnesota melakukan percobaan kepada sekelompok tikus, pada kelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar, sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalami pertumbuhan tumor. Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidak diberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudah terlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornya setengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

Anti peradangan

Gingerol juga bersifat anti-inflamatori. Penderita penyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik melaporkan berkurangnya rasa sakit setelah mengonsumsi jahe secara teratur. Mengonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe diperkirakan dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Manfaat jahe untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institute for Human Nutrition di Columbia University menemukan bahwa mengonsumsi jahe panas untuk diet bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan menjadi cenderung tidak makan lebih banyak berlebih
Tidak hanya itu, studi ini juga menemukan bahwa jahe dapat membantu menekan nafsu makan Anda. Hal ini terjadi karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar.

Sementara sebuah kajian baru yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, meneliti lebih dari dari 60 temuan penelitian terdahulu yang dilakukan pada kultur sel, hewan percobaan, dan manusia. Secara keseluruhan penelitian menyebutkan bahwa jahe dan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya memberikan efek menguntungkan terhadap obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Jahe pun telah terbukti mampu menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler), memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah. Bahkan, jahe bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluh darah arteri.

Dalam penelitian tersebut, dijelaskan bagaimana rempah jahe berperan dalam pembakaran lemak, pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin. Saat diumpankan ke tikus, jahe telah terbukti mengurangi berat badan dan peradangan sistemik secara signifikan, menurunkan kolesterol dan gula darah serta melindungi hati dari efek berbahaya penyakit perlemakan hati non-alkohol.

2. Cengkeh

Khasiat Cengkeh Bagi Kesehatan

Mengobati Tukak Lambung

Manfaat cengkeh yang pertama adalah mengobati tukak lambung. Penyebab tukak lambung sendiri adalah karena adanya penipisan lendir lambung atau sering juga disebut dengan asam lambung. Kondisi ini bisa disebabkan dari beberapa faktor salah satunya stres dan infeksi.

Minyak esensial dalam cengkeh bisa meningkatkan produksi lendir lambung yang bisa menghalang asam lambung sekaligus mencegah luka pada dinding lambung akibat cairan asam lambung.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Siapa sangka kalau ternyata kuncup bunga kering cengkeh mengandung senyawa yang bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih. Manfaat cengkeh bagi kesehatan lanjutannya adalah membersihkan tubuh dari racun berbahaya dan mikroba.

Sifat antibakteri yang dimiliki cengkeh ternyata mampu menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Minyak cengkeh dipercaya mampu membunuh bakteri E.coli.
Selain itu, cengkeh juga bermanfaat untuk membantu menghentikan pertumbuhan berbagai jenis bakteri di mulut. Efek antibakteri dalam cengkeh juga dapat menghambat pertumbuhan kuman di kulit penyebab jerawat.

Anti Inflamasi

Dengan mengonsumsi beberapa cengkeh, maka kesehatan tubuh kamu dipercaya akan meningkat. Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, tak heran bila banyak orang memanfaatkan cengkeh untuk mengobati peradangan dan infeksi.

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat cengkeh berikutnya adalah mampu menjaga sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Cengkeh akan merangsang sekresi enzim pencernaan, mengurangi perut kembung, mengatasi iritasi lambung, dispepsia, hingga mual. Selain itu cengkeh juga dipercaya dapat mengatasi penyakit diare kronis dan disentri kronis.

Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi bisa dibilang merupakan masalah semua orang karena kerap dirasakan bukan hanya oleh anak kecil tapi juga orang dewasa. Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi.

Cengkeh mengandung senyawa eugenol yang mampu mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Selain itu senyawa ini juga efektif mengatasi peradangan dan infeksi. Manfaat cengkeh ini jarang digunakan, namun kamu bisa mencobanya untuk mengatasi sakit gigi yang kamu derita.

Menguatkan Tulang

Selain mengatasi sakit gigi, manfaat cengkeh lainnya adalah menguatkan tulang. Kandungan dalam cengkeh yaitu ekstrak hidrokarbon termasuk senyawa fenolik seperti eugenol dan turunannya seperti flavon, isoflavon, dan flvonoid dapat membantu dalam menjaga kepadatan tulang dan kandungan mineral tulang. Manfaat cengkeh juga bisa menguatkan tulang dalam kasus osteoporosis.

Meredakan Nyeri

Jika kamu mengalami nyeri akibat peradangan, kamu bisa gunakan cengkeh untuk meredakan sakitnya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kandungan senyawa kimia di dalam cengkeh dapat memberi efek antinyeri, antiradang, dan mencegah kerusakan sel saraf. Akan tetapi, masih diperlukan studi klinis pada manusia untuk memastikan manfaat cengkeh yang satu ini.

Mencegah Rambut Rontok

Manfaat cengkeh selanjutnya adalah dapat membuat rambut menjadi lebih sehat. Caranya sangat mudah cukup dengan menggunakan minyak cengkeh sebagai kondisioner. Aplikasikan minyak cengkeh pada kulit kepala selama 5 sampai 15 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Kayu manis

Khasiat Kayu Manis Bagi Kesehatan

 Mencegah Diabetes

Kayu manis dipercaya dapat mengontrol kadar glukosa darah. Dengan mengontrol glukosa darah sehingga dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Mengurangi Rasa Nyeri Haid

Kandungan serat dan protein pada kayu manis sangat disarankan untuk dikonsumsi wanita ketika haid. Dengan kandungan tersebut membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi karna kontraksi otot pada rahim.

Untuk Kesuburan

Kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi kesuburan. Bagi pasangan suami istri yang belum memiliki keturunan disaranan untuk mengkonsumsi kayu manis setiap hari.

Menyeimbangkan hormon

Senyawa yang terkandung dalam kayu manis dapat mengontrol dan menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh. Dengan mengonsumsi secara teratur dapat menurunkan hormon progesteron dan menurunkan hormon testoteron.

Mencegah Penggumpalan Darah

Jika terjadi radang dan pembengkakan, kamu dapat mengonsumsi kayu manis. Ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah.

Mengurangi Sakit Rematik

Manfaat kayu manis lainnya yaitu dapat mengurangi sakit rematik. Sitikon yang mengakibatkan terjadinya rematik dapat dikurangkan oleh kayu manis.

Mencegah Penyakit Jantung

Anti inflamasi yang terkandung dalam kayu manis berguna untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan tersebut dapat membantu melindungi jantung dari bakteri atau infeksi pengganggu.

Obat untuk Anti Bakteri

Bakteri yang ada di mana-mana bisa masuk ke dalam tubuh kita. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh belum tentu tubuh bisa menahannya. Maka dengan mengkonsumsi kayu manis dapat menjaga kekebalan tubuh yang mampu menangkal bakteri jahat masuk.

Menghangatkan Tubuh

Kayu manis dipercaya dapat menghangatkan tubuh. Di luar negeri, ketika musim dingin tiba biasanya mereka mengkonsumsi kayu manis untuk menghangatkan tubuh.

Mengatasi Alzheimer

Manfaat selanjutnya dari kayu manis adalah mengatasi alzheimer. Antioksidan yang terkandung dalam kayu manis dapat dipercaya menghambat penumpukan protein di otak yang merupakan salah satu penyebab utama alzheimer.

Kecantikan Kulit

Sumber serat yang terkandung dalam kayu manis dapat menghilangkan racun dalam tubuh. Racun yang menumpuk dalam tubuh akan membuat kulit kusam. Sehingga jika kita mengkonsumsi kayu manis dapat membuat kulit kita lebih bercahaya.

Namun di samping manfaat kayu manis yang bagus untuk kesehatan, juga terdapat beberapa efek samping yang akan dirasakan. Disebagian orang yang mengkonsumsi kayu manis akan merasakan efek wajah memerah dan memanas, peningkatan denyut jantung, dan sesak napas. Sebaiknya hentikan pemakaian jika kamu merasakan efek tersebut.

4. Pala kering

Manfaat Biji Pala Bagi Kesehatan

 Mengatasi Depresi dan Kecemasan

Senyawa myristicin dan elemicin di dalam biji pala memberikan efek menenangkan dan anti-kecemasan ringan dengan mengaktifkan neurotransmitter serotonin serta dopamin di dalam otak. Hal ini juga membantu tubuh dan pikiran mengatasi stres.

Penelitian tahun 2012 yang diterbitkan Avicenna Journal of Phytomedicine pertama kali meneguhkan potensi manfaat antidepresan dari biji pala. Didapati bahwa kemampuan seperti antidepresan mungkin berkat efek modulasi pala pada monoamina sentral.

Biji pala sangat bermanfaat untuk menjaga ketajaman pikiran dan meningkatkan kesehatan otak. Bahkan peradaban Romawi dan Yunani kuno telah menggunakan pala sebagai minuman tonik untuk otak.

Sebuah penelitian tahun 2009 yang diterbitkan Journal of Neuroimmunology mendapati bahwa biji pala hitam liar memberikan manfaat bagi otak serta sistem saraf.

Untuk menjaga kesehatan otak yang baik, tuangkan sejumput bubuk pala ke dalam segelas air hangat dan minumlah sekali sehari setiap sebelum tidur.

Mengatasi Insomnia

Kemampuan menenangkan yang dipunyai biji pala berfungsi sebagai obat tidur alami. Selain itu, rempah ini kaya akan magnesium yang membantu mengurangi tegang pada saraf. Magnesium juga merangsang pelepasan serotonin, sehingga menciptakan perasaan rileks atau tenang.

Anti Inflamasi

Biji pala mengandung banyak minyak atsiri esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi, seperti myristicin, elemicin, dan eugenol. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

Dalam penelitian tahun 2016 yang dimuat Food and Nutrition Research, para periset menyuntikkan tikus dengan minyak pala untuk memeriksa efek anti-inflamasi serta analgesiknya pada nyeri kronis. Temuannya memperlihatkan bahwa minyak pala sanggup meredakan bengkak dan nyeri pada sendi yang berkaitan dengan peradangan kronis.

Mengobati Jerawat

Ada juga manfaat pala untuk menyembuhkan jerawat, salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Kemampuan antioksidan alaminya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang penting dalam menjaga kulit bebas dari jerawat.

Biji pala juga dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit akibat jerawat. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan luka bekas jerawat.

Melancarkan Pencernaan

Biji pala bagus untuk sistem pencernaan karena meringankan mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, gas, diare, dan juga gejala-gejala penyakit Crohn. Pala membantu meningkatkan sekresi cairan lambung dan usus, sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Minyak esensial di dalam biji pala memiliki efek karminatif pada sistem pencernaan. Suatu penelitian tahun 2002 yang dipublikasikan Methods and Findings in Experimental and Clinical Pharmacology mendapati bahwa ekstrak biji pala membantu mengatasi diare pada uji coba hewan.

Mencegah Kerusakan dan Lubang Gigi

Tersedia juga manfaat pala bagi kesehatan mulut. Karena memiliki sifat anti-bakteri, biji pala mampu secara efektif membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut untuk membantu mencegah kerusakan dan lubang pada gigi. Pala juga efektif mencegah dan mengatasi bau mulut, yang biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut.

Mengoptimalkan Kekebalan Tubuh

Biji pala bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan mineral serta vitamin di dalamnya yang memperkuat manfaat antioksidannya. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang melemahkan kekebalan tubuh.

Biji pala juga kaya akan potasium, zat besi, dan mangan yang berperan penting dalam memperbaiki kekebalan tubuh. Penelitian tahun 2013 yang diterbitkan Journal of Al-Nahrain University melaporkan bahwa ekstrak etanol dan aseton dari pala menciptakan aktivitas anti-bakteri melawan spesies bakteri Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus.

Membantu Detoksifikasi

Detoksifikasi yang baik dibutuhkan oleh tubuh. Untuk membantu detoksifikasi dan meningkatkan fungsi liver, Anda bisa menggunakan manfaat biji pala. Pala membantu membersihkan liver dan ginjal dari racun sekaligus menguatkan fungsi mereka.s

Biji pala juga kaya akan antioksidan yang membantu mengaktifkan enzim-enzim dalam liver untuk menyingkirkan racun-racun. Juga, kandugnan mangnesium di dalamnya dibutuhkan untuk detoksifikasi sel-sel. Pala juga membantu mendetoksifikasi logam dari dalam tubuh.

Memperbaiki Libido Pria

Biji pala dianggap sebagai salah satu rempah yang bersifat afrodisiak. Berkat kemampuan vasodilator dan melenturkan ototnya, senyawa eugenol dalam pala bertanggung jawab atas sejumlah efek afrodisiaknya. Bukan hanya itu, kandungan magnesium dan potasium juga adalah dua nutrisi penting yang dibutuhkan untuk produksi hormon seks.

Sebuah penelitian tahun 2003 yang dimuat BMC Complementary & Alternative Medicine mendapati bahwa ekstrak (50 persen etanol) dari pala dan cengkeh mampu meningkatkan aktivitas seksual pada uji coba hewan.

5. Serutan Kayu Secang

Khasiat Kayu Secang Bagi Kesehatan

 Bersifat Antimikroba

Air hasil rebusan kayu secang mengandung antimikroba dengan kadar metanol di dalamnya sehingga dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus yang tahan terhadap methicillin. Bakteri methicillin dapat menyebabkan infeksi kulit, infeksi persendian dan juga keracunan. Oleh karena itu kayu secang dapat menjadi penangkal bakteri ini.

Mengurangi Timbulnya Jerawat

Kandungan brazilein dan pigmen merah pada ekstrak kayu terbukti dapat melawan Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat dan radang kelopak mata.

Kaya Antioksidan

Teh dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi namun juga memiliki tingkat keasaman yang dapat menyebabkan kecanduan kafein. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan yang lebih lama, kayu secang adalah pilihan bijaksana.

Bersifat Anti Alergi

Dari studi yang telah dilakukan terdapat senyawa sappanchalcone yang memiliki sifat anti alergi. Oleh karena itu rebusan kayu secang baik diminum oleh orang yang memiliki alergi.

Membantu Melawan Kejang

Ekstrak patimugam yang terdapat di dalam kayu secang dapat meningkatkan aktivitas antikonvulsan atau anti kejangsehingga dapat meredakan dan mengurangi frekuensi kejang.

Baik untuk Jantung

Zat brazilein dan pigmen merah pada kayu secang dapat memiliki efek yg positif untuk kesehatan dan kekuatan jantung.

Mengobati Tumor dan Kanker

Kandungan kloroform, metanol air, dan n-butanol yang ada di dalam kayu secang dapat bersifat antikanker. Senyawa ini mampu menghambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker juga tumor.

Meningkatkan Imunitas

Senyawa fenolik dan flavonoid memiliki sifat antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif. Zat ini menghambat pembentukan radikal bebas yang merusak imunitas tubuh.

Mengobati Asam Urat

Kandungan sappanchalcone dan caesalpin di dalam kayu secang mampu mengatasi peradangan yang terjadi pada penyakit asam urat dan sendi.

Mengobati Diare

Kandungan galat, oscimine, resin, brazilin, resorsin dan tanin mampu mengatasi gejala diare. Konsumsi rebusan air secang saat diare akan membantu menghentikan diare secara alami.

Mengatasi Diabetes

Kandungan brazilin juga mampu menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes. Senyawa penting seperti kaesalpin, protosappanin, dan sappan kalkon merupakan senyawa yang bertindak sebagai inhibitor atau penghambat enzim aldosa reduktase yang memicu timbulnya komplikasi diabetes.

Cara Membuat Wedang Uwuh

  • Bakar jahe, lalu digeprek hingga pipih.
  • Didihkan air lalu masukkan jahe untuk direbus hingga sarinya keluar.
  • Masukan juga cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, dan gula batu.
  • Rebus wedang dan semua bahan hingga mendidih, proses ini bisa memakan waktu selama 15 menit
  • Jika sudah mengeluarkan warna merah bata minuman dapat diangkat dan tuangkan dalam gelas.
  • Wedang uwuh bisa dihidangkan dengan disaring atau tanpa disaring.
  • Selamat menikmati minman lezat tinggi manfaat ini

Topik Menarik