Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Perawatan untuk Penderita Lupus

Apa itu penyakit lupus?

Penyakit lupus adalah penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang organ tubuh Anda sendiri. Penyebab penyakit lupus sendiri biasanya datang dari paparan sinar matahari, infeksi, ataupun penggunaan obat-obatan tertentu. Gejala penyakit lupus itu sendiri berbeda-beda, tergantung dari bagian tubuh yang terserang. Meskipun belum ada obat yang secara pasti bisa menyembuhkan lupus, perawatan yang tepat bisa mencegah penyakit lupus berkembang menjadi komplikasi penyakit yang kritis seperti gagal ginjal, stroke dan kejang, anemia, pembekuan darah, radang selaput dada, dan serangan jantung. Pengobatan atau perawatan penyakit lupus perlu dilakukan secara terus menerus, dengan tujuan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Penderita lupus disarankan segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Hindari konsumsi sembarang obat karena bisa memperburuk gejala lupus. Obat yang biasa dikonsumsi untuk penderita lupus salah satunya adalah obat imunosupresif. Namun tetap saja, penggunaan obat ini harus dibawah pengawasan dokter.  

Penderita penyakit lupus biasanya mengalami penurunan kemampuan dalam beraktivitas. Penderita lupus akan merasakan tubuh yang lemas luar biasa, otot organ pernapasan akan melemah sehingga menyulitkan penderita melakukan aktivitas sehari-hari, seperti yang pernah dialami oleh salah satu publik figur di Indonesia beberapa tahun silam. Gangguan saraf mata, kehilangan kemampuan untuk berjalan, sampai kelumpuhan membuat penderita lupus membutuhkan perawatan 24 jam.

Jenis Penyakit Lupus

Penyakit lupus terbagi dalam beberapa tipe, tergantung cara terjangkit dan penularannya, yaitu:

Lupus Eritematosus Sistemik (SLE)

Lupus SLE merupakan yang paling sering terjadi (70 persen kasus di dunia). Gejala umumnya termasuk kelelahan, peka terhadap sinar matahari, rambut rontok, nyeri sendi dan bengkak, demam, ruam kulit dan sakit ginjal. Berat atau tidaknya lupus SLE tergantung dari organ tubuh mana yang diserangnya. Untuk mengetahui pasti apakah terjangkit penyakit ini atau tidak, perlu kombinasi dari gejala-gejala fisik yang terlihat dan hasil laboratorium.

Cutaneus Lupus Erythematosus (CLE)

Lupus CLE gejalanya terlihat d kulit. Bila terserang penyakit ini, kulit akan mengalami ruam kemerahan, rambut rontok, pembuluh darah membengkak, bisul, dan sensitif terhadap sinar matahari. Untuk memastikan, dokter harus memeriksa sampel kulit dengan mikroskop untuk tahu apakah memang benar menderita lupus CLE.

Lupus karena Obat-Obatan

Penyakit lupus juga bisa menyerang orang yang sering mengkonsumsi obat-obat untuk kondisi kronis seperti kejang dan tekanan darah tinggi. Obat yang digunakan biasanya adalah procainamide, hydralazine, fenitoin, etanercept dan adalimumab. Gejalanya bisa berupa nyeri sendi, otot serta demam ringan. Seringkali penyakit ini akan hilang bila penggunaan obat-obat tersebut dihentikan.

Tak hanya itu saja, penyakit lupus juga ternyata identik dengan ras-ras tertentu. Orang-orang asal Afrika, Latin dan Asia memiliki resiko terserang lupus lebih tinggi daripada orang Eropa atau ras Kaukasian. Para ahli belum bisa menemukan penyebab hal ini.

Gejala Penyakit Lupus

Penyakit lupus ini di sebut penyakit dengan 1000 wajah karena mempunyai berbagai gejala yang musti di kenali dengan baik. Bila gejala ini timbul, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Apakah gejala dari penyakit lupus ini?

  • Pembengkakan pada sendi
  • Sendi terasa nyeri dan sakit
  • agian mulut dan hidung yang timbul luka namun tak kunjung sembuh bahkan hingga berbulan-bulan
  • Rambut rontok
  • Keluarnya darah bersama urin
  • Terdapat ruam di bagian permukaan kulit
  • Demam
  • Dada terasa sakit
  • Kesulitan untuk bernafas
  • Kejang-kejang
  • Kulit yang mudah terbakar saat terkena sinar matahari
  • Mudah merasa lelah
  • Badan terasa pegal-pegal dan tidak enak
  • Muncul bercak merah di are wajah, terutama di bagian pipi yang mirip seperti kupu-kupu
  • Kulit menjadi bersisik

Home Care Penderita Penyakit Lupus

Perawatan ini bisa dilakukan di rumah dengan memenuhi seluruh kebutuhan pasien. Pemasangan alat bantu pernapasan, alat bantu berjalan, pengawasan pengobatan, sampai bantuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi, buang air  dan sebagai, akan diberikan oleh perawat home care. Di Dasaeon.com, kami menyediakan pilihan perawat terluas dengan tarif yang terjangkau. Kami bisa memberikan perawatan terbaik untuk penderita penyakit lupus di rumah.

Topik Menarik