Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Kesehatan

Bahaya! Ini Risiko Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda, hampir semua orang menyukai minuman yang bisa memberikan sensasi kesegaran ini. Namun, minuman bersoda ternyata memiliki cukup banyak efek negatif untuk kesehatan tubuh. Kerugian ini akan muncul jika Anda mengonsumsi minuman bersoda pada jumlah yang berlebihan. 

Dalam minuman bersoda ukuran kecil 350 ml setara dengan 100 kalori, 40 gram gula, atau 9 sendok teh gula. Padahal , asupan gula per hari untuk tubuh normalnya berkisar 4 sendok teh saja. Dalam 20 tahun terakhir, konsumsi gula telah meningkat. Hal ini bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan metabolisme, hipoglikemia, atau lemahnya sistem imun juga jadi sangat umum terjadi.

Dampak Mengonsumsi Minuman Bersoda

Membahayakan ginjal

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi minuman bersoda 2 kali sehari dapat membuat kerusakan pada ginjal. Hal ini bisa terjadi karena kandungan minuman bersoda terdiri dari pemanis dan pewarna buatan, kafein dan asam fosfat.

Meningkatkan risiko diabetes

Para penderita penyakit diabetes harus sangat dibatasi untuk mengonsumsi gula. Hal ini karena hormon insulin yang ada di dalam tubuhnya tidak cukup, bahkan tidak sanggup untuk mengubah zat gula menjadi gula otot (glikogen). Akibatnya, gula darah (glukosa) akan meningkat dan membahayakan.

Ingat, diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang bisa memicu penyakit yang lain, misalnya stroke dan kerusakan jantung koroner.

Meningkatkan risiko obesitas

Bahaya minuman soda selanjutnya adalah meningkatkan obesitas. Bahaya minuman berkarbonasi ini disebabkan karena kandungannya yang kaya akan kalori. Kalori berlebihan yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan risiko obesitas. Tidak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak juga bisa menderita obesitas.

Gangguan pada otak

Pemanis buatan seperti aspartame yang mengandung fenilanin biasanya ditambahkan dalam minuman bersoda. Zat ini berisiko menyebabkan kerusakan otak, kejang dan masalah kesehatan lain pada mereka yang mengalami gangguan genetik fenilketonuria.

Menyebabkan kerusakan gigi

Bahaya minuman bersoda lainnya yang bisa Anda alami adalah kerusakan gigi. Pada umumnya, minuman bersoda mengandung kadar gula yang tinggi seperti fruktosa dan glukosa. Kedua zat itu bisa meningkatkan risiko gigi berlubang.

Selain gula, bahaya soda juga bisa menyebabkan kerusakan enamel akibat kandungan asamnya. Guna mengurangi kerusakan gigi, Anda bisa teratur menggosok gigi atau minum menggunakan sedotan.

Rasa tidak nyaman pada perut

Minuman bersoda dapat menyebabkan gas tambahan dalam sistem pencernaan. Meskipun hal ini tidak berbahaya, hal itu bisa menyebabkan Anda sering bersendawa atau perut kembung. Selain itu, gas dalam saluran pencernaan juga dapat meningkat jika Anda minum air berkarbonasi terlalu cepat.

Sementara itu, jika Anda memiliki masalah pada pencernaan seperti sindrom iritasi usus, gas tambahan dari air berkarbonasi dapat menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan di perut Anda.

Meningkatkan asam lambung

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Selain di dada, sensasi panas juga bisa terjadi di perut dan berpotensi menjadi bahaya apabila sering terjadi.

Gas ekstra dalam minuman berkarbonasi menciptakan lebih banyak tekanan di perut Anda, meningkatkan kemungkinan bahwa perut Anda akan memuntahkan isinya ke atas.

Menyebabkan kerusakan hati

Beberapa fungsi hati bagi tubuh adalah menghasilkan protein, membantu proses pencernaan dan menghancurkan racun di dalam darah. Sebuah penelitian mengungkapkan bahaya minuman bersoda adalah menyebabkan penyakit hati, terutama bagi mereka yang minum dua kaleng dalam sehari.

Menyebabkan kelahiran prematur

Tidak hanya pada orang normal, bahaya minuman bersoda juga bisa terjadi pada ibu hamil. Sebuah penelitian mengungkapkan, wanita hamil yang rutin mengonsumsi minuman bersoda ditemukan lebih mungkin untuk melahirkan prematur.

Menyebabkan penuaan dini

Bagi Anda yang ingin selalu terlihat muda, sebaiknya harus menghindari minuman bersoda. Bahaya minuman bersoda ini terkait dengan kandungan fosfat di dalamnya yang bisa mempercepat proses penuaan.

Tidak hanya buruk dalam hal kerutan, bahaya soda lainnya juga terkait dengan komplikasi kesehatan seperti penyakit ginjal kronis dan kalsifikasi kardiovaskular.

Itulah beberapa bahaya minuman bersoda yang bisa terjadi pada tubuh Anda. Sementara jika Anda ingin sekali untuk mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya konsumsi minuman soda diet. Soda diet relatif aman karena kadar pemanis buatannya dianggap tidak membahayakan kesehatan. Namun, minuman ini bukanlah minuman yang baik dikonsumsi setiap hari.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik