Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Fitness

Tips Olahraga Tetap Aman dan Konsisten

Kualitas udara di kota besar yang buruk cukup membuat masyarakat khawatir. Namun di sisi lain, untuk mempertahankan tubuh agar selalu sehat, seseorang disarankan untuk tetap bergerak atau berolahraga. Meski polusi udara masih mengintai, tetap ada cara bagi Anda yang ingin beraktivitas fisik dan tetap sehat di luar rumah.

Untuk melindungi diri Anda dari polusi udara, sebaiknya hindari orang yang merokok, tempat yang padat kendaraan (jalan raya dan terminal), mengatur ventilasi rumah dengan baik, serta pastikan lingkungan rumah bebas kotoran dan debu.

Lantas, apakah polusi udara menjadi alasan Anda tidak berolahraga? Tentu saja tidak. Anda tetap bisa berolahraga dengan melakukan lima tips aman seperti :

Pilih tempat yang banyak dikelilingi pepohonan hijau

Anda bisa memilih tempat ini, misalnya di taman sekitar rumah atau di sekitar Ruang Terpadu Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang biasanya memang banyak pepohonan. Sirkulasi udara di sekitar yang banyak pepohonan biasanya memang sangat baik karena teduh dan banyak pasokan oksigen.

Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu untuk berolahraga juga penting dilakukan. Jangan memilih waktu saat siang hari atau sore hari ketika rush hour. Biasanya pada saat itu, polusi dalam tingkat paling mengkhawatirkan. Pilihlah waktu di pagi atau malam hari. Biasanya, pada waktu-waktu itu lebih aman karena tingkat polusi sudah mulai turun.

Pakai masker khusus olahraga

Ketika berolahraga, kebutuhan akan oksigen menjadi lebih banyak. Untuk menghindari polutan ini, Anda dapat berolahraga sambil memakai masker khusus olahraga.

Jangan pakai masker yang sekali pakai karena ada kemungkinan pernapasan jadi sesak dan Anda malah tak bisa beraktivitas dengan maksimal. Ketika kekurangan oksigen, tubuh akan lemas, bahkan bisa mengurangi tingkat kesadaran dan pingsan.

Anda bisa coba olahraga indoor

Saat polusi udara sudah sangat buruk, pilihan aman adalah mencoba olahraga dalam ruangan (indoor). Anda bisa ikutan gym, yoga, atau senam. Selain itu, Anda juga bisa mencoba futsal, bulu tangkis, dan basket yang sering juga dimainkan di dalam ruangan.

Hindari daerah padat

Tingkat polusi tertinggi biasanya berjarak 50 kaki (15 meter) dari jalan. Untuk itu, hindari daerah yang sibuk, padat, serta memiliki tingkat kemacetan tinggi. Banyak cara untuk tetap olahraga saat polusi udara mengkhawatirkan. Jadi, jangan ragu lagi berolahraga dengan menjalani lima tips tersebut. Selain dengan olahraga, pastikan juga Anda mengonsumsi makanan sehat dan bersih agar daya tahan tubuh semakin prima.

Tips Tetap Konsisten Berolahraga

Ada saatnya ketika Anda ingin berolahraga namun perasaan malas melanda, maka Anda pun membutuhkan motivasi ekstra untuk tetap melakukan olahraga. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan olahraga agar tidak lagi merasa kemalasan dan kelelahan.

Cari Olahraga yang Bisa Dinikmati

Jangan mengikuti olahraga yang dilakukan teman. Carilah olahraga yang benar-benar membuat Anda nyaman. Jika Anda menyukai olahraga dengan intensitas tinggi bisa melakukan jogging, zumba ataupun aerobik. Namun sebaliknya, jika Anda menyukai olahraga dengan intensitas rendah bisa melakukan yoga, bersepeda atau jalan santai.

Buat Jadwal Olahraga

Jadwalkan beberapa hari dalam seminggu dan tandai di kalender Anda untuk berolahraga. Berikan diri Anda jeda untuk beristirahat. Bangun motivasi seperti jika Anda menetapkan tujuan untuk berolahraga lima hari dalam seminggu namun hanya empat kali, maka itu dianggap sebagai kegagalan. Sebaliknya, berikan diri Anda rentang yang lebih realistis seperti tiga atau empat hari dalam seminggu.

Tentukan Target Berolahraga

Banyak orang menetapkan target berolahraga seperti membentuk badan menjadi six-pack atau menurunkan berat badan. Untuk tetap termotivasi, pastikan Anda tidak bosan dan terus berolahraga pada tingkat yang stabil, Anda perlu menetapkan target yang lebih simpel dan realistis.

Jika sudah menentukan target, maka selanjutnya Anda bisa menentukan olahraga yang cocok dan sesuai dengan targetnya.

Usahakan Olahraga di Pagi Hari

Sebagian orang lebih mudah membangun motivasi di pagi hari dan merencanakan olahraga sesuai kebutuhan. Hal ini dikarenakan jika olahraga dilakukan pada malam hari, tubuh Anda akan merasa lelah dan banyak kegiatan yang bisa mengganggu jadwal latihan Anda seperti bertemu dengan teman sepulang kantor atau terjebak macet hingga larut malam.

Olahraga di pagi hari bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Berdasarkan penelitian dari The Journal Vascular Health and Risk Management, orang sering merasa lebih berenergi sepanjang hari setelah berolahraga di pagi hari. Hal ini berefek pada lebih bersemangat menjalankan aktivitas dan kegiatan tertata selama sehari penuh.

Selalu Membawa Pakaian Olahraga

Hambatan yang bisa membuat Anda tidak berolahraga salah satunya seperti harus pulang setelah bekerja untuk mengganti pakaian latihan sebelum menuju ke tempat gym. Sebaiknya, bawa pakaian latihan Anda saat ingin berangkat kerja untuk olahraga di malam hari.

Dengarkan Musik yang Membangun Mood

Penelitian menemukan bahwa olahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan durasi berolahraga untuk pria dan wanita. Musik meningkatkan suasana hati dan mendorong gerakan menjadi lebih semangat. Mendengarkan musik juga bisa mengurangi rasa lelah saat melakukan olahraga yang cukup berat. Mendengarkan musik saat berolahraga bisa membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih tenang.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik