Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Diet

Makanan Terbaik Untuk Awet Muda

Penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat membantu secara dramatis mengurangi kerusakan akibat radikal bebas (kerusakan sel) dan memperlambat proses penuaan sehingga dapat membuat kita terlihat selalu awet muda. Makanan seperti ini banyak disebut orang dengan superfood atau makanan super ini mengandung nutrisi yang kuat dan memiliki kapasitas anti-oksidan dan anti aging yang tinggi.

Secara umum, makanan super ini adalah makanan utuh yang sesedikit mungkin diproses atau ditambahkan bahan pengawet sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi dampak penuaan. Semua makanan yang termasuk dalam superfood ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi serta super kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa kuat yang melindungi sel-sel kita dari penuaan dini dengan melawan oksidasi dan peradangan sehingga mampu membuat kita terlihat awet muda.

Cari Tahu : Berbagai Jenis Antioksidan Yang Terdapat Dalam Makanan

Daftar makanan anti aging untuk selalu awet muda:

Buah Delima

Setengah cangkir biji delima mengandung 15% kebutuhan vitamin C harian Anda, antioksidan yang dapat menangkis kerusakan kulit dan penuaan dini. "Buah delima  juga mengandung nutrisi punicalagin, yang mungkin melawan pemecahan kolagen, membantu menjaga kesehatan sendi," jelas Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis Belly Fat Diet for Dummies.

Susu

Seiring bertambahnya usia, Anda kehilangan tulang dan otot. Susu dapat menjadi solusi untuk membantu mengatasi hal ini karena dikemas dengan dua nutrisi anti penuaan sederhana, karena susu mengandung protein dan kalsium. Bila tidak terlalu suka susu, Anda dapat minum smoothies, ice cream, cheese cake, yoghurt, dan lainnya. Hampir semua makanan tersebut mengadung susu sehingga mampu membuat kita selalu terlihat awet muda. Seperti bayi yang selalu mengkonsumsi susu.

Havermut

Mengonsumsi makanan kaya serat  seperti roti gandum dan buah dapat mengurangi risiko berkembangnya sejumlah penyakit-kanker, jantung, masalah pernapasan, atau depresi. Siapkan oatmeal malam hari dengan yogurt dan jeruk menjadi sarapan yang unik.  Atau taburi oat di atas mangkuk smoothie.

Tomat

Mengonsumsi sayuran ini dapat mencegah kerusakan karena pengaruh sinar UV seperti keriput. Tomat juga mengandung lycopene pigmen warna merah yang tinggi.  Tomat yang dimasak bagus untuk kulit Anda juga. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita menyerap lycopene lebih mudah dari pasta tomat dibanding dari tomat segar.

Bawang Putih

Bawang putih terkenal memiliki banyak kandungan berguna untuk kesehatan tubuh. Tambahkan kedalam makanan setipa kali memasak tumis, sup, atau olahan lain, makan kita dapat selalu awet muda dan  meningkatkan kesehatan jantung. Bawang putih dikatakan mencegah penyakit jantung dan stroke dengan memperlambat pengerasan pembuluh arteri. Ramuan ini juga dapat membantu melawan peradangan dan kerusakan tulang rawan yang berhubungan dengan arthritis serta memiliki khasiat anti aging yang tinggi.

Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein yang berguna melindungi penglihatan Anda. Manfaat nutrisi pada kuning telur karena dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi terkait usia.

Strawberry

Buah berwarna merah ini mengandung flavonoid (bahan kimia sehat yang memberi buah dan sayuran warna cerah mereka) dengan kekuatan antioksidan yang bisa membuat jantung Anda tetap sehat.  Bila Anda memakannya dengan teratur maka Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain stroberi buah yang mengandung flavonoid adalah apel dan pir.

Blueberry

Blueberry ini memiliki kandungan antioksidan tertinggi dari semua buah. "Mengonsumsi makanan blueberry telah menunjukkan kemampuan untuk melawan penurunan kognitif terkait usia serta mampu membuat awet muda," jelas Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis Belly Fat Diet for Dummies. Blueberry juga kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan anti penuaan yang disebut anthocyanin. Inilah yang memberi blueberry warna biru serta memberikan efek awt muda bagi siapa saja yang memakannya. Makanan yang mengandung antioksidan dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi dengan memperbaharui respons tubuh terhadap inflamasi dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

Kunyit

Indonesia negara beruntung karena memiliki beragam rempah menakjubkan. Salah satunya bumbu utama kari yaitu kunyit. Karena manfaat kunyit pada makanan bisa membuat pikiran awet muda. Penyebab potensial Alzheimer's Disease adalah terjadinya pembentukan plak di otak. "Penelitian awal menunjukkan bahwa kurkumin sebagai salah satu komponen aktif dalam kunyit, dapat mengikat plak dan mencegah berkembangnya penyakit," ungkap Natalie Rizzo, MS, RD, seorang ahli diet di New York City. Masukkan kunyit dalam telur orak-arik.

Kacang-Kacangan

Dalam sebuah penelitian, konsumsi kacang biasa dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah akibat kanker, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan.  Campuran kacang, almond, pistachio dan kenari untuk camilan atau campuran makanan.

Bayam

Bayam sangat membantu untuh hidrasi dan penuh kandungan antioksidan yang membantu mengoksidasi dan memenuthi kebutuhan  seluruh tubuh. Bayam kaya akan:

  • Vitamin A, C, E, dan K
  • Magnesium
  • Besi heme nabati
  • Lutein

Kandungan vitamin C tinggi berdaun hijau serbaguna ini meningkatkan produksi kolagen untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus. Tapi itu belum semuanya. Vitamin A yang disediakannya dapat meningkatkan rambut yang kuat dan berkilau, sementara vitamin K telah diperlihatkan sebagai sumber terpercaya untuk membantu mengurangi peradangan pada sel.

Cari Tahu : Manfaat Jeruk Lemon Untuk Rambut

Ubi Jalar

Warna oranye dari ubi jalar berasal dari antioksidan yang disebut beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A. Makanan yang mengadung vitamin A sumber alami dipercaya sebagai vitamin yang dapat membuat awet muda, membantu mengembalikan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan pada akhirnya berkontribusi pada kulit yang lembut dan tampak muda. Umbi yang lezat ini juga merupakan sumber vitamin C dan E yang sangat bagus - keduanya dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas berbahaya dan membuat kulit kita tetap berseri.

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah sumber protein yang sangat mudah dicerna dan berkualitas tinggi. Selain itu, ikan salmon ini juga kaya akan nutrisi yang mampu membuat awet muda seperti vitamin D dan E. Salmon juga merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3. Selain menjadi anti-inflamasi dan integral untuk kesehatan jantung, asam lemak omega 3 juga dapat meningkatkan penampilan dan membuat kulit cerah serta mengurangi garis-garis halus.

Madu Hutan

Madu hutan asli ini sangat banyak mengandung vitamin B6, C, thiamin, niasin dan kalsium dan kaya akan anti-oksidan. Penelitian juga membuktikan bahwa madu dapat membantu melawan penurunan daya ingat dan kecemasan. Madu hutan ini memiliki perbedaan dengan madu hasil budidaya karena bunga dan nektar yang menjadi makanan dari lebah-lebah madu ini bebas dari pestisida.

Nah, saatnya jangan merasa bersalah untuk  memasukan beragam camilan ini dalam konsumsi harian. Selain enak,  mengenyangkan juga menjadi makanan super anti aging yang membuat awet muda. Kandungan antioksidan yang tinggi merupakan tanda kemampuan melawan radikal bebas sehingga mampu untuk menjaga kulit wajah tetap sehat dan bersinar.

Topik Menarik