Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Ibu dan Anak

Sambut Libur Lebaran, Ajak Anak Lakukan Kegiatan Positif

Hari libur lebaran memang lebih seru bila dilakukan bersama si buah hati. Selain bisa melepas penat setelah disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari, mengajak anak berkegiatan juga bisa meningkatkan kedekatan bersamanya.

Tidak sulit untuk menciptakan kedekatan antara Anda dan si kecil. Carilah kegiatan yang membuat anak semakin dekat dengan keluarga dan merasa bahagia sehingga mampu menumbuhkan rasa semangat untuk terus berpuasa, seperti empat kegiatan berikut ini.

Berbincang Bersama

Sebagai titik awal, Anda dan si kecil bisa ngobrol bersama. Duduk bersama atau tidur-tiduran di atas kasur bersama dengan berbincang mengenai hal-hal terkait Ramadhan dan keseharian masing-masing dalam menyambut Ramadhan. Berbincang bincang dengan anak juga akan menambahkan kedekatan dan kepercayaan anak kepada Anda sehingga anak dapat mengemukakan masalah bila mereka ada masalah. Dengan demikian, sebagai orang tua, Anda dapat membantu memberi pandangan dan pendapat agar anak dapat belajar mengambil keputusan dari masalah yang dia hadapi

Menonton Film Bersama Anak

Anda bisa mengajak si kecil menonton film di bioskop atau menonton di rumah. Tapi sebelum berangkat, pastikan ada film khusus untuk anak-anak. Jika tidak ada, Anda bisa memanfaatkan layanan streaming film untuk menonton film kesukaan si kecil di rumah. Jangan lupa siapkan takjil atau camilan jika jam tayang bioskop mendekati waktu berbuka puasa.

Membaca Buku Bertemakan Ramadhan

Aktivitas seru lainnya yaitu mengajak si kecil untuk membaca buku bertemakan Ramadhan dimana kegiatan ini akan membuat ia semakin terdorong untuk membangun pemahaman mengenai keyakinannya sebagai seorang Muslim. Pilihlah buku-buku bergambar yang menceritakah kisah para Nabi yang dikemas sedemikian rupa untuk anak kecil seusia anak Anda. Setelah itu, diskusikan mengenai nilai moral dan pelajaran berharga yang didapatkan dari cerita tersebut.

Ajak Anak Belanja di Pasar Tradisional

Belanja di pasar tradisional jadi menyenangkan bila mengajak si kecil. Di sana Anda bisa mengenalkan berbagai macam buah-buahan, sayur-sayuran, dan aneka bahan makan sehat lainnya. Untuk anak yang usianya lebih besar, Anda bisa mengajaknya untuk tawar-menawar atau mengasah kemampuan berhitungnya dengan mengajaknya membayar barang belanjaan.

Ajak Anak Beramal

Menjalankan ibadah puasa tentu mendorong untuk melakukan berbagai perbuatan amal yang bisa menambah pahala di Surga. Dalam rangka ini, Anda sebaiknya turut mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan amal bersama-sama.

Anda bisa melakukannya dengan mengunjungi sebuah Panti Asuhan bersama si kecil untuk memberikan beberapa sembako atau sumbangan yang mereka butuhkan.

Belajar Berkebun di Rumah

Manfaatkan sarana halaman rumah untuk mengajak si kecil belajar berkebun. Kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan anak terhadap tumbuhan serta lingkungan sejak dini. Berikan informasi kepada si kecil akan manfaat menanam tanaman untuk kesehatan dan keindahan lingkungan rumah.

Memasak Bersama

Mengajak si kecil memasak dapat menumbuhkan kreativitas, mengembangkan motorik halus anak, dan menumbuhkan kecintaan anak kepada masakan di rumah. Kegiatan ini bisa menjadi momen pendekatan paling seru. Karena saat ini bulan Ramadhan, ajaklah si kecil untuk menyiapkan aneka hidangan berbuka puasa. Tidak sulit untuk mengajaknya memasak, hanya perlu menyediakan bahan makanan yang sederhana seperti kolak, telur dadar, sup, pisang goreng dan lain sebagainya.

Origami

Membuat origami dari kertas warna warni juga membuat anak akan belajar membayangkan bentuk dan membangun sesuatu yang menarik dengan tangan mereka. Setelah itu origami dapat di pajang di ruang tamu sebagai kreasi yang membanggakan

Bermain Catur

Mengajari anak bermain catur sangatlah bermanfaat bagi perkembangan otak anak tersebut. Catur adalah permainan yang mengajarkan anak untuk memikirkan bagaimana harus memperhitungkan langkah tindakannya sebelum melakukan tindakan tersebut. Selain membuat anak bertambah cerdas, permainan catur ini mengajak anak untuk lebih bertanggung jawab atas tindakan yang dia lakukan

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari Dasaeon.com seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik