Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Hidup Sehat dan Makan Sehat Untuk Kualitas Hidup Lansia

Seiring bertambahnya usia, makan sehat dan hidup sehat dapat membuat perbedaan dalam kesehatan kita, membantu meningkatkan perasaan kita, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.. Makan sehat dan hidup sehat membantu kualitas hidup lansia menjadi lebih produktif dan bahagia

Cara Hidup Sehat Bagi Lansia

Hidup sehat di mulai dengan makanan sehat bag lansia. Apakah makanan sehat pada usia lanjut itu?. Yang paling penting adalah tepenuhinya kebutuhan energi, protein, vitamin dan mineral. Karena itu makan sehat bagi lansia haruslah mememnuhi kebutuhan tersebut.

1. Nutrisi

  • Dapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti potasium, kalsium, vitamin D, vitamin B12, mineral, dan serat makanan.
  • Menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat
  • Mengurangi risiko terserang penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Jika memiliki penyakit kronis, makan dengan baik dapat membantu mengelola penyakit ini.
  • Memenuhi kebutuhan kalori dan nutrisi individu.
  • Membantu menjaga tingkat energi dengan makan sehat sehingga lansia tetap menjalankan aktivitas dengan baik.

2. Keperluan Gizi Khusus untuk Lansia

  • Kebiasaan makan sehari-hari kita berubah seiring bertambahnya usia tubuh kita. Buatlah penyesuaian kecil untuk membantu lansia menikmati makanan dan minuman yang biasa konsumsi. Makan sehat bagi lansia bukan berarti membosankan dan menyebabkan lansia tidak menikmati waktu makannya
  • Tambahkan rasa ke makanan dengan rempah-rempah dan bumbu tetapi bukan garam dan cari makanan kemasan rendah sodium.
  • Tambahkan irisan buah dan sayuran ke dalam makanan dan camilan sehari hari. Cari buah-buahan dan sayuran yang sudah diiris terlebih dahulu untuk dijual jika mengiris dan memotong merupakan suatu tantangan.
  • Minta dokter untuk menyarankan pilihan lain jika obat yang dikonsumsi bila memengaruhi selera makan atau mengubah keinginan kita untuk makan.
  • Minumlah 3 cangkir susu bebas lemak atau rendah lemak sepanjang hari. Jika tidak dapat mentoleransi susu, cobalah yogurt, susu mentega, keju keras, atau makanan bebas laktosa dalam jumlah kecil. Minumlah air, bukan minuman manis.
  • Konsumsilah makanan yang diperkaya dengan vitamin B12, seperti sereal yang diperkaya.

3. Hidup Aktif dengan Cara Yang Sesuai

Selain makan sehat maka lansia juga perlu melakukan cara hidup yang sehat. Terutama agar kemampuan gerak dan keseimbangan tubuh lansia tetap baik dan berat badan juga berada dalam batas yang sehat.

  • Fokus pada menjaga berat badan yang sehat. Menjadi aktif secara fisik dapat membantu kita tetap kuat dan mandiri seiring bertambahnya usia. Jikakelebihan berat badan atau obesitas, penurunan berat badan dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi risiko penyakit dan kecacatan.
  • Orang dewasa pada usia berapa pun membutuhkan setidaknya 2 ½ jam atau 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang setiap minggu. Menjadi aktif setidaknya 3 hari seminggu adalah tujuan yang baik bagi menjaga hidup sehat lansia
  • Temukan aktivitas yang sesuai untuk tingkat kebugaran. Jika kita tidak aktif, mulailah dengan berjalan atau naik sepeda statis.
    Usahakan untuk berolahraga setidaknya 10 menit pada satu waktu dan seaktif mungkin.
    Masukan kegiatan yang meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko lansia jatuh seperti mengangkat beban kecil.
  • Tambahkan kegiatan membangun kekuatan setidaknya 2 kali per minggu.
    Menjadi aktif akan membuatnya lebih mudah untuk menikmati kegiatan lain seperti berbelanja, bermain olahraga, atau berkebun.
  • Jika tidak yakin dengan tingkat kebugaran, tanyakan kepada dokter sebelum memulai program olahraga yang intens atau aktivitas fisik yang kuat.

Mitos Dan Fakta Hidup Sehat Dengan Olahraga Pada Lansia

Mitos 1: Tidak ada gunanya berolahraga. Kita tetap akan menjadi tua.

Fakta: Aktivitas fisik yang teratur membantu kita terlihat dan merasa lebih muda dan tetap mandiri lebih lama. Ini juga menurunkan risiko berbagai penyakit termasuk Alzheimer dan demensia, penyakit jantung, diabetes, kanker tertentu, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Dan manfaat terhadap mood yang baik dari olahraga akan bisa sama hebatnya di 70 atau 80 seperti pada usia 20 atau 30.

Mitos 2: Olahraga menempatkan kita pada risiko jatuh.

Fakta: Hidup sehat dengan 0lahraga teratur pada lansia akan membangun kekuatan dan stamina, mencegah kehilangan massa tulang dan meningkatkan keseimbangan, sebenarnya mengurangi risiko kita jatuh.

Mitos 3: Terlalu frustasi: kita tidak akan pernah menjadi atlet seperti dulu.

Fakta: Perubahan hormon, metabolisme, kepadatan tulang, dan massa otot berarti bahwa tingkat kekuatan dan kinerja menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Tetapi itu tidak berarti kita tidak lagi dapat memperoleh manfaat dari aktivitas fisik atau meningkatkan kesehatan. Kuncinya adalah menetapkan tujuan gaya hidup yang sesuai dengan usia. Dan ingat: gaya hidup yang tidak aktif sangat mempengaruhi kemampuan fisik dan menyebabkan masa tua menjadi tidak produktif

Mitos 4: Sudah terlalu tua untuk mulai berolahraga.

Fakta: Kita tidak pernah terlalu tua untuk bergerak dan meningkatkan kesehatan. Bahkan, orang dewasa yang menjadi aktif di kemudian hari sering menunjukkan peningkatan fisik dan mental yang lebih besar daripada rekan-rekan mereka yang lebih muda.

Mitos 5: Tidak bisa berolahraga karena sudah lama tidak aktif

Fakta: Orang-orang yang perlu alat bantu kursi roda menghadapi memang akan mempunyai tantangan khusus. Lansia dengan kondisi ini dapat mengangkat beban ringan, meregangkan tubuh, dan melakukan aerobik kursi, yoga kursi, dan kursi Tai Chi untuk meningkatkan jangkauan gerak mereka, meningkatkan tonus otot dan fleksibilitas, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Banyak kolam renang menawarkan akses ke pengguna kursi roda dan ada program latihan adaptif untuk olahraga kursi roda seperti bola basket.

Hidup sehat dan makan sehat pada lansia sangat penting agar kualita hidup menjadi baik dan tetap menjalani masa tua dengan mandiri. Seperti pepatah mengatakan, umur hanya lah angka, kita yang menentukan bagaimana menjalani hiudp ini.

Mitos 6: Saya terlalu lemah atau terlalu banyak sakit dan kesakitan.
Fakta: Bergerak dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit dan meningkatkan kekuatan dan kepercayaan diri Anda. Banyak orang tua menemukan bahwa aktivitas teratur tidak hanya membantu membendung penurunan kekuatan dan vitalitas yang seiring dengan bertambahnya usia, tetapi sebenarnya meningkatkannya. Kuncinya adalah memulai dengan lembut

Topik Menarik