Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Atasi Rambut Rontok Dengan Teh Hijau

Dengan bertambahnya usia, maka rambut semakin banyak yang rontok dan menipis. Kerontokan rambut yang sejalan dengan bertambahnya usia disebabkan oleh ketidak seimbangan hormonal. Teh hijau sangat bermanfaat untuk atasi rambut rontok. Banyak manfaat dari bahan alami teh hijau ini bagi rambut kita

Teh hijau adalah ramuan yang luar biasa, kaya dengan banyak khasiat karena kandungan teh hijau yang banyak bermanfaat. Senyawa apa dari teh hijau yang dapat membantu kesehatan rambut kita, atasi rambut rontok dan membuat rambut lebih tebal. Bagaimanakah cara kerjanya?

Apa Sebenarnya Teh Hijau?

Daun teh berasal dari tanaman Camellia sinensis. Tergantung pada metode pengolahannya, daun teh dapat menghasilkan teh hijau, hitam, putih, atau oolong

Teh hijau terbuat dari daun teh segar yang mengalami pengeringan dan paparan sinar matahari untuk mencegah oksidasi dan fermentasi, yang mengarah ke rasa berbeda teh hijau

Jenis teh hijau tertentu dapat mengalami metode pengolahan yang berbeda. Misalnya, teh hijau matcha diproduksi dengan daun teh pra-panen yang berada ditanam tidak di matahari langsung atau di bawah naungan 90%, menghasilkan rasa yang lebih kaya dan kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan. Sebagian besar antioksidan dalam teh hijau berasal dari senyawa yang dikenal sebagai flavonol, terutama jenis yang dikenal sebagai katekin

Katekin yang paling banyak terdapat dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker tertentu.

Karena kandungan antioksidannya yang kaya, teh hijau dan ekstraknya digunakan untuk tujuan lain, seperti mencegah rambut rontok dan meningkatkan kesehatan rambut.

Manfaat Teh Hijau Pada Kerontokan Rambut

Banyak manfaat dari teh hijau ini untuk mengatasi rambut rontok. Sebuah penelitian terbaru menemukan senyawa EGGG dalam teh hijau merangsang produksi rambut dan mencegah penipisan rambut dengan meningkatkan aktivitas papilla dermal.

Selain itu, teh hijau membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, yang mengarah pada pertumbuhan rambut yang lebih cepat. Dan teh hijau juga mencegah kerontokan rambut dengan mengurangi produksi DHT dalam tubuh. DHT adalah hormon yang bertanggung jawab atas rambut rontok kita.

Teh Hijau Membantu Pertumbuhan Rambut

Teh hijau dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Dalam satu penelitian kecil, para peneliti menambahkan ekstrak EGCG yang berasal dari teh hijau ke kulit kepala tiga peserta dengan alopecia. Setelah 4 hari, para peserta mengalami peningkatan yang signifikan dalam aktivitas pertumbuhan rambut. EGCG tampaknya meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menstimulasi folikel rambut dan mencegah kerusakan pada kulit dan sel-sel rambut.

Terlebih lagi, dalam sebuah penelitian rambut rontok pada tikus, para peneliti menemukan bahwa 33% dari hewan yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau mengalami pertumbuhan kembali rambut setelah 6 bulan, sementara tidak ada tikus dalam kelompok kontrol yang mengalami peningkatan

Namun, saat ini tidak diketahui seberapa cepat atau efektif perawatan rambut rontok oleh teh hijau untuk mempromosikan pertumbuhan rambut pada manusia. Terutama karena berbeda dengan manusia, tikus tidak mempunyai hormon yang menyebabkan rambut rontok.

Teh Hijau Mengatasi Ketombe dan Gatal di Kulit Kepala

Efek anti-inflamasi teh hijau mencegah kulit kepala dari iritasi dan peradangan. Para ilmuwan percaya, teh hijau bermanfaat bagi kulit kepala dengan mencegah ketombe, serta dengan menghalangi gejala psoriasis. Selain itu, senyawa antiseptik teh hijau melindungi folikel rambut dari penyumbatan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh sel kulit mati atau bakteri.

Teh Hijau Memperbaiki Rambut Pecah-pecah dan Bercabang

Rambut bercabang, rambut rapuh, rambut rusak adalah beberapa masalah rambut yang sangat umum. Rambut lemah dan tidak sehat terwakili oleh gejala-gejala ini. Teh hijau dapat menjadi solusi untuk masalah ini karena merupakan sumber Panthenol yang bagus, zat yang dibutuhkan untuk melembabkan rambut, menghasilkan pencegahan kerusakan rambut dan ujung bercabang.

Teh Hijau Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

Produksi minyak kulit dikendalikan oleh tingkat pH-nya. Teh hijau bekerja seperti sulap untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dalam kondisi ekstrem. Sementara itu bertindak seperti zat dengan mengurangi produksi minyak untuk kondisi kulit berminyak, pada saat yang sama ia memelihara dan melembabkan kondisi kulit kering dengan meningkatkan produksi minyak kulit.

Teh Hijau Membantu Rambut Bersinar dengan Tekstur Lebih Baik

Rambut yang berkilau dan lembut diinginkan oleh semua orang tetapi sulit untuk mempertahankan rambut bersinar dan lembut. Nutrisi seperti Polifenol, vitamin C dan vitamin E ditemukan dalam teh hijau, yang membuat rambut kita lebih berkilau dan lembut. Senyawa ini juga melindungi rambut dari radiasi UV dan elemen merusak lainnya.

Manfaat Minum Teh Hijau

Metode pertama mengonsumsi teh hijau adalah yang jelas; minum secangkir teh yang baru diseduh. Minum teh hijau berkualitas baik dua atau tiga kali sehari akan memberikan hasil yang memuaskan dalam beberapa minggu. Dan minum teh hijau tidak hanya menguntungkan rambut, tetapi juga membantu mendapatkan kulit yang sehat dan indah bersama manfaat kesehatan lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Membilas Rambut dengan Teh Hijau

Sementara memperbaiki kondisi rambut adalah fokus utama, itu adalah ide bagus untuk memakai teh hijau langsung ke rambut untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik. Salah satu cara populer untuk melakukan ini adalah membilas rambut dengan teh hijau. Teh hijau mampu atasi rambut rontok denga cepat

Cara membilas rambut teh hijau yang efektif diberikan di bawah ini:

Bahan:
2-3 sendok teh hijau atau 3-4 kantong teh
½ liter air

Cara Menggunakan:

1. Seduh ½ liter teh hijau setelah proses pembuatan bir yang biasa tetapi untuk waktu yang lebih lama. Kemudian biarkan dingin.
2. Shampo rambut dengan rajin dan cuci dengan air.
3. Oleskan teh yang diseduh dengan baik ke kulit kepala dan biarkan selama 10-15 menit.
4. Bilas dengan air dingin.

Untuk hasil terbaik, proses ini harus diulang dua atau tiga kali seminggu. Bilas ini akan merangsang folikel rambut bersama mencegah ketombe dan gangguan kulit kepala lainnya.

Masker Rambut Teh Hijau

Cara hebat lainnya untuk menerapkan teh hijau untuk merawat rambut adalah dengan membuat masker rambut dengan teh hijau dan menggunakannya untuk hasil terbaik.

Untuk membuat masker ini diperlukan:

1 butir telur
2-3 sendok teh hijau

Cara Menggunakan:

1. Masukkan telur dan teh ke dalam mangkuk dan campur dengan memukul atau mencampur.
2. Oleskan campuran langsung pada kulit kepala. Biarkan mengering secara alami.
3. Bilas dengan air dingin setelah setengah jam.

Masker rambut ini akan meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut. Ini juga akan mengurangi rambut rontok dan membuatnya lebih lembut dan berkilau.

Topik Menarik