Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Kecantikan

Kerontokan Rambut Masa Menopause

Menemukan bahwa rambut rontok akan membuat stress terutama bagi wanita.  Wanita merawat , memotong dan menata rambutnya sebagai bagian dari cerminan kepribadan bahkan rambut sulit di pisahkan dari kecantikan wanita secara keseluruhan. Banyak hal penyebab rambut rontok  salah satunya adalah  menopause atau menuju menopause, lalu bagaimana cara memperbaiki nya?

Bila rambut  rontok dengan jumlah 50 – 100 helai rambut perhari  masih dalam kategori normal. Penyebab kerontokan rambut yang berlebihan mulai dari faktor keturunan hingga kondisi medis hingga masalah penataan rambut. Jadi usia  adalah factor penting sebagai penyebab kerontokan rambut.  Tetapi penyebab dari kerontokan rambut di  setiap usia adalah berbeda beda. Karenanya sangatlah penting untuk mengidentifikasikan penyebab dari kerontokan rambut kita untuk dapat di perbaiki, di cegah dan diatasi

Kerontokan Rambut Masa Menopause

Wanita memasuki masa menopause di usia 40 hingga 50 tahun, tetapi rata-rata usia menopause adalah 51 tahun. Dalam beberapa bulan atau beberapa tahun menjelang masa menopause, banyak wanita mulai melihat perubahan pada pertumbuhan rambutnya.  Volume dan kondisi rambut mulai memburuk dan wanita merasa rambutnya rontok lebih banyak tetapi tumbuh tidak sebanyak sebelumnya.

Makin banyak rambut yang rontok di kamar mandi atau ketika menyisir rambut.  Beberapa wanita akan mengalami kerontokan rambut yang lebih parah yaitu  penipisan di puncak kepala, sisi atau penipisan rambut yang lebih umum di seluruh kepala. Pola kerontokan rambut seperti ini dikenal pola rambut rontok Wanita. Kehilangan rambut total, seperti terlihat pada pria yang terkadang botak,  pada wanita lebih jarang terjadi dan biasanya bila wanita kehlangan rambut total  disebabkan oleh kondisi medis atau perawatan medis seperti kemoterapi.

Tanda Tanda Kerontokan Rambut Pada Wanita

  • Rambut rontok setiap hari di sisir atau sikat rambut,  di lantai, di kamar mandi, di bantal, atau di wastafel lebih banyak dari 100 helai.
  • Rambut  terlihat tipis atau hilang, termasuk bagian di puncak kepala atau dibagian sisi diatas telinga.
  • Bila rambut di ikat menjadi satu akan terlihat tipis.
  • Rambut lebih mudah patah

Penyebab Kerontokan Rambut Masa Menopause

Penelitian menunjukkan bahwa rambut rontok pada masamenopause adalah akibat dari ketidakseimbangan hormon. Pada masa menopause ini maka produksi estrogen dan progesterone berkurang. Penurunan kadar estrogen ini memicu produksi hormone androgen Dihydrotestosterone atau DHT. Hormon ini mengecilkan folikel rambut, menyebabkan rambut rontok di kepala. Kerontokan rambut katogori ini di sebut dengan Andogenetic Alopecia sperti yang di jelaskan oleh American Hair Loss Association. Beberapa wanita juga akan terlihat memiliki lebih banyak rambut wajah. Jika kerontokan rambut adalah menajadi masalah turun-temurun maka menopause membuatnya menjadi lebih buruk.

Selain terjadi pada menopause, Androgenetic Alopecia juga di sebabkan oleh kista ovarium, pill kb dengan kadar androgen indeks tinggi dan juga kehamilan. Bila rambut rontok karena pill KB, maka dapat kerontokan rambut tersebut akan berhanti ketika penggunaan alat kontrasepsi hormonal tersebut juga di hentikan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk langkah langkah mengatasi dengan tepat

Bagaimana Cara Mengatasinya?

  • Munculnya kerontokan rambut menopause kadang-kadang dapat diperbaiki dengan cara mengurangi penggunaan pelurus, alat pengering rambut dan alat penataan rambut dengan sistem pemanasan lainnya.
  • Penggunaan sampo, pelembut dan serum penumbuh rambut yang mengandung teh hitam atau kopi akan meningkatkan volume rambut.
  • Pola makan yang sehat dan bervariasi adalah faktor yang berkontribusi pada tubuh yang sehat. Cukup protein, vitamin A, E, B, C, D; asam lemak omega-3; lisin; magnesium; selenium; tembaga; dan seng, zat besi, ioudium, vitamin B12 dan kebutuhan nutrisi lainnya sangat membantu kesehatan rambut. Penting juga untuk memasukkan minyak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan minyak wijen, ke dalam makanan. Minum teh hijau dan mengonsumsi vitamin B6 dan suplemen asam folat dapat membantu mengembalikan pertumbuhan rambut juga. Asam lemak esensial juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Asam lemak ini dapat ditemukan dalam makanan berikut: ikan salmon, tuna, kacang kenari, kacang almond
  • Solusi topikal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dapat dapt juga di gunakan. Akan terlihat hasil setelah beberapa bulan digunakan dan harus berkelanjutan, atau rambut rontok akan kembali.
  • Perangkat laser yang memancarkan sinar laser berenergi rendah dapat merangsang pertumbuhan rambut untuk membantu melawan penipisan rambut. Terapi laser paling baik dilakukan oleh ahli dengan pengalaman dan pelatihan yang baik dalam pengoperasian perangkat laser ini. Keamanan dan efektivitas jangka panjang tidak diketahui.
  • Beberapa obat memiliki efek samping yang dapat membuat kerontokan rambut. Pastikan untuk berbicara dengan dokter jika terlihat kerontokan rambut yang signifikan.
  • Fungsi penting rambut adalah melindungi kulit kepala dari sinar matahari. Oleh karena itu penting untuk melindungi area kulit kepala yang mempunyai rambut menipis karena kerontokan terpusat dibagian tertentu saja dari sinar matahari untuk mencegah kulit terbakar dan untuk mengurangi kerusakan akibat sinar matahari jangka panjang.
  • Perhatikan kesehatan adrenal agar kortisol tetap seimbang dengan ramuan adaptogenik, meditasi, olahraga ringan seperti yoga, Pilates, atau berjalan setiap hari. Kelola stres dan pastikan untuk tidur dengan kualitas baik. Tidur nyenyak dapat membantu menyembuhkan untuk memperbaiki kerusakan, membantu keseimbangan hormon secara umum dan dapat melindungi dari kerusakan lebih lanjut.

Topik Menarik