Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Home Care

Tugas Perawat untuk Luka Pasca Operasi

Kata "operasi" membuat kita khawatir, ketika merenungkan potensi risiko dan komplikasi luka setelah operasi. Tapi tahukah Anda, bahwa perawatan pasca operasi sama pentingnya dengan operasi itu sendiri karena mengurangi sejumlah risiko ?

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang perawatan luka pasca operasi. Mulai dari pantangan untuk makan ikan, daging dan telur, pantangan untuk beraktivitas, bahkan sampai pantangan mandi. Lalu sebenarnya apa saja yang harus diperhatikan dan dilakukan pasien pasca operasi? Komplikasi apa saja yang mungkin terjadi bila proses penyembuhan luka tidak berjalan sebagaimana mestinya?

Sebelum melakukan perawatan luka pasca operasi, sebaiknya Anda pahami juga hal-hal yang berhubungan dengan luka operasi mulai dari persiapan yang harus dilakukan, cara perawatan luka, ciri-ciri infeksi pada luka, serta proses dan tahapan-tahapan penyembuhan luka pada tubuh.

Pada pasca operasi biasanya akan merasakan nyeri pada daerah luka, terjadi pembengkakan pada daerah luka, suhu tubuh menjadi panas, adanya warna kemerahan pada kulit/bagian tubuh yang luka, dan terjadinya penurunan fungsi tubuh.

Sedangkan proses penyembuhan luka pasca operasi pada tubuh dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah banyaknya asupan nutrisi pada tubuh, cara perawatan luka serta banyaknya istirahat yang dilakukan.

Mengapa perawatan pasca operasi penting?

Pasca operasi, Anda rentan terhadap infeksi dan komplikasi terkait operasi, seperti pendarahan di lokasi bedah, pembentukan bekuan darah dan bahkan masalah pernapasan.

Dokter merekomendasikan berbagai tindakan sebagai perawatan pasca bedah tergantung pada kondisi Anda, jenis operasi yang Anda alami dan seberapa sukses operasi itu. Itu dimulai tepat setelah operasi Anda dan periode mungkin bervariasi, berdasarkan saran dokter Anda dan sifat pemulihan Anda.

Perawatan Luka Pasca Operasi

Perawatan luka adalah suatu tindakan untuk mempercepat proses dalam penyembuhan luka serta mencegah supaya tidak terjadi infeksi pada luka. Perawatan luka pasca operasi diperlukan perhatian khusus karena tindakan yang salah bisa menimbulkan infeksi. Untuk penyembuhannya, Anda bisa memanggil perawat profesional yang bisa datang ke rumah.

Perawatan pasca bedah melibatkan dua aspek utama untuk itu:

  • Perawatan medis (ditangani oleh seorang perawat yang terlatih secara profesional)
  • Bantuan dengan aktivitas hidup sehari-hari (dilakukan oleh petugas perawat / asisten perawat, di bawah pengawasan seorang perawat profesional)

Jadi hierarki yang dibuat adalah sebagai berikut: Petugas perawat melapor kepada perawat profesional yang pada gilirannya melapor ke dokter / ahli bedah pasien.

erawatan pasca bedah perlu dilanjutkan secara terstruktur begitu pasien kembali ke rumah. Tergantung pada teknis perawatan yang akan diberikan, perawat dan perawat di rumah memainkan peran yang sangat penting dalam fase pemulihan pasca operasi.

Berikut tugas perawat untuk luka pasca operasi di rumah:

  • Mencegah terjadinya infeksi pada luka
  • Mencegah bertambahnya kerusakan jaringan
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Membersihkan luka dari benda asing
  • Mencegah terjadinya pendarahan

Pencegahan Infeksi Luka Pasca Operasi

Selain perawatan luka, diperlukan dukungan dari pasien untuk menjaga luka pasca operasi agar tidak menimbulkan infeksi. Berikut cara mencegahnya yaitu dengan selalu mencuci tangan, kuku harus bersih dan tidak panjang serta menjaga kebersihan luka.

Manfaat Perawat Khusus Luka Pasca Operasi

Dengan adanya perawat untuk luka pasca operasi, pasien menjadi lebih nyaman dan puas dengan perawatan yang profesional sehingga kebutuhan pasien akan dapat terpenuhi. Selain itu, dapat mendorong kemandirian pasien serta keluarga di dalam pemeliharaan dan perawatan bagi anggota keluarga yang menjalani operasi.

 

Topik Menarik