Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh dan Kulit

Manfaat minum air putih bagi tubuh dan kulit kadang kita abaikan padahal air putih memegang peranan pening bagi tubuh kita karena komosisi tubuh sebagian besar adalah air.  Banyak yang bisa dirasakan jika Anda banyak minum air putih yaitu mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.

Dalam tubuh setiap orang berisi cairan sekitar 70 persen. Sehingga manfaat air putih untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting, yaitu air putih akan membilas racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.

Kadang kita tidak tahu bahwa telah mengalami dehifrasi karena kekurangan air di dalam tubuh. Sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan 2019, yang berkaitan dengan pengaruh air minum bagi manusia. Penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) yang dipimpin Prof Dr Ir Hardinsyah MS menemukan, bahwa sebanyak 46,1 persen dari 1.200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan.

Sedangkan jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi dibanding orang dewasa, yaitu 49,5 persen banding 42,5 persen. Ditemukan pula bahwa penyebab tingginya angka dehidrasi ini karena rendahnya pengetahuan para responden tentang fungsi air bagi tubuh.

Dehidrasi ringan ditandai dengan rasa kering di bibir, lalu menjalar ke kerongkongan, badan menjadi lemas, dan kemungkinan bisa jatuh pingsan bila tidak kuat lagi.

Gejala yang lebih parah jika tubuh mengalami kekurangan asupan air, yaitu darah akan mengental sehingga rasa cape yang berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Hal tersebut karena cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain di dalam tubuh.

Selain penelitian THIRST yang berkaitan dengan konsumsi air minum, yang dilakukan di tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti IPB, Unair, dan Unhas, telah melaporkan, bahwa dehidrasi dapat menyebabkan beragam masalah dalam tubuh. Misalnya, kekurangan 2 persen air menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan dalam fungsi otak, seperti konsentrasi dan kemampuan berpikir.

Kehilangan 4-6 persen air menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala, letih, lemah. Apabila kekurangan air mencapai 12 persen, maka fungsi pergerakan atau otot tubuh pun dapat terganggu.

Kekurangan 15-25 persen cairan tubuh berakibat fatal bagi tubuh manusia. Di samping itu, kekurangan air dapat menimbulkan gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga setiap orang dianjurkan minum air dalam jumlah cukup, sesuai salah satu pesan Pedoman Gizi Berimbang dari Departemen Kesehatan.

Air dan Kulit Anda

Kulit adalah organ terbesar di tubuh manusia. Tanpa air, kulit Anda tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika kulit Anda tidak mendapatkan cukup air, tidak hanya akan menjadi kering dan terkelupas, tetapi juga akan semakin rentan terhadap penuaan.

Manfaat Minum air Putih Bagi Kulit:

Lebih Sedikit Kerutan

Semakin Anda terhidrasi, semakin sedikit kerutan dan garis-garis halus yang akan Anda lihat. Air membantu kulit Anda mempertahankan kelembaban, yang meningkatkan elastisitas kulit

Minum Air Putih Mempercepat Perbaikan Kulit

Minum air yang cukup dapat membantu Anda memerangi berbagai masalah kulit termasuk psoriasis dan eksim.

Mengurangi Bengkak

Tidak ada keraguan bahwa kulit kita terkadang membengkak. Paling sering, ini karena tubuh kita menahan air.

Mengapa kita menahan air, karena kita mengalami dehidrasi dan tubuh kita berusaha melindungi diri dengan tidak membuang air yang ada di dalam tubuh.

Minum Air Putih Bersihkan Jerawat

Jerawat dewasa sangat umum. Faktanya 40-55% dari populasi orang dewasa usia 20-40 memiliki jerawat.MAsalah ini dapat di bantu dengan minum cukup air. Air dapat membantu membersihkan racun dari kulit dan mengecilkan pori-pori Anda, membuatnya lebih kecil kemungkinannya untuk menyumbat dan menyebabkan jerawat.

Pori-pori Kulit Lebih Kecil

Pori-pori kita bisa tersumbat dan membesar sepanjang hari. Semakin banyak air yang Anda minum, keseimbangan minyak dan air yang lebih baik pada permukaan kulit dan membantu mengurangi ukuran pori-pori, mengurangi jerawat, dan mengurangi noda.

Mengurangi Gatal

Ketika Anda memiliki kulit kering, itu bisa retak, mengelupas, dan gatal. Sangat mudah untuk mengatasi masalah ini dengan minum cukup air dan melembabkan kulit.

Kulit Lebih Kencang

Apakah Anda memiliki kulit yang kendur karena penurunan berat badan atau karena penuaan?

Cara yang efektif  untuk membantu mengencangkan kulit di sekitar rahang, perut, lengan, dan kaki adalah dengan minum lebih banyak air.Air membantu meningkatkan elastisitas kulit, membuatnya bangkit kembali dari kendur.

Air Putih Membuat pH Balance

Minum lebih banyak air dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda untuk memberi Anda kulit yang sehat.

Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih

Bangun Tidur dianjurkan minum 2 gelas
Fungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Saat lelah dianjurkan minum secukupnya
Fungsi: membantu otak berfungsi lebih baik dan mengembalikan fokus Anda

Saat sakit atau hamil dianjurkan minum 8-12 gelas/hari
Fungsi: Membantu memperbaiki kondisi tubuh lebih cepat

Setelah berolahraga dianjurkan minum secukupnya
Fungsi: Menghindari dari dehidrasi dan membawa nutrisi yang diperlukan otot-otot

Saat kurang tidur dianjurkan minum 8 - 12 gelas /hari
Fungsi membuat tubuh sedikit lebih cukup beristirahat keesokan harinya

Topik Menarik