Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Diet

Jus Seledri Baik Untuk Tubuh, Ini Manfaat dan Cara Membuatnya

Seledri adalah sayuran dengan tekstur renyah. Biasanya seledri dijadikan bahan pelengkap pada makanan berkuah seperti bakso, sup, dan soto. Jenis seledri tertentu juga sering ditambahkan pada salad. Ada pula yang menjadikan seledri sebagai cemilan dengan minyak zaitun atau vinaigrette sebagai cocolan.

Danielle Zolotnitsky, ahli diet dan gizi dari Departemen Penyakit Pencernaan dan Transplantasi di Einstein Medical Center, Philadelphia, mengatakan bahwa kandungan dalam seledri memiliki banyak manfaat.

"Seledri kaya akan senyawa antioksidan seperti asam fenolik. Dia juga tinggi vitamin K, folat, dan kalium. Seledri juga menghidrasi, karena memiliki kandungan air yang tinggi. Biji seledri juga menuai manfaatnya sendiri, seperti zat besi, magnesium, dan kalsium," ujar Danielle.

Kandungan seledri pun punya banyak zat bernutrisi:

Folate
Potasium
Vitamin B6
Vitamin C
Vitamin K

Manfaat Jus Seledri

Berikut manfaat jus seledri jika Anda mengonsumsinya secara teratur :

Mengurangi peradangan dalam tubuh

Seledri merupakan sumber kaya flavonoid seperti zeaxanthin, luthein, dan betakaroten yang telah menunjukkan penurunan peradangan.

Inflamasi adalah awal dari kerusakan sel tubuh yang menyebabkan penyakit berbahaya seperi jantung, kanker dan arthriti

Inflammatory Research Journal melaporkan penelitian terbaru tentang beberapa jenis flavonoid yang memiliki aktivitas anti-peradangan.

Menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung

Phthalides di seledri mengendurkan arteri dan memungkinkan pembuluh membesar yang memungkinkan darah mengalir lebih leluasa. Phthalides juga meringankan hormon stres dan akhirnya semakin sedikit tekanan tubuh kita, semakin rendah tekanan darah kita.

Seledri juga mengandung bioflavonoid yang disebut apigenin yang bertindak sebagai anti-inflamasi dalam sistem kardiovaskular dan meningkatkan ekspansi pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi dan hipertensi.

Mencegah kanker

Salah satu manfaat besar seledri adalah kadar vitamin C. Phthalides telah terbukti menghambat beberapa kanker.

Pembersihan dan detoksifikasi

Penelitian menunjukkan, seledri meningkatkan kesehatan hati yaitu meningkatkan kapasitas detoks tubuh dalam jangka panjang.

Ini juga dapat membantu Anda membangun kembali HCL dalam usus yang sangat penting untuk mencerna makanan sepenuhnya dan menyerap nutrisi penting.

Baik untuk kulit

Seledri mengandung berbagai nutrisi untuk meningkatkan kulit Anda. Selain dari berbagai antioksidan yang telah disebutkan, vitamin K juga tinggi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit serta vitamin C, vitamin A dan vitamin B untuk warna kulit yang sehat.

Mengontrol Berat badan

Minum jus seledri sepanjang hari membantu menahan untuk makanan manis. Ini dapat menghindarkan Anda dari penambahan berat badan.

Tidur berkualitas

Mineral dan minyak esensial dalam jus seledri memiliki efek menenangkan pada sistem saraf yang bermanfaat bagi penderita insomnia. Kadar magnesiumnya yang tinggi membantu orang untuk tidur yang pulas dan tenang.

 

Seledri Memiliki Efek Alkalisasi
Kandungan seledri yang kaya akan mineral seperti magnesium, zat besi, dan sodium, seledri memiliki efek menetralkan makanan dengan acid tinggi dalam tubuh. Dengan semua acid yang dikonsumsi tubuh setiap hari, seledri dapat digunakan setidaknya untuk menyeimbangkan asam tubuh dan membantu menjaga  tetap basa, atau dalam keadaan alkalis

Resep Jus Seledri

Bahan :

  • 2 batang seledri besar (4 batang seledri kecil)
  • 1/2 buah apel
  • 1 sdm perasan lemon
  • 1 sdm madu
  • air es secukupnya

Cara membuat:

Campur seledri, apel, perasan lemon, dan air. Blender hingga halus. Lalu tuang ke dalam gelas dan tambahkan madu ke dalam gelas. Aduk rata.

Minum jus seledri siang atau sore hari.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik