Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Fisioterapi

Fisioterapi Membantu Pulih dan Kembalikan Kehidupan Anda

Kebanyakan orang bahkan tidak berpikir tentang memanggil seorang fisioterapi sampai mereka telah mengalami cedera atau memerlukan pemulihan yang cepat dan tepat untuk membantu meringankan rasa sakit. Mereka biasanya melihatnya sebagai pengobatan untuk cedera atau kondisi yang mereka sudah pernah alami, bukan sebagai pilihan perawatan kesehatan yang preventif. Sementara itu,  fisioterapi adalah cara untuk mengobati kondisi cedera dan juga pendekatan perawatan kesehatan yang layak dan efektif dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ada beberapa alasan yang sangat menarik untuk memasukkan jasa fisioterapi ke dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Pada dasarnya, ahli fisioterapi dapat membantu orang-orang dari segala usia yang menderita cacat fisik sementara dan permanen.

Para profesional fisioterapi ini bekerja di rumah sakit dan juga home care berkunjung ke rumah untuk merawat pasien dengan semua jenis penyakit - apa saja, mulai dari cedera olahraga dan masalah persendian yang persisten, hingga kelumpuhan akibat stroke dan kondisi neurologis.

Fisioterapis melakukan penilaian untuk mengevaluasi rentang pergerakan pasien mereka dan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari. Ahli fisioterapi kemudian merencanakan dan mengembangkan rencana perawatan khusus, yang membantu pasien untuk mendapatkan kembali kemandirian dan mobilitas mereka dengan menggunakan aktivitas yang bertujuan.

Berbagai macam perawatan dapat diterapkan oleh ahli fisioterapi untuk meningkatkan kekuatan, stamina, keseimbangan dan toleransi latihan pasien mereka, termasuk latihan terapi, elektroterapi, hidroterapi, terapi panas dan manipulasi sendi.

Bagaimana Fisioterapi dapat membantu Anda:

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh seorang terapis untuk membantu memulihkan fisik dan kehidupan Anda:

Membantu menurunkan risiko cedera

Ketika tulang belakang bergeser dari posisinya, kondisi itu bisa memberikan tekanan pada bagian lain dari tubuh termasuk ligamen dan sendi. Perawatan rutin fisioterapi membantu menjaga tulang yang dapat mengurangi risiko cedera.

Meningkatkan suasana hati

Pengobatan fisioterapi dapat membantu keseimbangan hormon Anda. Hal ini meningkatkan hormon dopamin agar merasa lebih baik sementara mengurangi kortisol hormon stres. Itu sangat baik untuk pasien yang menderita kecemasan, depresi, atau mood yang tidak stabil. Selain itu, fisioterapi juga dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup Anda.

Membuat Anda merasa lebih berenergi

Ketika tulang belakang Anda keluar dari posisi semestinya, seluruh tubuh akan merasa sakit dan kaku. Kebanyakan pasien berpendapat merasa lebih baik setelah menjalani fisioterapi. Mereka dapat bergerak lebih alami dan memiliki lebih banyak energi. Bagian ini adalah karena efek pengobatan pada tubuhnya serta hormon yang memberikan dorongan dalam perasaan hati Anda.

Membantu Anda tidur lebih optimal

Lebih dari 28 juta orang di Indonesia mengalami masalah dengan tidur. Studi menunjukkan bahwa fisioterapi dapat membantu mengurangi insomnia yang memungkinkan Anda untuk bisa lebih baik, lebih tenang, dan tidur lebih optimal.

Kombinasi peringanan rasa sakit, meningkatkan fleksibilitas, dan kesehatan secara keseluruhan, serta mengurangi stres memungkinkan tubuh dan pikiran bisa bersantai sehingga Anda dapat tertidur lebih mudah dan lelap. Menggabungkan perawatan fisioterapi ke dalam rutinitas sehari-hari dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Studi menunjukkan bahwa pasien yang menerima perawatan rutin fisioterapi memiliki sistem kekebalan yang secara signifikan lebih kuat daripada pasien yang tidak mendapatkan perawatan tersebut. Salah satu studi yang dilakukan oleh Dr. Ronald Pero, Ph. D. of New York Institute menemukan bahwa pasien yang menerima perawatan fisioterapi secara teratur 200 persen lebih kebal daripada pasien yang tidak melakukan fisioterapi.

Mengelola nyeri Anda

Nyeri kronis serta rasa sakit dari cedera atau kondisi tertentu, sangat diperlukan jasa fisioterapi. Setiap rasa sakit yang menimbulkan ketidaknyamanan dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup Anda, jika mengonsumsi obat nyeri dapat memiliki efek samping yang tidak menyenangkan yang dapat melemahkan tubuh Anda.

Terapi yang dilakukan secara rutin bekerja untuk memperbaiki masalah nyeri Anda sehingga masalah bisa diselesaikan secara permanen.

Membuat Anda merasa lebih baik tanpa obat

Perawatan fisioterapi dapat menyembuhkan tubuh secara alami tanpa konsumsi obat. Ini sangat berguna dan mengurangi risiko atas timbulnya penyakit lain. Ketika Anda merasakan manfaat dari perawatan rutin fisioterapi dan menyadari bahwa dilakukan secara alami, maka Anda memahami mengapa lebih banyak orang yang memasukkan fisioterapi ke dalam rutinitas perawatan kesehatan mereka.

Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Kualitas hidup Anda mungkin tidak seperti yang seharusnya karena sejumlah alasan berbeda - masalah kesehatan dan mobilitas seringkali menjadi faktor besar. Anda mungkin tidak dapat berpartisipasi dalam olahraga, kegiatan rekreasi, atau acara sosial karena rasa sakit atau kurangnya kapasitas fisik. Kesehatan mental juga mungkin terganggu karena masalah kesehatan yang dialami.

Terkadang Anda tahu bahwa kesehatan tidak baik, tetapi tidak yakin harus mulai dari mana untuk meningkatkan kemampuan fisik Anda. Seorang fisioterapis adalah pilihan terbaik untuk memandu untuk melalui proses mendapatkan kembali kualitas hidup yang diinginkan.

Mencegah Cedera Yang Terjadi Berulang

Cedera adalah bagian hidup yang tak terhindarkan, sampai batas tertentu. Aktif secara fisik ada manfaatnya, tetapi gaya hidup aktif memiliki risiko cedera yang lebih besar juga. Fisioterapi pasti dapat membantu mencegah terjadinya cedera; Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua cedera dapat dicegah.

Dengan menggunakan perangkat yang digerakkan oleh teknologi, fisioterapis dapat mengidentifikasi masalah dengan kekuatan otot, koordinasi, keseimbangan, fleksibilitas, dan rezim pelatihan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik mengenai risiko cedera. Pertimbangkan untuk mencari nasihat fisioterapi untuk mengetahui apakah Anda dapat mencegah atau mengurangi risiko cedera dengan gaya hidup aktif Anda, terutama bila pernah mengalami cedera sebelumnya.

Topik Menarik