Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Kecantikan

Kulit Sehat Bila Membersihkan Wajah Dengan Minyak

Membersihkan wajah dengan minyak...ih takut. Kita sering kali mendengar bahwa produk kosmetik dan skin care yang baik adalah bebas minyak. Tetapi ternyata membersihkan wajah dan sisa kosmetik dengan minyak adalah cara ampuh untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan indah.

Para peneliti mulai mengungkap manfaat luar biasa minyak untuk kulit. Bahkan banyak perusahaan kosmetik besar mengeluarkan cleansing oil dalam jajaran produk pembersih kulit mereka

Banyak wanita telah beralih ke pembersih minyak sebagai cara untuk menghilangkan makeup dengan lembut, menenangkan kulit sensitif, dan mencegah jerawat yang selalu ingin muncul.

Menggunakan minyak dibanding dengan menggunakan pembersih berbasis sabun juga dapat membantu melindungi lapisan lipid alami kulit dan bakteri baik yang hidup di dikulit kita

Sementara kita masih harus banyak belajar tentang microbiome di tubuh dan di kulit kita, penelitian terbaru menunjukkan bahwa bakteri yang berkembang pada kulit dapat membantu melindungi terhadap infeksi seperti jerawat.

Keuntungan Membersihkan Wajah Dengan Minyak

Bagi banyak orang mempunyai anggapan bahwa mebersihkan itu harus dengan sesuatu yang berbusa. Hal ini adalah asumsi yang salah.

Membersihkan wajah dengan minyak atau cleancing oil ini adalah cara membersihkan kulit Anda menghilangkan semua kelembaban esensial yang dibutuhkannya. Minyak pembersih terdengar menakutkan, tetapi "suka menarik suka," jadi minyak sebenarnya sempurna untuk menghilangkan kotoran, kotoran, polusi, makeup, dan tabir surya. Itu mengikat semua zat penyumbatan ini dan banyak lagi, sehingga mudah untuk dihilangkan. Untuk membersihkan minyak, di perlukan minyak.

Sebagian besar kosmetik terutama foundation mengandung minyak di dalam produknya. Kulit kitapun mengeluarkan minyak. Sehingga untuk membersihkan minyak yang bercampur dengan debu atau kosmetik yang ada di wajah, kita memerlukan pembersih berbasis minyak.

Saat membersihkan wajah dengan sesuatu yang berbusa dan super berbusa, maka lapisan plidung kulit bagian paling luar akat hilang sehingga kulit akan menjadi kesat dan kering. Banyak orang yang menasosiasikan perasan kulitkering dan kencang setelah mencici wajah dengan sabun. Perasaan kulit kering dan kencang ini di asosiasikan sebagai kulit bersih. Sebenarnya itu adalah mitos, karena tidak baik kulit menjadi kering dan kencang setelah di bersihkan. Hal ini akan membuat kulit merasa harus melembabkan dirinya lagi dan mengeluarkan minyak lebih banyak.

Kulit kita memiliki sesuatu yang disebut "Mantel Asam" yang merupakan perlindungan alami kulit dari bakteri. Kekeringan dan iritasi merupakan tanda bahwa mantel asam tersebut lepas dari kulit dan akan menyebabkan kulit mudah berjerawat atau menimbulkan sejumlah masalah kulit lainnya. Membersihkan kulit dengan munyak dapat membantu kulitmenjadi bersih dengan kelembaban yang seimbang

Jadi banyak manfaat membersihkan wajah dengan minyak. Manfaat utama dari minyak pembersih atau cleansing oil adalah.

  • Menghapus dengan cepat dan mudah semua jenis makeup dan tabir surya
  • Membuat kulit terasa kenyal dan halus.
  • Dapat digunakan bersama pembersih lainnya jikamemilih untuk melakukan double cleansing

Cara Membersihkan Wajah dengan Minyak Pembersih

Bila mengunakan minyak pembersih komersial maka sebaiknya ikuti cara membersihkan yang tertera dalam keterangan produk cleansing oil itu. Bila menggunakan minyak natural untuk membersihkan wajah maka 3-4 tetes minyak sudah cukup. Lalu oleskan pada seluruh wajah dan pijat dengan lembut seluruh wajah selama satu atau dua menit. Memijat wajah akan memungkinkan minyak meresap ke dalam kulit dan menghilangkan kotoran, makeup dan polusi.

Minyak pembersih wajah juga dapat digunakan sebagai penghapus makeup. Minyak bahkan akan menghapus makeup tahan air. Jika Anda mengenakan ekstensi bulu mata, jangan gunakan membersihkan wilayah mata dengan minyak karena akan membuat bulu mata ekstensi akan lepas.

Gunakan kain lap basah yang hangat untuk menyeka minyak dan residunya dengan lembut. Jangan menggosok kulit. Jika belum pernah menggunakan pembersih minyak sebelumnya, akan terasa berbeda ketika menghapusnya. Lapisan tipis minyak akan tertinggal di kulit yang akan melembabkan kulit wajah

Jika memilih untuk membersihkan wajah dua kali atau double cleansing maka tindak lanjuti membersihkan wajah dengan minyak ini dengan pembersih lainnya.

Keringkan kulit dengan ringan, atau biarkan mengering. Jangan Menggosok wajah dengan handuk kering yang dapat merusak kulit. Kulit Anda akan terasa sangat lembut, dan tidak kencang dan teriritasi seperti bila menggunakan pembersih yang keras.

Minyak biasanya tidak bisa dibilas dengan air, karena itu perlu membersihkan dengan kain lembab yang hangat.

Cara Memilih Jenis Minyak Pembersih Wajah

Sekarang ini banyak perusahaan kosmetik dan skin care yang memproduksi cleansing oil untuk membersihkan wajah secara baik dengan menggunakan minyak. Baca cara pakai pada produk tersebut untuk hasil yang maksimal. Jika memiliki kulit yang cenderung berjerawat, cari produk yang mencantumkan bahwa noncomedogenic untuk memastikan bahwa pembersih itu tidak akan menyumbat pori-pori kulit.

Kita juga bisa menggunakan minyak natural untuk membersihkan wajah dari makeup, debu dan kelebihan minyak di wajah. Minyak yang paling umum digunakan dalam resep DIY adalah minyak zaitun dan minyak jarak atau castrol oil. Sebagian besar resep merekomendasikan dimulai dengan rasio 1: 1 dari dua minyak kedua minyak tersebut.

Bila kulit berminyak maka lebih banyak campuran minyak jarak dibanding minyak zaitun. Bila kulit kering, campurkan lebih banyak minyak zaitun dibanding dengan minyak jarak.

Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan dan penting untuk hidrasi. Minyak jarak bersifat antibakteri dan bertindak seperti astringen. Karena mempunyai kemampuan sebagai astringen, minyak jarak dapat menyebabkan kulit kering.

Minyak jenis lain bisa digunakan juga untuk membersihkan wajah tergantung kebutuhan kuli kita. Misalnya, dapat menggunakan minyak jojoba jika memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, karena jojoba oil terbukti membantu mengurangi jerawat dan menyeimbangkan produksi minyak. Atau dapat menambahkan minyak alpukat untuk kelembaban ekstra jika memiliki kulit sangat kering.

Jenis Minyak Pembersih Wajah:

  • olive oil
  • castor oil
  • Sweet almond oil
  • grape seed oil
  • avocado oil
  • sunflower oil
  • apricot kernel oil
  • argan oil
  • jojoba oil

Topik Menarik