Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Fisioterapi

Ini Pentingnya Fisioterapi di Jakarta

Ada begitu banyak kesalahan postur tubuh yang Anda lakukan setiap hari. Pekerjaan mengangkat barang berat, postur tubuh membungkuk, cara berdiri yang salah, atau kebiasaan membawa tas selalu di sisi pundak yang sama, tanpa disadari dapat menyebabkan functional disability atau gangguan fungsional pada anggota gerak.

Berbagai gangguan yang dialami bisa menyebabkan cedera di bagian leher, bahu, tangan, punggung, panggul, lutut, pergelangan kaki, dan sebagainya. Salah satu gejalanya adalah ada bagian tubuh yang kaku atau nyeri saat melakukan gerakan tertentu. Keluhan ini dapat diatasi dengan obat atau memanggil fisioterapi di jakarta.

Fisioterapi di Jakarta merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang berhubungan erat dengan fisik manusia dan kegiatannya sehari-hari yang bisa Anda temukan di Jakarta. Fisioterapi biasanya diberikan untuk mengurangi nyeri sekaligus memberi edukasi latihan olahraga untuk perbaikan postur tubuh.

Periksa Kesehatan & Panggil Fisioterapi di Jakarta

Terkadang ada orang yang merasa sehat, tapi sebenarnya ada gangguan yang tidak dia rasakan atau orang tersebut sudah terbiasa dengan rasa sakitnya. Walaupun tidak merasa ada gangguan, pertambahan usia menyebabkan organ-organ ikut bertambah tua sehingga rasa sakit yang selama ini tidak dirasakan bisa menimbulkan komplikasi, terutama bila ada hal yang menjadi pemicu.

Apalagi kecenderungan tulang, bila tak ada latihan atau gerakan yang memperbaiki, otot-otot dan saraf akan mengompensasi dan sakitnya bisa menjalar ke mana-mana. Karena itu, dianjurkan agar setiap orang setidaknya memeriksakan kesehatan organ geraknya dan memanggil fisioterapi di Jakarta yang bisa datang ke rumah.

Selain untuk mengatasi cedera pada anggota gerak, fisioterapi di jakarta juga dibutuhkan oleh orang yang habis mengalami kecelakaan, pasca operasi, stroke, pasca melahirkan, anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan (anak hiperaktif, down syndrome, atau cerebral palsy), serta untuk orang yang memiliki postur tubuh salah.

Fisioterapi dalam Olahraga

Fisioterapi atau physical therapist berasal dari dua kata, yaitu physic (fisik) dan therapy. Fisik adalah tubuh, sementara therapy adalah terapi atau perawatan. Kalau dijadikan satu, artinya perawatan tubuh atau fisik.

fisioterapi olahraga adalah Pelayanan kesehatan yang ditujukan individu dan masyarakat untuk mengembangkan. Memelihara. Dan memulihkan gerak dan fungsi khususnya dalam bidang olahraga.

Cakupan fisioterapi olahraga yang sesuai dengan konsep fisioterapi olahraga adalah :

  • Pelayanan terhadap cidera olahraga; Merupakan cakupan yang paling besar dalam pelayanan fisioterapi olahraga. Pelayanan terhadap cedera olahraga meliputi pencegahan, pemulihan, dan pencegahan cidera berulang.
  • Membantu penyusunan program latihan; Dengan melakukan pemeriksaan awal terhadap kemampuan gerak dan fungsi seperti kekuatan dan daya tahan otot, jarak gerak sendi, fleksibiltas otot, bentuk tubuh dan lain lain. Dengan dilakukan pengukuran tersebut dapat diperoleh karakteristik atlet dalam penetuan program latihan secara individu disamping program secara general.

Di Indonesia, physiotherapist bisa dikatakan satu profesi baru. Tapi, di negara-negara barat, pekerjaan ini sudah jadi bagian dari keseharian masyarakat. Profesi ini bekerja secara independen di samping dokter, spesialis, dan paramedik yang lain, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Jadi, ia tak melulu mengurusi pasien dari bidang olahraga.

Bentuk Cedera Olahraga

Cedera olahraga yang paling umum meliputi:

  • Terkilir: Terkilir terjadi ketika ligamen yang menghubungkan ujung satu tulang dengan yang lain diregangkan atau dicabik. Terkilir disebabkan oleh trauma seperti jatuh atau pukulan ke tubuh yang mengetuk sendi keluar dari posisinya.
  • Strain: Strain terjadi ketika otot atau tendon ditarik, sobek atau dipelintir. Strain dapat terjadi karena peregangan berlebihan selama gerakan kuat saat bermain. Contoh umum dari strain adalah kejang otot.
  • Nyeri dan cedera lutut: lutut adalah sendi yang paling sering terluka. nyeri dan cedera lutut, yang dapat mencakup lutut pelari, tendonitis dan sindrom iliotibial. Cidera lutut parah sering kali termasuk memar tulang atau kerusakan tulang rawan atau ligamen.
  • Shin splints: Shin splints terjadi ketika ada rasa sakit di sepanjang tulang besar di bagian depan tungkai bawah, yang dikenal sebagai tulang tibia atau tulang kering. Shin splints paling sering terjadi pada pelari, terutama mereka yang baru memulai program yang sedang berjalan.

Cari Fisioterapi di Jakarta untuk Olahraga

Para atlet juga termasuk dalam kelompok orang yang membutuhkan fisioterapi di jakarta karena mereka sering mengalami cedera otot. Cedera otot pada atlet biasanya disebabkan oleh kurangnya pemanasan yang cukup serta melakukan gerakan yang salah dan secara tiba-tiba. Hal ini dapat berakibat fatal sehingga penderita harus menjalani serangkaian terapi agar fungsi otot atau tulangnya dapat kembali normal.

Pada pemulihan cedera, ahli terapi akan mencari sumber nyeri berdasarkan keluhan pasien. Sering kali rasa nyeri di satu bagian tubuh merupakan efek dari nyeri di tempat lain yang menjalar, misalnya saja sakit kepala yang disebabkan karena adanya persendian yang terjepit.

Selain dengan tangan, diperlukan alat-alat penunjang seperti ultrasound untuk memperbaiki jaringan otot yang pecah, inter ferential yang berguna untuk merangsang titik-titik saraf dan mengurangi nyeri, atau nebulizer untuk penguapan yang berhubungan dengan pernapasan.

Pada orang yang bekerja di perkantoran, kebiasaan memosisikan tubuh dengan duduk lama dan tak jarang posisi duduknya salah juga bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit, seperti disc heniation (nyeri akibat tertekannya saraf yang menuju tungkai bawah akibat penonjolan diskus ke belakang), spondylolysis (nyeri akibat tidak stabil atau patahnya lengkung tulang belakang), penyempitan tulang belakang, hingga patah tulang.

Selain mengurangi nyeri lewat fisioterapi, hal yang terpenting dalam penanganan masalah anggota gerak adalah dengan latihan olahraga untuk menguatkan otot-otot dan memperbaiki posisi tulang, serta membiasakan diri memiliki sikap postur tubuh yang baik.

PerawatNers.com merupakan layanan kesehatan home care secara online untuk menyediakan perawat medis 24 jam, terapi fisik / fisioterapi, terapis okupasi dan terapis wicara yang bisa datang ke rumah. Dengan layanan rawat pasien di rumah, Anda merasa nyaman saat berkumpul di rumah dengan keluarga dan tetap mendapat perawatan dari jasa perawat homecare profesional. 

Topik Menarik