Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Care Giver

Jeli dalam Memilih Jasa Homecare

Banyak perawat medis yang memberikan asuhan keperawatan di rumah sakit atau klinik, namun banyak juga perawat medis yang menyediakan layanan perawatan di rumah atau bisa disebut dengan jasa home care.

Jasa home care merupakan layanan keperawatan medis di rumah maupun di luar rumah untuk pasien yang sedang mengalami penyakit atau memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Jika Anda ingin memilih jasa home care, diperlukan pertimbangan yang matang yaitu wajib bagi Anda untuk melihat Sertifikat Tanda Registrasi (STR), riwayat pekerjaan, dan melakukan interview pada perawat medis untuk meyakinkan diri Anda akan kualitas jasa home care.

Tugas Jasa Home Care Perawat, Bidan dan Terapis

Kegiatan yang dilakukan pada jasa home care yaitu memastikan kebersihan dan memperhatikan kesehatan pasien. Kebersihan pasien meliputi memandikan, mengganti popok, mengkondisikan sprei agar tetap bersih dan menjaga kebersihan makan yang dibutuhkan pasien. Namun, ada hal yang perlu Anda perhatikan, perawat medis berbeda dengan caregiver atau pembantu yang bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah maka itu bukan lagi wewenang dari pekerjaan seorang perawat medis.

Selain itu, jasa home care memiliki tugas untuk merawat luka pada pasien. Pernahkah Anda melihat luka yang penuh dengan darah dan nanah? Bisakah Anda merawatnya? Kemungkinan besar Anda takut untuk merawat luka tersebut dengan pengetahuan yang minim / awam di bidang medis. Dengan begitu, sangat diperlukannya perawat medis untuk melakukan jasa home care yang ahli dalam merawat luka dengan baik dan benar.

Tugas lainnya dari seorang perawat medis yaitu menggotong atau mendorong pasien dan memindahkannya. Hal ini dilakukan saat kondisi pasien tidak memungkinkan untuk berjalan dan memiliki keterbatasan aktivitas saat pindah ke kursi roda. Pasien juga membutuhkan waktu refreshing misalnya dengan jalan-jalan sore ke taman dengan kursi rodanya.

Waktu Fleksibel Pada Jasa Home Care

Kelebihan jika Anda memilih jasa home care yaitu bisa memanggil atau memesan perawat medis sesuai waktu yang Anda butuhkan. Jika memang darurat, perawat medis bisa segera mengkondisikan sesuai kebutuhan Anda. Terdapat 2 pilihan waktu yang bisa dipilih yaitu perawat medis 12 jam (siang/malam) atau perawat medis 24 jam. Dapatkan kemudahan dalam memilih jasa home care di www.perawatners.com dengan perawat medis yang akan membuat Anda dan keluarga merasakan kenyamanan terbaik.

Kriteria Saat Memilih Penyedia Jasa Home Care

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih perawat, fisioterapi, terapi wicara, bidan atau terapi okupasi home care. Dibawah ini adalah hal yang perlu masuk dalam pertimbangan Anda

Kredibilitas

Kredibilitas adalah salah satu faktor terpenting saat memilih penyedia layanan homecare untuk memastikan layanan perawatan berkualitas. Untuk memastikan Anda mendapatkan perawatan terbaik untuk orang yang Anda cintai, Anda harus mencari platform homecare yang handal dan dapat diandalkan yang menegakkan kredibilitas profesional perawatan kesehatan mereka. Misalnya, perawat mereka harus memiliki sertifikat praktik (STR) yang valid dengan pengalaman kerja yang relevan.

Surat Tanda Registrasi (STR) merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Tenaga kesehatan yang telah memiliki STR dapat melakukan aktivitas pelayanan kesehatan. STR dapat diperoleh jika setiap tenaga kesehatan telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi yang diberikan kepada peserta didik setelah dinyatakan lulus ujian program pendidikan dan uji kompetensi. Ijazah diterbitkan oleh perguruan tinggi peserta didik dan sertifikat uji kompetensi yang diterbitkan oleh DIKTI.

Biaya

Menggunakan jasa homecare profesional seringkali dianggap menambah biaya. Namun dengan menggunakan penyedia tenaga kesehatan home care memberikan manfaat yang lebih besar daripada biayanya. Misalnya membebaskan Anda dari kelelahan pengasuh, atau memastikan bahwa orang yang Anda cintai mendapatkan perawatan terbaik dari perawat profesional yang terampil. Memang penting untuk memilih homecare mana yang dapat memberi Anda layanan perawatan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Sesuai Dengan Kebutuhan

Mungkin sulit untuk memahami layanan apa yang duperlukan untuk memenuhi kebutuhan orang yang Anda cintai. Pertama, tanyakan pada diri Anda sendiri aktivitas harian apa yang orang tua Anda butuhkan bantuan dan pengawasan atau prosedur medis apa yang diperlukan. Misalnya, ibu Anda penderita diabetes dengan masalah mobilitas memerlukan pengobatan rutin dan suntikan insulin saat Anda bekerja. Anda akan membutuhkan seseorang yang Anda percayai untuk melakukan perawatan ini saat Anda sedang bekerja atau sedang tidak ada di rumah. Dengan memperhatikan kebutuhan orang tersayang, pilihlah perawat dengan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Akan lebih baik lagi, bila penyedia homecare mempunyai case manager yang dapat menilai kebutuhan pasien dan mengembangkan rencana perawatan komprehensif yang didedikasikan untuk merawat pasien tersebut

Topik Menarik