Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Nutrisi

Jangan Taruh di Kulkas, Ini Tips Simpan Buah Agar Tahan Lama

Buah merupakan sumber makanan sehat yang seharusnya kita konsumsi setiap hari. Agar tidak merepotkan, kita sering belanja buah untuk persediaan beberapa hari ke depan.

Sayangnya, masih banyak orang yang salah dalam menyimpan buah. Sehingga, kesegarannya tidak terjaga.

Penelitian mengungkap bahwa mendinginkan buah-buahan dengan memasukkannya ke lemari es bisa menurunkan kadar antioksidan pada buah tersebut. Tak tanggung-tanggung, buah bisa kehilangan hingga 80 persen antioksidan di dalamnya, seperti dilansir oleh Daily Health Post

Hal yang sama juga dilakukan oleh peneliti di Ohio State University yang mengamati kadar vitamin dan antioksidan pada raspberry hitam yang didinginkan dan dilakukan freeze-drying. Pada buah yang didinginkan dalam lemari es, kadar TPC berkurang 82 persen, vitamin C berkurang hingga 19 persen, dan TAC berkurang hingga 23 persen. TPC menunjukkan kadar polyphenol, salah satu antioksidan dengan banyak manfaat kesehatan yang ditemukan dalam buah dan sayur.

Nah, agar buah favorit Anda tidak lagi terbuang sia-sia, jangan menyimpan beberapa buah ini di dalam kulkas.

Jangan simpan Bebebrapa Buah Ini Di Kulkas

Fakta: Beberapa buah akan berubah tekstur dan rasanya jika di simpan di dalam kulkas

Tomat
Udara dingin dalam kulkas akan menghentikan proses pematangan tomat. Padahal pematangan pada tomat akan memperkaya cita ras tomat itu sendiri

Alpukat
Alpukat yang belum matang sebaiknya tidak di simpat dalam kulkas karena suhu dingin akan memperlambat alpukat untuk menjadi matang

Semangka
Semangka sebaiknya di simpan di suhu ruangan. Kandungan nutrisi nya akan meningkat 40%. Sementara bila disimpan di dalam kulkas maka kandungan nutrisinya tidak berubah

Melon
Melon yang belum dikupas sebaiknya di simpat pada suhu ruangan agar kandungan antioksidannya tetap terjaga

Mangga
Mangga yang disimpandalam kulkas atau lemari es akan membuat kulitnya mengerut dan selain itu ranyanya juga menjadi kurang legit.

Peach atau Buah Persik
Terutama persik yang belum matang atau sedang dalam proses kematangan bila dimasukan kedalam kulkas ternyata bisa mempengaruhi rasa persik yang dihasilkan.

Biasanya, buah persik yang tidak matang dan dikonsumsi dalam keadaan dingin akan kehilangan ciri khas rasa berupa rasa kering seperti tepung cokelat. Lebih baik simpan buah persik di dalam kulkas setelah kamu yakin sudah matang, sama seperti alpukat.

Pisang
Seperti juga alpukat, pisang akan sulit matang dalam suhu dingin. Tak hanya itu saja, kelembapan kulkas pun malah bisa membuat buah pisang cepat busuk.

Buah-buahan yang tumbuh di negara tropis biasanya sangat sensitif terhadap suhu yang dingin. Bahkan, setelah menyimpannya beberapa jam dalam suhu di bawah 58° menyebabkan pisang akan mengalami perubahan warna.

Perubahan warna tersebut dikarenakan melambatnya aliran udara pada buah pisang yang belum dikupas, sehingga menjadi cepat membusuk. Selain pisang dengan suhu dingin membuat rasa tidak lezat, kandungan vitamin C nya juga akan hilang.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

 

Topik Menarik