Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Ibu dan Anak

Manfaat Waktu Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Anak

Bayi dan anak-anak memerlukan lebih banyak waktu tidur dibandingkan orang dewasa. Pentingnya kebutuhan tidur layaknya kita harus memenuhi kebutuhan nutrisi 4 sehat 5 sempurna saat makan. Hal ini dikarenakan waktu tidur yang lama mempengaruhi perkembangan fisik dan mental pada bayi dan anak-anak. Banyak orang tua yang sudah memenuhi waktu tidur yang cukup untuk sang buah hati, tapi tidak sedikit juga yang belum memenuhi waktu tidur untuk anaknya.

Manfaat Tidur dengan Durasi yang Cukup

Banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk anak yang memiliki waktu tidur cukup, yaitu :

Tubuh tidak mudah terserang penyakit

Pada saat tidur, tubuh memproduksi protein sitokin yang bisa melawan penyakit, infeksi, dan stres. Lamanya durasi tidur pada anak dapat berpengaruh pada produksi sitokin di dalam tubuh. Dengan waktu tidur yang cukup maka tubuh tidak mudah rentan terserang penyakit.

Pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan baik

Kualitas tidur yang cukup mempengaruhi tumbuh kembang anak. Saat anak Anda memiliki kualitas tidur yang baik maka hormon yang ada pada tubuhnya akan bekerja dengan baik pula.

Konsentrasi anak lebih fokus

Otak bayi tetap bekerja walaupun bayi sedang dalam posisi tertidur. Kemampuan anak untuk berkonsentrasi akan lebih fokus jika waktu tidur tercukupi. Jika kurang tidur, maka yang terjadi anak merasa lemas dan susah untuk berkonsentrasi. Penuhi kebutuhan waktu tidurnya dengan tidur siang dan di malam hari.

Waktu Tidur Anak

Berdasarkan usianya, terdapat perbedaan durasi tidur untuk bayi dan anak-anak. Seperti dilansir dari National Sleep Foundation, berikut ini penjelasan tentang durasi tidur berdasarkan usia :

Bayi usia 0 - 3 bulan

Bayi di usia 0 - 3 bulan memerlukan waktu tidur dengan durasi selama 14 - 17 jam dalam hari. Durasi ini dilakukan dalam beberapa kali tidur. Dalam sekali tidur, bayi memerlukan waktu 1-3 jam. Bayi akan terbangun jika lapar dan saat penggantian popok.

Bayi usia 4 - 11 bulan

Bayi di usia 4 - 11 bulan memerlukan waktu tidur dengan durasi selama 12 - 15 jam dalam sehari. Durasi ini dilakukan pada saat tidur siang dan malem hari. Di usia ini, bayi sudah mulai beradaptasi dengan tidur nyenyak saat malam hari.

Anak usia 1 - 2 tahun

Anak di usia 1 - 2 tahun memerlukan waktu untuk tidur dengan durasi 11 - 14 jam dalam sehari. Di usia ini, biasanya anak memerlukan waktu tidur siang sekitar 3 jam dan 8 - 11 jam untuk tidur di malam hari. Sebaiknya, ajak anak untuk tidur siang pada pukul 12.00 siang agar tidak terlalu mepet dengan waktu tidur di malam hari.

Anak usia 3 - 5 tahun

Anak di usia 3 - 5 tahun memerlukan waktu tidur dengan durasi 10 - 13 jam dalam sehari. Pada usia ini, anak mulai berkembang dan memiliki imajinasi yang sangat pesat. Jika anak terlalu aktif dan lelah, bisa jadi anak akan mengalami mimpi buruk di malam hari.

Anak usia 6 - 13 tahun

Anak di usia 6 - 13 tahun memerlukan waktu tidur dengan durasi 9 - 11 jam dalam sehari. Pada usia ini, orang tua harus mengupayakan anak untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Karena anak sedang di masa aktif untuk bermain dan belajar sehingga akan susah untuk mengajak anak tidur dengan waktu yang cukup.

Anak usia 14 - 18 tahun

Anak di usia 14 - 18 tahun memerlukan waktu tidur sebanyak 8 - 9 jam dalam sehari. Pada usia ini, waktu tidur sudah mulai berkurang dikarenakan faktor sosial seperti bermain dengan teman atau berkumpul dengan  keluarga. Namun, sebisa mungkin tidur dengan durasi 8 - 9 jam dapat terpenuhi setiap hari.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik