Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Gaya Hidup

Susah Fokus? Kenali Cara Mengatasinya

Mempertahankan fokus dan konsentrasi sepanjang hari sangat penting bagi produktivitas. Ada banyak cara untuk membantu mempertahankan konsentrasi Anda. Mulai dari mencari waktu yang paling baik untuk otak bekerja, makanan yang tepat dan beberapa hal penting untuk meningkatkan fokus Anda. Kenali cara mengatasi susah fokus untuk produktifitas hidup yang maksimal

Waktu Terbaik Untuk Otak Anda

Banyak yang menduga hanya energi atau berat badan yang dapat berfluktuasi selama satu hari. Padahal otak manusia juga memiliki irama tersendiri dan ada waktu-waktu terbaiknya. Ada 8 waktu tertentu untuk seseorang bisa menjadi brilian dalam melakukan tugas-tugasnya.

Jam 7.00 - 9.00 Pagi
Saat terbaik untuk meningkatkan semanagat dan gairah

Jam 9.00-11.00 Siang
Pada jam ini kreativitas sedang berkembang baik

Jam 11.00 - 14.00 Siang
Waktu yang tepat unuk melakukan tugas yang sulit

Jam 14.00 - 15.00 Siang
Setelah makan siang, coba istirahatkan otak untuk membantu mencerna makan siang yang dikonsumsi

Jam 15.00 - 18.00 Sore
Meeting timer - gunakan waktu ini untuk diskusi dan berkolaborasi

Jam 18.00 - 20.00 Malam
Waktu untuk cek lagi dan kerjakan kembali tugas yang belum selesai

Jam 20.00 - 22.00 Malam
Jangan buat otak bekerja lagu...yuk istirahat

Jam 22.00 Malam ke atas
Waktunya otak untuk melepaskan kelelahan dengan tidur dan mengumpulkan ulang memori yang terjadi hari ini

Makanan Peningkat Konsentrasi

Apa yang Anda makan tidak hanya mempengaruhi energi tubuh, namun juga daya konsentrasi otak Anda.  Nyatanya, makanan yang Anda konsumsi juga bisa berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal tersebutlah yang ternyata bisa mempengaruhi lamanya Anda untuk bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain membantu untuk berkonsentrasi, makanan yang Anda konsumsi juga bisa menambah daya ingat.

Oleh karena itu, untuk Anda yang merasa mudah kehilangan fokus dalam beraktivitas, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi otak dalam aktivitas sehari-hari.

Kafein dapat membuat Anda lebih waspada

Tidak ada resep makanan yang bisa meningkatkan IQ atau membuat Anda lebih cerdas tapi beberapa bahan seperti kafein dapat memberi energi dan membantu Anda berkonsentrasi. Ditemukan dalam kandungan kafein dapat membuat Anda tetap waspada dan lebih fokus. Namun, perlu diperhatikan waktu meminumnya. Sebaiknya jangan mengonsumsinya pada saat malam hari karena Anda akan terbangun dalam beberapa jam yang berefek sulit tidur. Efek samping lainnya jika mengonsumsi kafein secara berlebihan Anda akan merasa gelisah dan tidak nyaman.

Gula dapat meningkatkan kewaspadaan

Gula adalah sumber bahan bakar yang utama diproses oleh otak Anda. Itulah sebabnya jika Anda mengonsumsi jus buah atau minuman lainnya yang ditambahkan dengan gula akan meningkatkan memori, lebih fokus dalam berpikir, dan meningkatkan kemampuan mental.

Wajib sarapan untuk memulai aktivitas

Apakah Anda merupakan tipe orang yang sering melewati sarapan? Mulai sekarang usahakan untuk sarapan. Studi telah menemukan bahwa sarapan dapat meningkatkan memori jangka pendek dan perhatian Anda terhadap suatu hal. Orang yang melakukan sarapan cenderung lebih aktif melakukan aktivitas daripada mereka yang tidak. Menu makanan yang baik untuk sarapan Anda yaitu serat gandum utuh, susu dan buah-buahan. Hanya saja jangan makan berlebihan karena para peneliti juga menemukan sarapan yang berkalori tinggi dengan jumlah banyak dapat menghalangi konsentrasi.

Ikan membuat otak tetap fokus

Sumber protein ikan yang kaya akan omega 3 dan asam lemak sangat penting untuk kesehatan otak. Lemak sehat ini memiliki kekuatan untuk mendorong otak agar bisa lebih berkonsentrasi. Tidak hanya itu saja, ikan juga bisa mengurangi risiko demensia dan stroke. Kandungan ikan bisa meningkatkan memori otak hingga Anda beranjak tua / lansia. Dianjurkan untuk mengonsumsi 2 ekor ikan dalam seminggu untuk kesehatan otak dan jantung Anda.

Cokelat hitam memperbaiki aliran darah ke otak

Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung 60 persen kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori. Konsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

Blueberry meningkatkan memori otak

Studi yang dilakukan tahun 2010 yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan, bisa meningkatkan kinerja mereka pada tes belajar dan memori secara signifikan. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan mengaktifkan enzim pelindung otak.

Rutinitas Pagi Yang Membantu Konsentrasi

Rutinitas pagi yang sederhana dapat meningkatkan mood Anda sehingga pikiran lebih jernih dan mudah fokus. Rutinitas ini tidak akan mengambil banyak waktu Anda tetapi membawa manfaat besar untuk memulai produktifitas dengan pikiran yang fokus.

Minum Air

Memulai hari dengan minum segelas besar air adalah cara yang bagus untuk mengisi kembali cairan yang hilang selama tidur dan membantu tubuh Anda merasa direvitalisasi.

Dehidrasi akan membuat tubuh merasa terkuras, letih dan lamba sehingga sulit untuk fokus. Selain itu air akan membuang racun hasil metabolisme tubuh yang sudah tertimbun semalaman. Minum air di pagi hari juga akan mengurangi keasaman lambung dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Latihan Pernafasan

Penelitian menunjukkan bahwa mengubah pola pernapasan kita untuk mengambil napas dalam enam hingga 10 kali per menit mengembalikan keseimbangan ke sistem respons stres kita. Ini mengurangi kecemasan dan depresi, meningkatkan energi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Cara bernafas dengan lambat dan dalam ini meningkatkan konsentrasi mental kita dan kita menjadi lebih fokus.

Lakukan Peregangan

Melakukan peregangan setelah bangun tidur akan meningkatkan mood. Peregangan adalah aktivitas fisik dan akan mempercepat pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon yang dikeluarkan tubuh yang memperbaiki suasana hati, membuat lebih bahagia, menghilangkan depresi sehingga Anda bisa lebih fokus.

Memperbaiki gaya hidup akan membuat kehidupan menjadi lebih produktif, lebih fokus, bahagia dan tentu saja lebih sehat,

Topik Menarik