Untuk Hari Depan Yang Lebih Baik

Hidup Produktif

Bawa Bekal Untuk Makan Siang ke Kantor, Selain Bisa Mengikuti Suasana Hati Juga Sehat dan Bersih

Kadang kita terlalu fokus dengan sarapan sampai melupakan urusan makan siang. Padahal, sarapan dan makan siang sama pentingnya bagi Anda. Ada baiknya untuk menyiapkan bekal dari rumah saja untuk menu makan siang. Selain bisa menghemat pengeluaran, bekal makan siang yang Anda buat sendiri lebih sehat dan bersih.

Rencanakan menu untuk minggu depan memberi Anda lebih banyak mengontrol pilihan makanan Anda. Sebuah studi di Perancis pada tahun 2017 sebanyak 40.000 orang dewasa menemukan mereka yang merencanakan makanan mereka, 13% lebih memiliki pola makan yang sehat dibandingkan dengan orang-orang yang tidak merencanakan menu makanannya lebih baik.

Bahkan dokter melaporkan bahwa gizi buruk di tempat kerja membuat mereka merasa iritasi, lelah, lapar, dan mudah frustrasi. Itu membuatnya lebih sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi, dan mempengaruhi kinerja dan pengambilan keputusan.

Perlunya memperharikan Jumlah, Jenis dan Jadwal makan di kantor

Jumlah
Jumlah makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Jika jumlahnya berlebihan, dapat menyebabkan obesitas yang akhirnya akan meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit.

Jenis
Pilihlah jenis bahan makanan yang baik. Untuk lebih mudahnya, jika ada alternatif yang lebih sehat, maka itulah yang sebaiknya Anda pilih. Misalnya untuk karbohidrat, pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi atau kentang, daripada karbohidrat sederhana, seperti kue basah ataupun kue kering. Sedangkan untuk asupan lemak, sebisa mungkin jangan dari makanan yang digoreng.

Jadwal
Patuhi jam makan. Hal ini bertujuan agar kestabilan gula darah tetap terjaga, sehingga terhindar dari rasa lapar di luar jam makan.

Ide Menu Bekal Makan Siang di Kantor

Untuk membantu Anda menyiapkan menu bekal makan siang, berikut ide masakan yang bisa Anda buat di rumah :

Senin

Menu capcay yang menggunakan beragam sayuran sebagai bahan utamanya bisa memenuhi kebutuhan serat harian. Anda bisa gunakan sawi hijau, wortel, sawi putih, jagung muda, jamur, kol, buncis, daun bawang, dan brokoli. Membuatnya pun cukup mudah, semua bahan sayur dicampur dengan bumbu rempah. Sebagai variasi, bisa juga ditambahkan dengan bakso atau daging ayam. Nah, untuk lauk pendampingnya bisa dengan udang tempura yang dicelup ke kuning telur dan tepung terigu sangat pas untuk disajikan bersama dengan capcay gorengnya. Mudah kan?

Selasa

Makan nasi putih hangat bisa ditemani dengan lauk yang pedas untuk menambah kenikmatan. Nah, memasak sambel teri bisa jadi pilihannya. Cara membuatnya dengan haluskan bumbu-bumbu seperti cabai rawit, cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, garam dan gula merah. Tumis bumbu-bumbu tadi sampai harum baru masukkan teri yang sudah direndam air panas ke dalamnya, lalu masak hingga bumbu meresap. Untuk menu sayurannya, Anda bisa sajikan tumis taoge yang dimasak dengan cabai hijau. Lauk lainnya bisa ditambahkan dengan perkedel tahu akan menyempurnakan paduan rasanya.

Rabu

Di hari ke 3 Anda bisa menyiapkan jamur untuk menu bekal di kantor. Jamur yang bisa dipilih seperti jamur merah, jamur kuping atau jamur enoki. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti bawang putih, bawang bombay, kaldu, garam, merica dan minyak wijen. Untuk menambahkan warna di dalam masakan, Anda bisa bubuhkan kapri dan tahu sutera ke dalamnya. Setelah itu, orak-arik telur dan goreng brokoli yang telah dicelup tepung sebagai teman makan nasi yang nikmat di siang hari.

Kamis

Kangkung merupakan sayur yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita, harganya terjangkau dan bisa diolah menjadi berbagai masakan menggugah selera. Meski jadi menu praktis harian, kangkung bisa jadi menu makan siang spesial jika Anda tambahkan dengan saus tiram. Agar lebih menggugah selera lagi, Anda bisa sajikan cah kangkung bersama dengan ikan tongkol balado dan perkedel jagung yang digoreng garing. Selebihnya, Anda tinggal tambahkan sambal terasi sebagai cocolannya.

Jumat

Sebagai asupan protein, ayam kecap bisa Anda gunakan sebagai menu utama bekal makan siang. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan menumis bawang putih, bawang bombai, daun bawang, jahe, lada, garam dan kecap kental manis, lalu masukkan ayam yang telah digoreng sebentar. Gunakan api kecil sehingga bumbu-bumbunya meresap sampai ke dalam dagingnya. Sebagai kompilasinya, tumis buncis dan tempe goreng bisa Anda masukkan ke dalam kotak bekal makan siang.

Menyiapkan menu bekal makan siang praktis memang harus bervariasi. Namun, terkadang Anda pun harus menyiapkan bekal dengan waktu yang terbatas ketika pagi. Nah, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat menu-menu yang praktis di atas untuk menyingkat waktu. Meski simpel, Anda harus bisa berkreasi dalam penyajiannya agar bekal makan siang yang Anda siapkan menggugah selera di tempat kerja.

Ingin hidup Anda lebih sehat dan bahagia? Dapatkan update terbaru dari PerawatNers seputar tips dan info kesehatan di sini.

Topik Menarik